4 Cara Mengemudi Mobil Manual di Tanjakan, Dijamin Lancar!

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Cara mengemudi mobil manual di tanjakan pastinya merupakan salah satu hal penting yang wajib Anda pelajari. Apalagi anda tidak hanya akan menghadapi jalan datar, tetapi

Cara mengemudi mobil manual di tanjakan pastinya merupakan salah satu hal penting yang wajib Anda pelajari. Apalagi anda tidak hanya akan menghadapi jalan datar, tetapi juga jalan menanjak.

Memang, jalan menanjak tergolong lebih sulit. Alhasil, pengemudi harus lebih terampil, apalagi jika mengemudi mobil bertransmisi manual. Umumnya, ini menjadikan salah satu penyebab ketakutan ketika harus menghadapi jalan menanjak.

Jalan menanjak, terutama dengan kemiringan curam, tentu menjadi mimpi buruk bagi pemula. Pasalnya, terdapat beberapa hal penting supaya mobil tidak tergelincir dan juga mati.

Artikel ini akan membahas beberapa cara mengemudi saat berada di jalan menanjak dengan mobil manual. Dengan begitu, Anda tidak perlu panik saat berkendara dengan situasi tersebut.

Cara Mengemudi Mobil Manual di Tanjakan

Anda bisa menerapkan beberapa cara mengendarai mobil ketika berada di jalan menanjak. Terdapat empat teknik berikut untuk memudahkan dalam situasi tersebut.

1. Penggunaan Rem Tangan

Pertama, pemakaian rem tangan berperan penting dalam mobil manual saat menghadapi jalan menanjak. Untuk itu, Anda harus menerapkan berbagai trik berikut:

  • Injak pedal kopling menggunakan kaki kiri dengan full terlebih dahulu.
  • Pastikan tangan kiri bersiap untuk menggerakkan tuas rem tangan. Sementara itu, kaki kanan selalu bersiap untuk menginjak pedal gas.
  • Saat berhenti, injak pedal kopling sambil menarik rem tangan. Dengan begini, mesin mobil tetap dalam kondisi hidup meski terhenti di tanjakan.
  • Posisi gigi harus tetap berada di posisi 1.
  • Saat akan kembali berjalan, perlahan tekan tombol kunci atau lock pada tuas rem tangan. Setelahnya, turunkan tuas tersebut secara perlahan.
  • Pada saat yang bersamaan, angkat kopling hingga mencapai posisi setengah sambil menginjak pedal gas sampai 2000 rpm.
  • Pastikan mesin tetap mencapai 2000 rpm ke atas tanpa menambah kecepatan yang terlampau tinggi ketika mengangkat kopling sampai poisi setengah.
  • Segera injak pedal kopling dan angkat tuas rem tangan saat mobil di depan kembali terhenti.
  • Lakukan pengaturan kopling dan rem tangan bersamaan untuk mencegah mobil mundur.

2. Penggunaan Pedal Rem

Cara mengemudi mobil manual di tanjakan dan turunan juga menekankan peran pedal rem. Akan tetapi, biasanya hanya orang yang sudah begitu mahir bisa melakukannya dengan cara sebagai berikut:

  • Injak pedal rem dengan kaki kanan. Pada saat yang sama, injak pedal kopling memakai kaki kiri. Keduanya wajib dilakukan saat akan menghentikan mobil di tanjakan.
  • Saat mobil akan kembali berjalan, kaki kanan harus pindah dan menekan pedal gas sampai RPM mencapai kurang lebih 2.000 sesegera mungkin.
  • Pada saat yang sama, angkat pedal kopling sampai mencapai posisi setengah. Tujuannya, mobil tidak tergelincir mundur.

3. Injak Pedal Kopling dan Pedal Rem secara Bersamaan

Seperti yang terungkap tadi, Anda juga harus mempelajari cara memakai pedal kopling dan pedal rem secara bersamaan. Apalagi ini berperan penting dalam cara mengemudi mobil manual saat macet di tanjakan.

  • Injak pedal rem dan kopling sekaligus ketika mobil akan berhenti di tanjakan. Ingat, gunakan kaki kiri untuk menginjak pedal kopling dan gunakan kaki kanan untuk menginjak pedal rem.  Alhasil, mobil berhenti dengan mesin masih hidup.
  • Gigi wajib tetap di posisi satu
  • Ketika akan kembali berjalan, pedal gas harus terinjak hingga kurang lebih 2.000 RPM. Angkat kaki kiri agar mengangkat rem dan kopling secara perlahan sampai posisi setengah.
  • Situasi ini akan memicu setengah kopling dengan pedal rem sudah standby. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir mesin mati ketika menghentikan mobil dengan menekan pedal kopling.

4. Memakai Gigi Mobil dengan Posisi 1 dan 2

Tidak hanya ketiga trik tersebut, cara mengemudi mobil manual di tanjakan terakhir melibatkan penggunaan gigi dalam posisi 1 dan 2. Asalkan, Anda juga memakai pedal kopling ketika menghadapi tanjakan. Kopling tersebut harus dalam kondisi setengah.

Gigi posisi 1 akan berguna untuk menghadapi tanjakan curam, sedangkan gigi posisi 2 berguna untuk tanjakan lebih landai. Dengan demikian, posisi gigi sangat penting agar sesuai dengan kemiringan tanjakan.

Alhasil, Anda bisa lebih mengoptimalkan efektivitas ketika menjaga mobil tetap stabil saat menghadapi jalan menanjak. Meski begitu, penggunaan setengah kopling secara berulang bisa memicunya cepat aus.

Cara mengemudi mobil matic di tanjakan dan turunan sudah pasti berbeda daripada manual. Terlebih lagi, mobil berpeluang dapat tergelincir mundur apabila tidak menggunakan rem.

Tips Belajar Mengemudi Mobil Manual di Tanjakan

cara mengemudi mobil manual di tanjakan

Selain keempat cara tersebut, terdapat beberapa tips agar memperlancar Anda saat harus berkendara di tanjakan sebagai berikut:

1. Coba untuk Lebih Tenang

Tidak diragukan lagi bahwa jalan menanjak merupakan mimpi buruk bagi pemula. Tidak mengherankan banyak yang panik saat menghadapinya. Mau tidak mau, pemula harus mempelajari cara untuk menghadapi jalan menanjak.

Untuk itu, setiap pengemudi harus mengutamakan ketenangan saat menghadapi rintangan tersebut. Artinya, Anda, sebagai pengemudi, harus tetap tenang dan percaya diri saat menerapkan cara mengemudi mobil manual di tanjakan.

Jika kedua hal itu sudah terasa, Anda dapat lebih lancar menerapkan cara melatih feeling mengemudi mobil di tanjakan dan turunan.  

2. Berlatih Memindahkan Gigi

Selanjutnya, Anda juga harus berlatih memindahkan gigi mobil. Memang, salah satu masalah utama bagi pengendara pemula saat mesin mobil mati ketika memindahkan gigi.

Oleh karena itu, penting untuk mempelajari memindahkan gigi mobil secara mulus tanpa membuat mesin mati. Untuk memperlancar pembelajaran ini, penting pula untuk terbiasa dalam mengendalikan pedal kopling dan pedal gas secara berirama.

3. Tetap Siaga dengan Rem

Tidak hanya kopling dan gas, rem merupakan salah satu elemen terpenting saat berkendara secara aman. Maka, Anda harus tetap siaga untuk menginjak pedal rem jika perlu.

Latihlah refleks tersebut dengan berlatih. Dengan begitu, Anda bisa selalu bersiap untuk menginjak rem untuk berhenti. Tentunya, Anda harus menghindari pengereman mendadak agar menghindari situasi yang tidak diinginkan.

Itulah berbagai cara mengemudi mobil manual di tanjakan. Semoga Anda tidak lagi takut ketika menghadapi jalan menanjak, apalagi ketika harus berhenti. Pada akhirnya, jalan tersebut memang membutuhkan cara tersendiri agar perjalanan mulus.

CarsGallery menyediakan mobil bekas tersertifikasi dan masih terjamin kualitasnya. Dengan begitu, Anda bisa membeli mobil bekas tanpa perlu terkena zonk.

Kunjungi CarsGallery sekarang juga untuk membeli mobil bekas idaman Anda!

FAQ

Bagaimana cara mengemudi mobil di tanjakan curam?

Anda harus menerapkan cara penggunaan rem tangan, pedal rem, pedal kopling, dan gigi.

Apa yang harus saya lakukan saat harus berhenti di jalan menanjak?

Jangan panik! Segera tarik rem tangan dan injak kopling secara penuh. Ketika akan kembali berjalan, turunkan rem tangan secara perlahan sambil menginjak pedal gas dan mengangkat kopling.

Bagaimana cara agar mobil tidak tergelincir di tanjakan?

Gunakan teknik setengah kopling, yakni angkat kopling secara perlahan. Pada saat bersamaan, injak pedal gas secara perlahan agar mobil dapat bergerak maju.



Other Post

Related Post