7 Cara Menghilangkan Baret Mobil dengan Mudah

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Pernah mengalami mobil tergores sampai meninggalkan bekas? Kondisi ini memang tidak mempengaruhi mobil secara langsung. Namun, sebagian orang mencari cara menghilangkan baret mobil agar tampilan

Pernah mengalami mobil tergores sampai meninggalkan bekas? Kondisi ini memang tidak mempengaruhi mobil secara langsung. Namun, sebagian orang mencari cara menghilangkan baret mobil agar tampilan kendaraan kembali enak dipandang.

Penyebab baret mobil bisa terjadi karena kesalahan diri sendiri, yakni mengelap mobil dengan kain yang kasar atau faktor luar seperti terkena benturan dengan benda lain. Selain itu, keparahan baret mobil ada yang ringan, sedang hingga berat. 

Solusi untuk mengatasi baret mobil sebenarnya cukup mudah. Anda tinggal pergi ke bengkel terdekat untuk mengcover bekas goresan dengan coating. Namun, selain coating ada cara yang lebih mudah dan terjangkau untuk Anda lakukan berikut ini. 

Baca Juga: Cara Menghilangkan Baret Halus di Bodi Mobil

7 Cara Menghilangkan Baret Mobil

Cara menghilangkan baret body mobil bisa dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitar Anda. 

Misalnya seperti pasta gigi atau obat nyamuk yang harganya terjangkau. Untuk tutorial lengkapnya, cek pembahasannya di bawah ini. 

1. Kompon

Apa itu kompon? Kompon adalah krim yang efektif menutup goresan pada mobil. Anda bisa mendapatkan krim ini melalui toko aksesoris mobil terdekat. 

Jenis kompon yang paling umum digunakan adalah kompon putih dan harganya pun relatif murah.

Jika Anda punya masalah dengan baret ringan, kompon akan sangat membantu untuk menghilangkan baret tersebut. Cara menghilangkan baret mobil dengan kompon yang pertama adalah membersihkan permukaan mobil dengan air mengalir. 

Kemudian, keringkan mobil dengan kain lap halus. Setelah mobil kering, ambil kompon secukupnya lalu oles pada bagian body mobil yang baret. Lakukan dengan cepat karena kompon mudah kering. 

Tunggu selama beberapa saat sampai akhirnya kompon bisa Anda bersihkan. Bilas dengan air bersih, lalu lap memakai kain halus. Hasilnya, baret pada mobil Anda akan lebih tersamarkan. Jika belum hilang sepenuhnya, ulangi proses di atas. 

2. Pasta Gigi

Anda mungkin sedikit tidak yakin pasta gigi yang biasa untuk membersihkan gigi menjadi alat untuk menghilangkan goresan mobil. 

Namun, cara menghilangkan baret mobil dengan pasta gigi ternyata sudah banyak yang merekomendasikannya, lho. 

Nah, bagaimana langkah pembersihannya? Pertama-tama, siapkan pasta gigi yang akan Anda gunakan. Sebelumnya, pastikan permukaan mobil dalam keadaan bersih. Kemudian, aplikasikan pasta gigi ke kain lap yang basah.  

Gosok kain lap yang menjadi wadah pasta gigi tersebut dengan gerakan melingkar. Jika sudah, bersihkan bekas pasta gigi dengan air mengalir dan keringkan. 

Pembersihan baret dengan pasta gigi mungkin akan kurang efektif untuk kasus mobil yang menderita goresan parah. Akan tetapi, jika tingkat keparahan goresan body mobil Anda cukup ringan, bisa mencoba memakai pasta gigi. 

3. Minyak Rem

cara menghilangkan baret mobil

Cara menghilangkan baret mobil berikutnya adalah memakai minyak rem. Namun, perlu Anda ketahui bahwa penggunaan minyak rem ini perlu berhati-hati karena sifat bahannya yang keras. Maka dari itu, pengaplikasiannya tidak boleh sembarangan. 

Langkah pembersihan baret dengan minyak rem bisa Anda lakukan dengan menuang minyak rem secukupnya ke kanebo yang kering. Hindari menuang terlalu banyak minyak rem karena malah bisa membuat badan mobil menjadi rusak. 

Setelah itu, gunakan kanebo tersebut untuk mengoles minyak rem ke bagian permukaan yang terkena goresan. Kalau bisa tuangkan minyak rem hanya di bagian yang baret dan mengecualikan bagian yang tidak bermasalah. 

Langkah yang terakhir setelah mengoleskan minyak rem adalah membilasnya dengan air bersih. Kemudian, keringkan dengan lap. 

4. Obat Nyamuk

Obat nyamuk adalah bahan yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan baret pada mobil. Bagaimana cara menghilangkan baret mobil dengan obat nyamuk? Caranya cukup simpel, siapkan obat nyamuk cair terlebih dahulu. 

Jika sudah siap, tuang obat nyamuk tersebut ke lap kering. Hindari memakai kain lap yang basah karena dapat menghilangkan kandungan obat nyamuk. Kemudian, usap bodi mobil memakai kain lap yang sudah Anda beri obat nyamuk tadi.

Usap secara perlahan dan merata. Lalu, tunggu selama beberapa saat hingga meresap baru membilasnya dengan air bersih. Jangan lupa untuk mengeringkannya agar tidak meninggalkan bekas air. 

Baca Juga: Cara Merawat Mobil Bekas di Atas 10 Tahun agar Tetap Prima

5. Cat Ulang

Ketika sudah melakukan segala cara menghilangkan baret pada body mobil tetapi hasilnya masih nihil, solusi yang dapat Anda lakukan adalah mengecatnya ulang. Untuk kasus baret berat, cara ini cukup efektif agar tampilannya kembali bagus.

Terdapat dua opsi pilihan yang bisa Anda lakukan. Pertama, adalah membawanya ke bengkel terdekat agar mekanik profesional yang mengecat mobil Anda. Lalu, pilihan yang kedua adalah mengecatnya sendiri tanpa bantuan orang ahli. 

Pilihan manapun yang Anda pilih punya sisi plus dan minus. Jika membawanya ke bengkel hasilnya lebih terjamin tetapi mengeluarkan biaya jasa. Sementara mengecatnya sendiri dapat menghemat pengeluaran Anda. 

Namun, mengecat mobil pada dasarnya bukanlah hal yang mudah. Seringkali pemula yang memaksakan diri untuk mengecat mobil berakhir jelek sehingga perlu perombakan ulang di bengkel. 

Jika memang Anda ingin menerapkan cara menghilangkan baret mobil dengan cat ulang, pertimbangkan lagi siapa yang akan melakukannya. Kalau Anda tidak yakin hasilnya bisa rapi, sebaiknya andalkan jasa profesional untuk mengecatnya.

6. Wax

Wax termasuk salah satu cara menghilangkan baret halus pada mobil. Pada umumnya, wax terdiri dari jenis padat dan cair. Untuk kebutuhan menghilangkan baret, Anda bisa memakai tipe wax yang cair. 

Wax mengandung kandungan yang bersifat abrasif sehingga lumayan ampuh untuk menyamarkan goresan pada mobil. Namun, Anda perlu perlahan-lahan menggunakan wax ini karena goresan bisa bertambah parah jika terlalu kasar. 

Sebelumnya, bersihkan area mobil yang baret dan keringkan. Jika sudah, tuang wax cair lalu gosok dengan kain microfiber pada area baret yang ingin Anda hilangkan. Lakukan gerakan menggosok secara melingkar untuk memastikan wax merata. 

Jangan lupa membersihkan sisa wax yang menempel dengan kain lap basah secara lembut. 

7. Spidol Cat

Cara menghilangkan baret kecil di mobil juga bisa Anda lakukan dengan spidol cat. Spidol ini tersedia dalam beraneka macam warna yang bisa Anda pilih sesuai dengan warna mobil. Selain itu, harga spidol cat relatif terjangkau. 

Bagaimana menutup baret mobil dengan spidol cat? Caranya cukup sederhana. Anda tinggal menorehkan spidol cat ke area mobil yang memiliki goresan. Tutupi goresan mobil dengan spidol cat sampai bekasnya tersamarkan. 

Sebaiknya, lakukan pekerjaan ini di bawah pencahayaan yang cukup terang. Hal ini bertujuan agar Anda bisa melihat baret dengan jelas dan pengaplikasian spidol cat semakin mudah. 

Baca Juga: 15 Cara Merawat Mobil Supaya Tidak Cepat Rusak dan Awet

Bingung Beli Mobil Bekas Bergaransi? Langsung ke CarsGallery!

Tidak banyak penyedia mobil bekas berkualitas yang sudah terjamin sertifikasi dan garansinya. Namun, sekarang Anda bisa membeli mobil dengan aman melalui CarsGallery

CarsGallery adalah platform beli mobil bekas yang sudah melalui inspeksi dari inspektor profesional untuk memastikan kualitas mobil. Jadi, Anda tidak perlu takut zonk saat membeli mobil di tempat ini. 

Selain itu, tersedia berbagai macam tipe mobil mulai dari sedan, SUV, hingga electric yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Jangan lewatkan kesempatan emas ini untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas dan pastinya bergaransi!

FAQ

Apa yang menyebabkan baret pada mobil?

Ada banyak faktor penyebab baret seperti gesekan dengan benda tertentu. Misalnya gesekan antara ranting pohon atau kendaraan lain. 

Apakah baret di mobil bisa hilang?

Tergantung dari tingkat keparahannya, baret mobil ringan bisa hilang dengan treatment khusus. 

Bagaimana cara menghilangkan baret pada mobil?

Dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitar seperti pasta gigi, obat nyamuk cair, atau minyak rem. 



Other Post

Related Post