10 Ciri Kampas Kopling Mobil Habis, Wajib Langsung Ganti!

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Ciri kampas kopling mobil habis sering kali terasa saat berkendara, tetapi banyak pengemudi yang tidak menyadarinya sejak awal. Lantaran kampas kopling berperan penting dalam menyalurkan

Ciri kampas kopling mobil habis sering kali terasa saat berkendara, tetapi banyak pengemudi yang tidak menyadarinya sejak awal. 

Lantaran kampas kopling berperan penting dalam menyalurkan tenaga dari mesin ke roda, kondisinya yang aus bisa mempengaruhi performa mobil secara keseluruhan. 

Jika Anda membiarkannya, kenyamanan berkendara yang terganggu dan bisa berujung pada kerusakan komponen lain. 

Oleh sebab itu, mengenali tanda-tanda kampas kopling yang mulai habis sangat penting agar bisa segera mengambil tindakan. 

Baca Juga: 2 Cara Kerja Kopling Mobil dan Tips Perawatannya

Ciri Kampas Kopling Mobil Habis

Lantas, apa saja gejala yang muncul saat kampas kopling mulai menipis? Berikut beberapa ciri-ciri kampas kopling habis yang perlu Anda perhatikan: 

1. Akselerasi Lemah

Salah satu indikasi utama kampas kopling yang mulai habis adalah akselerasi mobil yang menurun. 

Saat Anda menginjak pedal gas, mobil tidak merespons dengan peningkatan kecepatan yang seharusnya. 

Sebaliknya, mesin mungkin mengeluarkan suara berdecit atau meraung tanpa adanya peningkatan laju kendaraan. 

Kondisi ini terjadi karena tenaga dari mesin yang tidak tersalurkan dengan baik ke transmisi akibat kampas kopling yang aus.

2. Muncul Bau Gosong dalam Kabin

Kemudian, ciri-ciri kampas kopling mobil matic habis atau bahkan mobil manual yakni munculnya bau gosong yang tercium dari dalam kabin. 

Bau ini biasanya timbul akibat gesekan berlebihan antara kampas kopling dan flywheel karena permukaannya sudah terlalu tipis. 

Jika kampas kopling tidak segera Anda ganti, maka gesekan yang semakin intens dapat menyebabkan panas berlebih. 

Akhirnya, kondisi tersebut memperburuk komponen lainnya. Bau gosong ini umumnya lebih terasa saat mobil Anda pakai di jalan menanjak atau ketika sering melakukan perpindahan gigi dengan setengah kopling.

3. Pedal Kopling Terasa Lebih Tinggi atau Lebih Rendah

Ciri kampas kopling mobil habis selanjutnya adalah pedal kopling terasa lebih rendah ataupun lebih tinggi. 

Saat kampas kopling mulai menipis, posisi pedal kopling bisa mengalami perubahan yang cukup signifikan. 

Beberapa pengemudi merasakan bahwa pedal kopling menjadi lebih tinggi dari biasanya, sedangkan yang lain justru merasa pedal lebih rendah. 

Hal ini terjadi karena perubahan tekanan pegas kopling akibat keausan kampas. Jika Anda merasa pedal kopling terasa tidak seperti biasanya, segera periksa kondisi kampas kopling untuk memastikan apakah sudah waktunya untuk mengganti komponen ini.

Baca Juga: 11 Komponen Kopling Mobil yang Harus Anda Kenali

4. Mesin Cepat Panas

Kampas kopling yang aus menyebabkan tenaga mesin tidak tersalurkan dengan optimal. Jadi, mesin harus bekerja lebih keras untuk menghasilkan performa yang sama. 

Akibatnya, mesin menjadi lebih cepat panas daripada saat kondisi normal. Jika Anda melihat bahwa indikator suhu mesin sering menunjukkan angka yang lebih tinggi dari biasanya, itu bisa jadi salah satu ciri kampas kopling mobil habis

Panas yang berlebihan pada mesin dapat menyebabkan berbagai masalah lainnya, seperti konsumsi bahan bakar yang lebih boros dan potensi kerusakan pada sistem pendingin.

5. Sulit Pindah Gigi

ciri kampas kopling mobil habis

Selanjutnya, kesulitan dalam memindahkan gigi juga menjadi tanda bahwa kampas kopling mungkin sudah habis. 

Jika Anda merasa perpindahan gigi menjadi lebih berat atau bahkan terdengar suara kasar setiap kali memindahkan gigi, kemungkinan besar kampas kopling tidak lagi bekerja dengan baik. 

Kopling yang aus tidak dapat memisahkan putaran mesin dari transmisi secara sempurna, sehingga perpindahan gigi menjadi tidak lancar. 

Jika Anda membiarkannya, bukan hanya kopling yang akan rusak, tetapi juga sistem transmisi secara keseluruhan.

6. Ada Suara Berisik Saat Menginjak Kopling

Ciri kampas kopling mobil habis lainnya yakni muncul suara berisik ketika Anda menginjak kopling. 

Jika Anda mendengar suara aneh saat menginjak pedal kopling, seperti bunyi ‘klik’, dengungan, atau gesekan, maka itu bisa menjadi indikasi kampas kopling yang aus. 

Suara ini umumnya terjadi karena permukaan kampas kopling sudah tidak rata atau mulai terkikis secara tidak merata. 

Gesekan yang tidak sempurna antara kampas kopling dan flywheel dapat menyebabkan suara bising yang semakin jelas terdengar seiring dengan bertambahnya keausan.

7. Kopling Sering Selip

Selip kopling terjadi ketika tenaga dari mesin tidak dapat sepenuhnya diteruskan ke roda penggerak. Ini terjadi akibat kampas kopling yang sudah tipis dan kehilangan daya cengkramnya. 

Anda mungkin akan merasakan bahwa mobil kehilangan tenaga, terutama saat melewati jalan menanjak atau ketika membawa beban berat. 

Jika kondisi ini terjadi berulang kali, sebaiknya segera ganti kampas kopling sebelum berdampak pada komponen lain di dalam sistem transmisi.

Baca Juga: 7 Fungsi Kopling Mobil yang Jarang Pengguna Tahu!

8. RPM Mesin Naik Tanpa Peningkatan Kecepatan

Tanda lain dari kampas kopling yang habis adalah naiknya putaran mesin (RPM) secara signifikan. Tetapi mobil tidak mengalami peningkatan kecepatan yang sebanding. 

Hal ini terjadi karena kopling yang aus tidak mampu mentransfer tenaga secara efektif, sehingga mesin terus bekerja keras tanpa menghasilkan kecepatan yang optimal. 

Jika Anda sering mengalami hal ini, kemungkinan besar kampas kopling sudah perlu penggantian. 

9. Pedal Kopling Terasa Berat

Kampas kopling yang sudah menipis atau mulai rusak bisa menyebabkan pedal kopling terasa lebih berat saat Anda injak. 

Hal ini terjadi karena ketidakseimbangan dalam sistem kopling yang membuat tekanan pada pedal menjadi lebih besar. 

Jika Anda merasa harus menginjak pedal kopling dengan tenaga lebih besar dari biasanya, ini bisa menjadi pertanda bahwa kampas kopling sudah mulai habis.

10. Mobil Sulit Menanjak

Jika mobil kesulitan saat melewati jalan menanjak, meskipun mesin dalam kondisi normal, itu juga bisa menjadi tanda bahwa kampas kopling sudah tidak bekerja dengan baik. 

Kampas kopling yang aus tidak mampu mentransfer tenaga dari mesin ke roda dengan optimal, sehingga mobil kehilangan daya dorong yang dibutuhkan untuk menaklukkan tanjakan.

Jadi, itulah beberapa ciri kampas kopling mobil habis yang menandakan sudah waktunya ganti komponen. 

Habisnya kampas kopling ini sebaiknya tidak terlalu sering Anda biarkan. Sebab, akan ada banyak efek lanjutan pada mobil yang bisa menimbulkan masalah yang lebih besar. 

Mobil-mobil yang sering kehabisan kampas, biasanya memang lebih boros dan cenderung mengalami kerusakan pada bagian transmisi. 

Hal ini jelas membuat biaya perbaikan cukup besar karena kerusakan transmisi. Ini pun penting saat Anda ingin membeli mobil bekas. 

Pastikan jika pemilik sebelumnya tidak sering kehabisan kampas kopling. Belum tahu cara memastikannya? Jasa inspeksi mobil bekas profesional dari HaloBengkel yang jadi partner CarsGallery bisa jadi solusi. Hubungi sekarang!

FAQ

Berapa umur kampas kopling mobil?

Umur kampas kopling mobil yakni 30.000 – 50.000 kilometer. Tapi, ini bergantung pada sejumlah faktor seperti beban muatan, cara mengemudi, kualitas kampas, dan juga jarak tempuh. 

Apa tanda-tanda kampas kopling mobil harus ganti?

Tentu saat beberapa tanda seperti akselerasi menurun, bau gosong, kopling selip, pindah gigi susah, dan RPM naik tanpa kecepatan yang bertambah muncul pada mobil. 

Apa yang terjadi jika kampas kopling mobil habis?

Mobil sulit Anda kendarai karena tenaganya tak bisa tersalurkan dengan baik, bahan bakar boros, komponen transmisi rusak, atau bahkan mobil tak bisa berjalan sama sekali.

Other Post

Related Post