Penyebab dan 8 Cara Menghilangkan Kecoa di Mobil Paling Jitu

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Mau membersihkan kecoa yang ada dalam mobil? Sebaiknya, pertimbangkan cara menghilangkan kecoa di mobil paling jitu dari kami. Tentu jadi hal menyebalkan saat binatang purba

Mau membersihkan kecoa yang ada dalam mobil? Sebaiknya, pertimbangkan cara menghilangkan kecoa di mobil paling jitu dari kami. 

Tentu jadi hal menyebalkan saat binatang purba yang telah bermutasi ini masuk ke dalam kabin mobil. 

Tak hanya menjadi indikasi bahwa mobil jorok, tapi kecoa juga bisa membawa serangkaian penyakit yang membahayakan untuk tubuh Anda. 

Jadi, tidak ada poin positif jika kecoa bisa dengan santai berbaring dan berjalan dengan bebas di kabin mobil. Maka dari itu, cara menghilangkan semut dan kecoa di mobil dari kami sangat Anda butuhkan. 

Penyebab Kecoa Masuk ke Kabin Mobil Anda

Sebelum tahu cara menghilangkan kecoa di mobil, sangat penting memahami penyebab atau sesuatu yang memicu kecoa masuk ke dalam mobil Anda. Berikut ini penjelasannya: 

1. Banyak Sisa Makanan

Pertama, sisa makanan. Kecoa pasti tak suka kalau ada dalam kabin yang kadang suhunya panas atau dingin. 

Tapi, karena ada sisa makanan yang jadi sumber energinya, maka kecoa bisa saja masuk dan tidak menghiraukan panas maupun dingin kabin mobil Anda. 

Cobalah lihat apakah ada remahan keripik yang berceceran? Sebilah roti yang tak termakan? Atau sedikit kentang goreng yang Anda makan di dalam mobil? 

Coba juga cek sisa saus, tumpahan dari minuman-minuman yang manis, dan sejenisnya. 

Jika ada, maka benar itu adalah salah satu penyebab kecoa masuk ke dalam kabin mobil Anda. 

2. Sering Menjadikan Kabin Sebagai Tempat Berlindung

Kemudian, kecoa terkadang menjadikan kabin mobil untuk tempat berlindung agar aman dari cuaca buruk di lingkungan. 

Nah, kabin mobil terasa seperti ‘rumah’ yang aman dan mampu melindungi kecoa dari adanya suhu panas yang ekstrim hingga hujan. 

Tubuhnya yang kecil bisa saja menyelinap tanpa Anda tahu. Bisa dari ban mobil, lalu lewat bagian mesin, dan terkadang masuk langsung ke bagian kabin. 

Cara Menghilangkan Kecoa di Mobil 

cara menghilangkan kecoa di mobil

Memang, dari beberapa sumber ada sejumlah cara efektif yang mampu membasmi kecoa dari dalam kabin mobil. Namun, tak semuanya efektif. Maka dari itu, pertimbangkan saja metode dari kami ini: 

1. Ketahui Sumbernya

Banyak yang melupakan hal penting ini. Padahal, untuk mengatasi kecoa itu harus tahu dulu sumber datangnya kecoa dari mana. 

Percuma jika rutin membersihkannya, tapi kebiasaan-kebiasaan Anda saat berada dalam kabin mobil masihlah mengundang kecoa datang. 

Sumber utamanya biasanya karena Anda sering menyimpan makanan atau minuman dalam kabin mobil. 

Jika ada makanan hingga minuman, maka bau dari sisa makanan itu menempel cukup lama meskipun makanannya sudah Anda buang atau pindahkan. 

Maka dari itu, cara pertama adalah mengetahui sumbernya dan jangan terlalu sering melakukannya dalam kabin mobil. 

2. Pakai Bahan Kimia

Cara menghilangkan semut dan kecoa di mobil yang paling gampang itu bisa dengan pakai sejumlah bahan kimia. Contohnya memakai insektisida. 

Benar, itu adalah bahan kimia yang efektif dalam mengatasi serangga termasuk semut dan kecoa. 

Istilah pembersihan semacam ini dikenal dengan fumigasi atau mini fogging. Jika ingin melakukannya, sebaiknya hati-hati karena Anda pakai bahan kimia untuk kabin mobil. 

Anak-anak harus jauh dan jangan sampai dekat dengan jangkauan. Soal langkah-langkahnya memang mudah yakni: 

  • Beli insektisida. 
  • Kemudian, tutup semua lubang pada mobil termasuk jendela dan pintu. 
  • Semprotkan insektisida sebanyak mungkin ke hampir seluruh bagian kabin. 
  • Tutup jendela dan pintunya secara rapat. 
  • Paling tidak tunggu 12 jam. 
  • Jika ada kecoa yang terperangkap, maka mereka akan mati setelah dapat semprotan insektisida. 
  • Lalu, bersihkan kabin dari semua bangkai kecoa dan serangga yang bersarang. 
  • Cobalah datang ke jasa pembasmi kecoa di mobil jika tidak ingin repot melakukannya sendiri dan mobil bisa langsung wangi. 

3. Pakai Kapur Barus

Ini adalah cara lama, tapi memang efektif untuk hampir semua tempat termasuk di kabin mobil. Kapur barus, memang masih menjadi alat yang terbilang efektif untuk mengusir dan membasmi kecoa. 

Formulasi khususnya bisa Anda pakai sekaligus dengan menggunakan insektisida. Tujuannya agar keduanya bisa memberi hasil yang lebih optimal. 

Jika kecoa telah menghirup kapur barusnya, maka biasanya ia akan terbirit-birit ke luar mobil. Tapi, jika tak ada celah agar keluar, maka udara beracun insektisida akan mereka hirup. Benar, mereka akan mati tak lama lagi. 

4. Pakai Parfum

Jangan salah, ada loh cara mengusir kecoa dengan parfum. Tapi, aroma parfum yang harus Anda pilih adalah yang tak disukai oleh kecoa. 

Intinya adalah menggunakan wewangian yang memang kecoa tak suka. Misalnya, dari bawang putih, citrus, pinus, oregano, mint, lavender, minyak serai, dan sejenisnya. 

Kalau mau pakai parfum biasa, sebenarnya juga tak masalah karena kecoa juga tidak suka dengan wewangian. 

Yup, kabin mobil yang wangi umumnya jarang jadi tempat bersarangnya kecoa. Maka, jika ada kecoa artinya kabin Anda memang bau dan jorok. 

Buat mengusirnya dengan parfum, semprotkan pada area yang paling sering jadi tempat kecoa lewat. Jika menciumnya, biasanya mereka akan cenderung menjauh. 

5. Buang Sampah Rutin Setelah Turun dari Mobil

Kemudian, cara menghilangkan kecoa di mobil tentu saja dengan membuang sampah-sampah pada mobil secara rutin. 

Jangan tunggu menumpuk, tapi sebaiknya buanglah sampah setiap Anda turun dari mobil dan selesai berkendara. 

Membuang sampah seperti wadah sisa makan atau bungkus makanan akan efektif sebagai langkah pencegahan. 

Biasakanlah hal ini sekaligus coba pakai vacuum cleaner jika ingin membersihkan celah-celah kecil pada bagian kabin mobil. 

6. Pakai Bubuk Kopi

cara menghilangkan kecoa di mobil

Benar, bubuk kopi juga efektif menghilangkan dan mengusir kecoa kecil di mobil. Alasannya karena kopi punya aroma asam dan tak disukai oleh kecoa. 

Maka, Anda bisa membasmi kecoa pada kabin hanya dengan menaburkan bubuk kopi saja pada beberapa sudut kabin. 

Cobalah taburkan secara rutin paling tidak sebulan sekali. Ini tujuannya agar kecoa tercegah ketika akan masuk ke mobil. 

Mau lebih ekstrim? Pakai bubuk kopi sebagai gantungan di mobil atau wewangian untuk kabin. 

7. Pakai Lem Kecoa

Nah, kalau ini sebenarnya metode untuk menjebak si kecoa yang suka berleha-leha dan tinggal dalam mobil. 

Cara menjebak kecoa dalam mobil adalah dengan memakai lem kecoa. Sudah banyak, kok, toko yang menyediakan perangkap kecoa. 

Anda bisa membelinya secara online atau mengunjungi toko terdekat yang menjual lem kecoa ini. 

Cara satu ini praktis dan juga tidak menghasilkan bau dalam kabin seperti ketika menggunakan insektisida, bahan kimia lain, atau parfum dan bahan alami tertentu. 

Kemudian, cara pemakaiannya juga relatif mudah karena Anda hanya perlu meletakkan lem kecoa pada bagian karpet mobil. Saat lewat, kecoa yang ada akan terjebak dan tinggal menunggu waktunya saja ia mati. 

8. Bahan-bahan Alami yang Bisa Jadi Pertimbangan

Selain memakai kopi, Anda juga bisa mempertimbangkan pemakaian bahan alami lain yang terbilang jitu mengusir dan melibas semua kecoa dalam kabin. Misalnya, pakai baking soda.

Caranya juga gampang karena Anda hanya perlu menaburkan baking soda ke karpet. Selain itu, daun salam, daun pandan, daun serai, hingga bunga melati juga dapat Anda manfaatkan guna mengusir kecoa. 

Itulah beberapa cara menghilangkan kecoa di mobil yang sering mengganggu kenyamanan berkendara Anda. Pilih salah satunya dan jangan lupa cegah penyebabnya. 

Butuh Layanan Bengkel Terbaik? Cek Sini!

Selain merawat bagian dalam mobil agar kecoa tak mudah masuk dan bisa teratasi, Anda juga penting merawat bagian lain pada mobil agar performanya terjaga. 

Demi memenuhinya, pertimbangkan layanan dari HaloBengkel untuk yang terbaik. Anda bisa mengandalkan kami untuk kebutuhan darurat bahkan untuk pengecekan mobil bekas yang Anda inginkan. 

Melalui kami, ada tiga layanan utama yakni HaloBengkel Inspection untuk jasa inspeksi mobil bekas, HaloBengkel Warranty untuk garansi mobil bekas, dan HaloBengkel Era untuk kebutuhan darurat mobil Anda. 

FAQ

Kenapa banyak kecoa kecil di mobil?

Faktor utamanya adalah sisa sampah makanan dan minuman dalam kabin mobil. 

Kecoa takut dengan aroma apa?

Paling bagus pakai kapur barus dan bawang putih. 

Apakah kecoa takut dengan kapur barus? 

Benar, karena kapur barus efektif jika ingin memerangi kecoa. 



Other Post

Related Post