6 Cara Mengetahui Harga Pasaran Mobil Bekas, Tak Bikin Rugi!

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Sebagian besar orang mungkin tidak paham bagaimana cara mengetahui harga pasaran mobil bekas. Padahal, tahap ini penting sebelum membeli atau menjual mobil bekas. Parahnya, masih

Sebagian besar orang mungkin tidak paham bagaimana cara mengetahui harga pasaran mobil bekas. Padahal, tahap ini penting sebelum membeli atau menjual mobil bekas.

Parahnya, masih ada kasus di mana konsumen membeli mobil bekas terlalu mahal tetapi tidak sepadan dengan kualitas setiap aspeknya.

Kabar baiknya, sebenarnya mengetahui harga mobil bekas di pasaran cukup mudah. Ini akan memudahkan Anda saat berencana untuk membeli atau menjual mobil bekas.

Tidak ingin rugi? Mari simak artikel ini untuk mengetahui bagaimana cara mengecek harga mobil bekas di pasaran.

Cara Mengetahui Harga Pasaran Mobil Bekas

Terdapat enam cara untuk mengetahui harga mobil bekas secara pasaran yang terjamin lebih efektif. Berikut adalah setiap cara yang bisa Anda lakukan:

1. Riset dengan Menggunakan Internet

Pertama, Anda bisa menggunakan internet untuk melakukan riset harga pasaran mobil bekas. Cara cek harga jual mobil bekas ini terlihat sederhana mengingat informasi cukup banyak tersebar secara instan di internet.

Langkah pertama, Anda bisa memeriksa situs jual beli mobil bekas. Di sana, Anda bisa melihat begitu banyak iklan penjualan produk dengan harga variatif. Kemudian, Anda akan mendapat gambaran tentang harga mobil bekas yang ingin dibeli.

Masih belum yakin? Cobalah untuk mengunjungi sebuah forum otomotif online. Anda bisa melihat pengalaman pengguna dalam membeli mobil bekas. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menanyakan informasi harga mobil bekas secara pasaran.

Baca juga: Berapa Komisi Jual Mobil Bekas? Ini Tips Menentukannya!

2. Ketahui Tipe dan Tahun Produksi Mobil

Mengingat Anda akan membeli sebuah mobil bekas, penting juga untuk mengetahui tipe dan tahun produksinya. Maka dari itu, mengetahui tipe dan tahun produksi mobil merupakan bagian dari cara cek harga pasaran mobil bekas.

Memang sudah bukan rahasia lagi bahwa semakin tua sebuah produk, semakin murah harganya. Sebaliknya, semakin muda sebuah produk, harga jualnya juga semakin kompetitif. Hal ini tentu ikut berlaku pada mobil bekas.

Contohnya, produsen otomotif sudah pasti menghadirkan fitur baru dengan teknologi canggih daripada tahun sebelumnya. Fakta ini menunjukkan sudah pasti nilai jual mobil bekas akan bertambah semakin muda tahun pembuatannya.

3. Perkirakan Penurunan Harga

cara mengetahui harga pasaran mobil bekas

Terkait dengan cara sebelumnya, setiap produk mobil pasti memiliki penyusutan harga atau depresiasi setiap tahunnya. Aturan jumlah penyusutan harga ini sebenarnya tidak tertulis, tetapi masih bergantung dari jarak tahun produksi produk.

Biasanya, penyusutan nilai mobil bekas dapat mencapai kurang lebih 10-15 persen dari harga semula. Pada tahun selanjutnya, harga tersebut dapat berkurang sekitar 5-10 persen. Lalu, harga tersebut menurun lagi kisaran 5-8 persen.

Berdasarkan hal ini, penyusutan harga mobil bekas akan semakin kecil setiap tahunnya. Maka, Anda bisa menghitung sendiri berapa harga yang wajar berdasarkan perkiraan penurunan harga sebagai cara mengetahui pasaran mobil bekas.

Baca juga: Rahasia Bisnis Mobil Bekas Tanpa Modal Bisa Untung Besar

4. Perhatikan Kondisi Mobil secara Langsung

Selanjutnya, Anda harus memperhatikan kondisi mobil secara langsung, apalagi saat berkunjung ke showroom. Dari hal ini, terdapat beberapa aspek yang harus menjadi perhatian, yakni mesin, setiap komponen, interior, dan eksterior.

Jika setiap aspek tersebut masih terlihat dalam kondisi baik dan mulus, semakin tinggi harga jualnya. Tentu ini menjadi standar pertimbangan bagi setiap konsumen dalam mencari mobil bekas.

Untuk memastikannya, Anda bisa meminta bantuan dari mekanik yang ahli dan profesional yang mengecek kondisi agar sepadan dengan harganya. Dengan begitu, cara mengetahui harga pasaran mobil bekas ini dapat menjadi lebih efektif.

5. Jangan Lupa Periksa Kelengkapan Dokumen

Tahukah Anda bahwa kelengkapan berkas atau dokumen legal ternyata menjadi faktor bertambahnya nilai jual kendaraan? Benar, Anda pasti ingin membeli mobil bekas dengan dokumen legal lengkap agar legalitas terjamin.

Dokumen tersebut dapat berupa nota pembelian, STNK, BPKB, buku panduan lengkap, nota pembelian, dan buku riwayat servis. Lebih baik lagi jika tidak ada satupun yang hilang.

Mobil bekas yang lengkap dengan STNK dan BPKB sudah wajib agar Anda tidak memiliki masalah secara hukum. Untuk buku riwayat servis, Anda akan mendapat informasi berupa bukti perawatan mobil secara rutin.

Salah satu cara cek harga mobil bekas ini memang terlihat sepele, tetapi cukup penting. Sekali lagi, Anda tidak mau berakhir membeli mobil bekas murahan tetapi dokumen legalnya tidak lengkap, bukan?

Baca juga: Cek Dokumen Ini Dulu Sebelum Beli Mobil Bekas

6. Konsultasi dengan Dealer Mobil Bekas

Jika masih bingung walau sudah menerapkan lima cara tersebut, konsultasi dengan dealer atau mekanik merupakan cara terakhir yang bisa dilakukan.

Kedua pihak itu pastinya memiliki wawasan luas tentang dunia otomotif, termasuk harga mobil bekas di pasaran. Terlebih, mereka juga punya pengetahuan tren pasar otomotif lokal agar bisa memberi insight lebih dalam.

Berkat dua hal tersebut, dealer dan mekanik akan mampu memberi bantuan yang sangat berguna. Tenang saja, mereka akan membantu Anda dalam menentukan mobil bekas terbaik sesuai dengan kebutuhan dan budget.

Sekali lagi, mengetahui cara mengetahui harga pasaran mobil bekas sangat penting agar Anda dapat puas saat membeli mobil bekas. Anda bisa mendapatkan mobil bekas dengan harga kompetitif dan kualitas sepadan.

Beli Mobil Bekas Sesuai Harga Pasaran di CarsGallery!

CarsGallery memastikan setiap mobil bekas yang tersedia sudah sesuai dengan harga pasaran. Tidak hanya itu, setiap produk pastinya sudah melalui inspeksi oleh inspektor yang terpercaya dan profesional.

Segera wujudkan mimpi memiliki mobil bekas impian hanya di CarsGallery. Kunjungi web resmi kami untuk mulai mencari mobil bekas berkualitas dan bergaransi!

Other Post

Related Post