5 Cara Pasang Kaca Film Mobil Sendiri, Mudah dan Cepat!

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Bukan sekedar sebagai pelapis tambahan, kaca film juga memberikan perlindungan ekstra untuk meningkatkan kenyamanan berkendara. Namun, masih banyak yang tidak bagaimana cara pasang kaca film

Bukan sekedar sebagai pelapis tambahan, kaca film juga memberikan perlindungan ekstra untuk meningkatkan kenyamanan berkendara. Namun, masih banyak yang tidak bagaimana cara pasang kaca film mobil.

Alhasil, kebanyakan pemilik mobil harus bertandang ke bengkel untuk menggunakan jasa pemasangan kaca film. Tentu saja, Anda perlu bersiap dengan biayanya.

Padahal pemasangan kaca film sebenarnya bisa Anda lakukan secara mandiri. Mari simak panduan lengkapnya.

Cara Pasang Kaca Film Mobil

Ikuti langkah-langkah berikut untuk memasang kaca film mobil secara mandiri:

1. Siapkan Lokasi dan Alat Pemasangan

Pertama-tama, Anda perlu mempersiapkan dulu lokasi dan berbagai peralatan yang dibutuhkan untuk memasang kaca film. 

Lokasi untuk pemasangan kaca film sebaiknya berada di dalam ruangan. Alasannya karena pemasangan secara outdoor membawa sejumlah risiko merugikan. 

Salah satunya yaitu kontaminasi debu yang terbawa angin, sehingga menempel pada bagian bawah kaca film. Hal ini bisa membuat hasil pemasangan jadi kurang memuaskan.

Anda bisa memilih ruangan yang luas seperti garasi. Pastikan ruangan bersih dan bebas dari angin yang bisa meniup debu. Matikan kipas angin apabila ada.

Kemudian Anda juga perlu mempersiapkan beberapa alat, meliputi, meteran/penggaris, cutter kain lap bersih, air, botol semprot, cairan pembersih atau sabun, alat penyeka, dan vakum cleaner. Siapkan juga kaca film terbaik yang sesuai mobil Anda.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Kaca Film Anti UV untuk Lindungi Mobil Anda!

2. Bersihkan Kaca Mobil

Langkah selanjutnya yaitu membersihkan seluruh bagian kaca mobil, termasuk bagian pinggiran, sekat kaca pegangan, dan sela antara wiper. 

Tahap ini bertujuan untuk mempersiapkan kaca mobil yang akan hendak Anda pasangi film. Kaca mobil harus bebas dari debu, kotoran, maupun kaca film lama. Jika ada kaca film lama atau sticker, maka Anda harus menghilangkannya.

Gunakan vakum cleaner untuk membersihkan debu dan kotoran dari kaca mobil. Kemudian bersihkan lagi dengan cairan pembersih dan kain lap untuk menggosok kaca perlahan hingga semua kotoran terangkat. 

Bersihkan hingga semua bagian kaca mobil bebas dari kotoran, termasuk memastikan bagian pojok dan lokasi sekat yang kerap menjadi tempat debu menumpuk.

3. Keringkan Kaca Mobil

Sebelum memulai cara memasang kaca film di mobil, Anda perlu mengeringkan dulu permukaan kaca yang baru dibersihkan.

Anda sebaiknya menggunakan alat penyeka berbahan karet untuk mengeringkan kaca sekaligus mengangkat semua sisa kotoran dengan efektif. Tarik penyeka dari ke satu arah yang sama, bisa ke bawah atau menyamping.

Setelah menyeka, lap kembali kaca mobil menggunakan kain kering dan bersih.

Baca Juga: Penyebab Kaca Mobil Berembun Saat Hujan

4. Ukur dan Potong Kaca Film

Setelah kaca mobil bersih dan siap, Anda bisa mulai mengukur kaca film. Caranya yaitu dengan membentangkan kaca film pada kaca mobil dengan sisi yang memiliki perekat menghadap keluar.

Semprotkan air pada permukaan kaca yang bersih, kemudian tempelkan gulungan kaca film mengikuti posisi perekat. 

Setelah kaca film menempel, buat pola mengikuti bentuk kaca mobil dengan menyisakan bagian sisi sekitar 5 – 8 cm. Penambahan ini bertujuan untuk menghindari salah ukur yang kerap terjadi akibat adanya lekukan.

Gunakan cutter atau silet untuk untuk merapikan sisi-sisi vertikal kaca film. Kemudian rapikan bentuk bagian atas menyesuaikan kaca jendela. Anda bisa menurunkan dulu jendela mobil supaya lebih presisi.

Pemotongan perlu dilakukan dengan sangat hati-hati karena bisa menyebabkan sobek, terutama bagi yang tidak terbiasa. Anda juga perlu teliti memperhatikan cutter hanya menempel pada bagian kaca dan tidak melukai karet kaca maupun body mobil.

Supaya aman, sebaiknya melakukan pemotongan di tempat lain dan tidak menempel pada kaca.

Baca Juga: Apa Benar Kaca Film Bisa Mengurangi Beban Pada AC Mobil?

5. Menempelkan dan Merapikan Kaca Film

Usai dipotong, Anda bisa mulai memasang kaca film. Anda perlu menyiapkan semprotan cairan khusus atau air sabun untuk tahap ini.

Cara pasang kaca film yang benar dimulai dengan menyemprotkan cairan pada seluruh dalam kaca mobil. Setelah itu, buka lapisan plastik yang melindungi lapisan perekat kaca film. 

Semprot kaca film dengan cairan khusus secara merata. Apabila sudah, posisikan kaca film tepat pada bagian depan kaca mobil. Lakukan pemasangan dari arah atas ke bawah. 

Gunakan alat penyeka karet untuk menempelkan kaca film dengan rapi dengan gerakan menyamping. 

Setelah menempel seluruhnya, Anda perlu membersihkan cairan yang tersisa menggunakan kain bersih. Kemudian rapikan bagian tepi yang tadi disisakan menggunakan cutter atau silet.

Demikian cara pasang kaca film mobil. Ingat, ketelitian menjadi kunci penting dalam pemasangan kaca film supaya hasilnya rapi dan bagus.

Other Post

Related Post