Efektif! Ini 7 Cara Menghilangkan Jamur pada Kaca Mobil

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Banyak pemilik mobil mencari cara menghilangkan jamur pada kaca mobil yang bisa dilakukan secara mandiri. Kondisi kaca berjamur memang umum terjadi. Terlebih lagi, saat cuaca

Banyak pemilik mobil mencari cara menghilangkan jamur pada kaca mobil yang bisa dilakukan secara mandiri.

Kondisi kaca berjamur memang umum terjadi. Terlebih lagi, saat cuaca sering lembab atau mengalami perubahan secara ekstrim. Padahal, jika dibiarkan berlama-lama jamur bisa mengganggu visibilitas selama berkendara.

Hal tersebut tidak hanya menurunkan estetika mobil, tapi juga membawa risiko keselamatan. Mari cari tahu bagaimana cara membersihkan kaca mobil dari jamur.

Cara Menghilangkan Jamur pada Kaca Mobil 

Tidak harus ke bengkel atau jasa pembersihan, Anda bisa menghilangkan jamur di kaca mobil secara mandiri menggunakan cara berikut:

1. Gunakan Cairan Pembersih Jamur

Untuk menghilangkan jamur membandel pada kaca mobil, Anda bisa menggunakan produk cairan pembersih.

Ada berbagai merk pembersih khusus kaca mobil yang tersedia di toko terdekat atau lapak online. Biasanya, cairan pembersih hadir dalam kemasan botol spray, sehingga bisa langsung Anda gunakan dengan mudah.

Tinggal semprotkan pada kaca mobil yang terkena jamur, kemudian lap menggunakan kain bersih berserat halus.

2. Bersihkan Pakai Alkohol 

Lebih akrab dikenal sebagai desinfektan, alkohol efektif membasmi bakteri dan jamur. Jadi, Anda bisa menggunakan alkohol untuk menghilangkan jamur kaca mobil.

Sebaiknya, gunakan alkohol dengan kadar lebih dari 60% supaya efektif. Semprotkan atau tuang sedikit alkohol pada kain lembut. Kemudian, gosokkan langsung pada bagian kaca yang berjamur secara perlahan.

Baca Juga: 4 Tips Atasi Kaca Mobil Buram Saat Hujan Paling Ampuh

3. Pakai Pemutih Pakaian

Anda juga bisa membersihkan jamur menggunakan beberapa bahan yang umum ada di rumah. Salah satunya yaitu produk pemutih pakaian.

Cairan pemutih pakaian mengandung bahan kimia yang ampuh membasmi mikroba seperti jamur. Anda bisa menuangkan sedikit cairan pemutih pakaian ke kain bersih. Selanjutnya, gosok kaca mobil dengan lembut hingga jamur bersih.

4. Manfaatkan Pasta Gigi

Pasta gigi juga bisa menjadi solusi cepat untuk mengatasi jamur pada kaca film mobil. Hal ini karena pasta gigi memiliki beberapa kandungan yang efektif melawan mikroba, misalnya hidrogen peroksida.

Apabila ingin membersihkan jamur pada kaca dengan pasta gigi, maka Anda perlu memilih produk yang berwarna putih dan bukan berupa gel.

Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan langsung sedikit pasta gigi pada bagian kaca yang berjamur. Biarkan selama lima menit, lalu gosok pelan menggunakan kain bersih. Setelah itu, bilas pakai air.

Penggunaan pasta gigi bisa perlu pengulangan beberapa kali hingga jamur benar-benar bersih.

5. Memakai Cuka Apel

Cara menghilangkan jamur kaca mobil selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan bahan dapur berupa cuka apel.

Kandungan asam tinggi dalam cuka apel ampuh untuk membasmi jamur. Penggunaannya juga cukup mudah. Pertama-tama, larutkan 3 sendok makan cuka apel ke dalam 1 liter air.

Celupkan kain lap bersih ke larutan tersebut, lalu gunakan untuk menggosok bagian kaca yang berjamur. 

Setelah semua jamur hilang, Anda bisa menutup kaca mobil dengan koran atau kain bersih agar seera kering.

Baca Juga: Apakah Biaya Perbaikan Kaca Mobil Macet Mahal? Cek!

6. Menggunakan Baking Soda

Selain cuka, bahan dapur lain yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi jamur yaitu baking soda. 

Bubuk putih yang umum digunakan untuk bahan membuat roti ini sifatnya basa, sehingga bermanfaat dalam melawan mikroba. Bahan ini juga mampu menurunkan tingkat kelembaban yang sering menjadi sebab jamur tumbuh.

Anda bisa melarutkan baking soda ke dalam air, lalu menyemprotkan ke kaca mobil yang berjamur. Gosok perlahan menggunakan kain bersih sampai semua jamur hilang.

7. Gunakan Minuman Bersoda

Minuman bersoda rupanya juga bisa menjadi bahan untuk membersihkan jamur. Apabila ingin menggunakan soda, maka sebaiknya memilih minuman bersoda tanpa kandungan gula.

Pertama, lap dulu kaca mobil hingga kering untuk memastikan tidak terdapat air yang masih tertinggal pada permukaan yang mana bisa bercampur pada soda. Pencampuran tersebut berpotensi mengurangi efektivitas soda.

Setelah kaca mobil kering, tuangkan soda ke kain lembut. Lalu, gunakan untuk menggosok kaca hingga bersih.

Baca Juga: 7 Cara Menghilangkan Baret Mobil dengan Mudah

Itulah beberapa cara menghilangkan jamur pada kaca mobil yang bisa Anda lakukan secara mandiri. Untuk mencegah jamur tumbuh, Anda sebaiknya membiasakan untuk segera membersihkan kaca setelah terkena guyuran hujan.

Other Post

Related Post