Cara Membeli Mobil Baru Agar Tidak Tertipu, Dijamin Bagus

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Membeli mobil baru tentu bisa menjadi momen yang sangat menyenangkan, tetapi bisa juga menyebalkan jika kita tidak berhati-hati. Lantas, bagaimana cara membeli mobil baru agar

Membeli mobil baru tentu bisa menjadi momen yang sangat menyenangkan, tetapi bisa juga menyebalkan jika kita tidak berhati-hati. Lantas, bagaimana cara membeli mobil baru agar tidak tertipu?

Sebagai calon pembeli, hal ini tentu penting untuk diperhatikan. Dengan uang yang tidak sedikit, tentu kita ingin mendapatkan mobil terbaik dari apa yang sudah kita bayar, bukan?

Pada artikel kali ini, kami akan coba membahas langkah-langkah penting apa saja yang bisa membantu Anda saat ingin membeli mobil. Dengan begitu, proses pembelian mobil bisa berjalan dengan aman sehingga terhindar dari masalah yang tidak diinginkan.

Cara Membeli Mobil Baru Agar Tidak Tertipu

Sebelum pergi ke dealer, ada beberapa persiapan yang sebaiknya Anda lakukan. Persiapan ini akan membantu Anda merasa lebih percaya diri dan siap untuk menghadapi penjual.

1. Waspada dengan Penawaran yang Terlalu Bagus

Mencari penawaran terbaik sebelum membeli mobil memang bagus untuk kita lakukan. Akan tetapi, jika penawarannya terlalu bagus dan cenderung kurang masuk akal, maka kita wajib untuk waspada.

Setiap pembeli dan penjual tentu ingin sama-sama meraih keuntungan setinggi-tingginya dari transaksi yang dilakukan. Oleh karena itu, pilihlah penawaran terbaik, namun masih berada di tahap yang wajar.

2. Pilih Dealer Terpercaya

Kita harus tahu bahwa siapa saja bisa menjual mobil, termasuk juga penipu. Bahkan, penipu yang sudah berpengalaman bisa memposisikan dirinya seperti dealer resmi pada umumnya. Di sinilah kita harus selalu waspada.

Salah satu cara membeli mobil dengan aman adalah dengan memilih dealer resmi dan terpercaya. Hal ini bisa Anda ketahui dari track record dan reputasi dari dealer tersebut. Lihat juga bagaimana testimoni dari para pembeli sebelumnya.

3. Cari Tahu Harga Pasaran Mobil

Tips membeli mobil baru berikutnya adalah dengan mencari tahu berapa harga pasaran dari mobil yang akan Anda beli. Harga di setiap kota mungkin agak berbeda, tetapi biasanya tidak terlampau jauh.

Dengan mengetahui harga pasaran mobil, Anda bisa mempersiapkan budget secara tepat. Selain itu, Anda juga bisa menawar dengan harga yang wajar sehingga pihak dealer pun juga bisa mempertimbangkannya.

4. Dapatkan SPK Baru Bayar

Selanjutnya, pastikan Anda sudah mendapatkan SPK terlebih dahulu sebelum membayarkan DP atau pelunasan. SPK atau Surat Pemesanan Kendaraan sendiri adalah dokumen yang diberikan kepada customer setelah melunasi Booking Fee.

Dengan adanya SPK, maka sudah ada bukti pelaksanaan transaksi antara dealer dengan Anda. Inilah salah satu cara membeli mobil baru agar tidak tertipu yang harus benar-benar Anda perhatikan.

5. Perhatikan Isi Formulir SPK

Tidak sampai di situ, Anda sebaiknya juga perlu memperhatikan isi dari formulir SPK yang sudah diberikan. Pastikan SPK tersebut berasal dari dealer yang menjadi tempat Anda akan membeli mobil.

Pelajari juga syarat dan ketentuan yang tertuang di dalamnya. Selain itu, pastikan spesifikasi mobil juga sudah sesuai dengan apa yang Anda pesan. Tak perlu ragu untuk bertanya jika ada isi formulir yang tidak dimengerti.

6. Test Drive dan Cek Kondisi Mobil

cara membeli mobil baru agar tidak tertipu

Satu lagi hal yang juga penting sebelum Anda membeli mobil adalah melakukan test drive dan mengecek kondisi mobil. Meski unit mobilnya bisa berbeda dengan yang nantinya akan Anda dapatkan, tetapi secara umum kondisinya akan sama.

Hal ini juga menambah keyakinan Anda untuk mengambil mobil tersebut. Jangan sampai Anda sudah menyelesaikan transaksi, tetapi ada ketidakpuasan setelah pertama kali menggunakannya.

7. Pahami Proses Pembiayaan dan Leasing

Jika Anda berencana untuk membiayai pembelian mobil, maka pahamilah prosesnya secara menyeluruh. Pastikan Anda mengetahui suku bunga, jangka waktu, dan biaya tambahan yang mungkin muncul.

Sementara itu, jika Anda mempertimbangkan pembelian mobil dengan leasing, maka pahami juga syarat-syaratnya. Pastikan Anda merasa nyaman dan tidak terbebani dengan batasan yang diberlakukan.

8. Transfer ke Rekening Dealer

Jika SPK sudah Anda dapatkan dan isinya juga sudah sesuai, maka prosedur pembelian mobil berikutnya adalah melakukan pembayaran. Anda bisa membayarkannya secara langsung ke bagian kasir dealer resmi.

Jika ingin menggunakan cara transfer, maka pastikan pembayarannya atas nama dealer bersangkutan. Jangan sampai mentransfer ke rekening pribadi sales atau orang lain. Hal ini bisa menjadi salah satu cara mencegah penipuan saat membeli mobil.

9. Hati-Hati dengan Sales yang Memaksa

Hindari penjual atau sales yang memberi Anda tekanan tinggi. Jika penjual mencoba memaksa Anda untuk membuat keputusan cepat atau memberikan tekanan yang berlebihan, itu bisa menjadi tanda peringatan.

Luangkan waktu Anda untuk bisa mengambil keputusan yang jernih. Tak perlu ragu untuk pergi jika memang Anda merasa tidak nyaman dengan paksaan tersebut. Jangan sampai keputusan Anda diambil karena desakan.

10. Perhatikan Syarat-Syarat jika Anda Membeli Atas Nama Perusahaan

Terakhir, pastikan Anda mengetahui apa saja syarat-syarat yang dibutuhkan jika membeli mobil atas nama perusahaan.

Syarat beli mobil dengan nama perusahaan biasanya membutuhkan NPWP perusahaan, akta pendirian perusahaan, NIB, SIUP, hingga KTP direksi perusahaan.

Pastikan juga kepemilikan mobil tersebut sudah atas nama perusahaan sehingga memudahkan dalam proses pembayaran pajak dan berbagai urusan terkait mobil nantinya.

Itulah sejumlah cara membeli mobil baru agar tidak tertipu oleh oknum tak bertanggungjawab. Pastikan Anda mendapatkan mobil terbaik dari apa yang sudah Anda bayarkan.

Butuh mobil bekas terbaik? Tak perlu bingung, kunjungi saja CarsGallery dan temukan mobil bekas berkualitas dengan jaminan harga terbaik. Di CarsGallery, beli mobil bekas jadi aman, mudah, dan pastinya bergaransi.

FAQ

Bagaimana ciri-ciri penjual mobil yang berniat menipu?

Penawaran terlalu bagus dan cenderung tidak masuk akal, memaksa pembeli untuk mengambil keputusan cepat dan cenderung mendesak, menolak test drive, sertifikat dna dokumen mencurigakan.

Apa pentingnya membeli di dealer resmi?

Dealer resmi adalah dealer yang berlisensi dan berafiliasi dengan produsen mobil tertentu, sehingga mereka diakui secara resmi sebagai penjual yang sah

Apa itu SPK?

SPK atau Surat atau Surat Pemesanan Kendaraan adalah dokumen untuk mengkonfirmasi pemesanan kendaraan oleh pembeli. Dokumen ini juga sebagai bukti transaksi jual beli antara dealer dengan pembeli.

Other Post

Related Post