Cara Menghilangkan Bekas Lem di Body Mobil Cepat dan Mudah 

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Menemui bekas lem mengganggu pada body mobil Anda? Jangan buru-buru pergi ke bengkel. Cara menghilangkan bekas lem di body mobil bisa Anda lakukan sendiri di

Menemui bekas lem mengganggu pada body mobil Anda? Jangan buru-buru pergi ke bengkel. Cara menghilangkan bekas lem di body mobil bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan mudah dan juga cepat. 

Masing-masing cara membersihkan ini juga tidak akan merusak lapisan coating atau cat pada body mobil Anda. 

Beberapa jenis bahan yang diperlukan pun cukup sederhana yang bisa Anda temukan di rumah. 

7 Cara Menghilangkan Bekas Lem di Body Mobil Terampuh 

Bekas lem yang membandel pada body mobil akan mengganggu tampilan kendaraan kesayangan Anda. Cara menghilangkan bekas lem ini memang mudah, tetapi tetap harus Anda lakukan dengan hati-hati. 

Berikut ini beberapa panduan cara mudahnya yang perlu Anda tiru:

1. Membersihkan Area dengan Air Sabun 

Cara menghilangkan lem di body mobil dimulai dengan membersihkan area yang kotor dengan air sabun. 

Anda bisa menggunakan air hangat yang dicampurkan dengan sabun atau shampo mobil. Campur hingga muncul busa kemudian usapkan menggunakan spons. 

Langkah ini penting untuk membuat bekas lem yang keras menjadi lunak. Oleh karena itu, diamkan air sabun bekerja pada body mobil selama beberapa menit tanpa harus digosok. 

Baca Juga: 7 Cara Menghilangkan Baret Mobil dengan Mudah

2. Memanaskan Bekas Lem dengan Hairdryer 

Air hangat dengan sabun seringkali kurang cukup untuk membuat bekas lem keras menjadi lunak. Oleh karena itu, Anda bisa mengandalkan hair dryer untuk memberikan efek panas yang lebih baik. 

Cukup panaskan selama 5 hingga 10 menit bekas lem menggunakan hairdryer. Anda tidak perlu mengelap air sabun karena berfungsi mempercepat bekas lem melunak. 

3. Scrape Bekas Lem dengan Silet 

Silet menjadi cara menghilangkan bekas lem silikon di body mobil paling efektif. Saat bekas lem sudah melunak, Anda bisa mulai menggunakan silet tipis untuk mengangkat kotoran. 

Supaya tidak menggores cat maka posisikan silet pada angle yang sejajar dengan bekas lem tersebut. Mulailah untuk mengangkat bekas lem perlahan tanpa penekanan yang berlebih. 

Lakukan sampai sebagian besar bekas lem yang keras terangkat. Apabila bekas lem tinggal sedikit, Anda bisa berhenti menggunakan silet. 

Baca Juga: 4 Tips Atasi Kaca Mobil Buram Saat Hujan Paling Ampuh

4. Membersihkan Sisa Bekas Lem dengan Aseton 

Bagian bekas lem yang tebal sudah berhasil diangkat tetapi pasti masih tersisa sedikit bekasnya. Anda bisa menghilangkan sisa bekas tersebut menggunakan aseton yang biasa dipakai untuk membersihkan kutek. 

Caranya, cukup tuang aseton ke kain kering yang bersih kemudian usapkan pada bekas lem yang membandel. Gosok perlahan sampai tidak ada bekas lem yang tersisa kembali. 

5. Membersihkan dengan Minyak Kayu Putih 

Apabila Anda tidak menemukan aseton di rumah, minyak kayu putih bisa menjadi alternatif cara menghilangkan bekas lem di bodi mobil. Kandungan minyak di dalamnya efektif untuk melepaskan bekas lem sehingga mudah terangkat. 

Cara menggunakannya kurang lebih sama, tuangkan sedikit minyak kayu putih pada kain bersih. Gosok ke permukaan sisa bekas lem yang ada sampai benar-benar hilang. 

Baca Juga: Komponen dan Manfaat Melakukan Servis Pertama Mobil Baru

6. Membersihkan dan Mengeringkan 

Ketika bekas lem sudah tidak tersisa lagi maka Anda bisa membersihkannya dengan kain baru. Jika perlu cuci mobil jika Anda membersihkan banyak bekas lem pada body mobil. 

Jangan lupa untuk mengeringkan body mobil dan memastikan kembali tidak ada bekas lem yang terlihat. Jika masih ada bekas lem yang tersisa maka Anda bisa membersihkan ulang menggunakan aseton atau minyak kayu putih. 

7. Melapisi dengan Wax

Selesai membersihkan bekas lem biasanya body mobil akan terlihat kusam. Alasannya adalah lapisan coating yang terkikis sehingga tidak mengkilap lagi. Anda bisa mengembalikan kilap mobil dengan cara waxing. 

Cukup menggunakan wax dan menggosoknya pada area bekas lem tadi. Pastikan untuk tidak menggunakan wax berlebih agar body mobil tidak berjamur. Apabila Anda kurang mahir dalam waxing bisa datang ke salon mobil. 

Membersihkan bekas lem bukan hal yang sulit, jadi, jika Anda mendapat pilihan mobil bekas dengan kondisi banyak stiker tidak perlu khawatir. Ikuti cara menghilangkan bekas lem di body mobil ini untuk membuat mobil kembali indah. 

Soal pemilihan mobil bekas Anda bisa mempercayakannya kepada kami di CarsGallery. Kami tidak hanya sekedar menyediakan banyak pilihan mobil tetapi juga memperhatikan kualitas kendaraan roda empat ini. 

Anda bisa mendapatkan rekomendasi mobil bekas berkualitas yang lolos inspeksi profesional. Pastikan untuk memilih CarsGallery untuk mendapatkan mobil bekas yang Anda butuhkan sekarang.

Other Post

Related Post