6 Ciri Mesin Mobil Avanza Masih Bagus, Wajib Cek!

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Sebelum membeli mobil Avanza, baiknya cek dulu kondisi mesinnya. Anda harus memastikan berbagai ciri mesin mobil Avanza masih bagus ada dalam unit yang diinginkan. Tanpa

Sebelum membeli mobil Avanza, baiknya cek dulu kondisi mesinnya. Anda harus memastikan berbagai ciri mesin mobil Avanza masih bagus ada dalam unit yang diinginkan. 

Tanpa memahami tanda mesin mobil sehat, potensi dapat mobil kualitas rendah jadi sangat besar. 

Maka dari itu, saat mau membeli unit Avanza bekas yang terkenal sebagai rajanya MPV ini, Anda harus detail melakukan pengecekan. 

Baca Juga: 6 Rekomendasi Mobil Avanza Bekas Harga 70 Jutaan

Apa Saja Ciri Mesin Mobil Avanza Masih Bagus

Ada beberapa ciri atas mesin mobil Avanza yang terawat dan masih dalam kondisi prima. Memahami berbagai cirinya, akan membuat Anda lebih hemat biaya perawatan sekaligus terhindar dari beli mobil yang mesinnya rusak. Cek: 

1. Ada Catatan Lengkap Riwayat Service

Pertama, pengecekannya tentu bisa dari dokumen-dokumen yang ada pada mobil. Salah satunya dokumen atau catatan riwayat service. 

Setiap mobil yang kondisi mesinnya masih bagus, pasti ada sebabnya. Nah, faktor yang membuatnya tetap dalam kondisi prima adalah service rutin. 

Bagaimana memastikan pemilik Avanza sebelumnya rutin service? Pastinya, dengan memeriksa catatan mengenai riwayat service mobil tersebut. 

2. Volume Oli Tetap pada Garis

Kemudian, cara kedua yang juga efektif untuk tahu kondisi mobil yakni dengan memastikan volume oli. 

Anda bisa cek jumlah ketersediaan oli dengan tarik tuas ketersediaan pada oli mesin. Jika volume olinya masih tetap pada garis batasnya, maka Anda bisa memastikan kalau oli tidak berkurang sama sekali. 

Entah karena gesekan atau karena kebocoran. Jika berkurang, biasanya terjadi kebocoran maupun rembesan oli di bagian mesin. 

Baca Juga: 12 Harga Mobil Avanza Bekas Dibawah 100 Juta, Daftar Terbaru

3. Cek Hasil Pembakaran Knalpot

Saat memeriksa mesin mobil, maka pastikan juga cek ke hasil pembakaran knalpot. Jika memang tak keluar asap putih pekat atau asap hitam, maka mobilnya sehat-sehat saja. 

Tapi, jika ada asap putih maupun hitam, maka perlu curiga dengan mesinnya. Selama bukan kedua jenis asap ini yang keluar, bukan masalah besar. 

Termasuk jika knalpot mengeluarkan air. Sama saja, Anda tak perlu panik karena air yang muncul hanya karena cuaca yang dingin. 

4. Dengarkan Suara Mesin

Cara cek mesin mobil Avanza bekas lainnya bisa dengan dengarkan suara mesin. Dengarkan secara langsung agar tahu ada berisik, gemericik, atau suara-suara aneh yang Anda dengan. 

Saat ada jenis suara tersebut, maka ada kemungkinan terjadi kerusakan dalam mesin. 

Pasalnya, suara yang muncul dari mesin mengindikasikan masalah seperti rantai keteng kendor, klep yang butuh setel ulang, atau stang seher yang melemah. 

Baca Juga: Avanza Tahun Berapa yang Paling Bandel? Begini Jawabannya

5. Test Drive

Baiknya, langsung test drive buat memahami dan lebih meyakinkan Anda atas kondisi mesinnya. 

Paling kentara ketika Anda membawa mobilnya untuk menanjak. Jika mesinnya sehat, maka menanjak bukanlah hal yang berarti. 

Mesin yang sehat, tenaganya sudah lebih dari cukup buat menaklukkan jalan menanjak secara mudah. 

Tapi, jika merasa ada yang kurang pas ketika menanjak, maka patut curiga pada mesin mobil Avanza yang ingin Anda peroleh. 

6. Lampu Indikator Tidak Ada yang Menyala

Ini langkah terakhir guna memastikannya. Jika ingin tahu kondisi mobil, pastikan tidak ada lampu indikator yang menyala. 

Jika ada yang menyala, maka itu jadi tanda sesuatu yang tak normal di mesin mobil Avanza yang Anda inginkan. 

Masih belum terlalu yakin dengan ciri mesin mobil Avanza masih bagus? Pakai jasa inspeksi dari CarsGallery saja. Kami jamin, Anda tak akan dapat unit mobil yang mengecewakan!



Other Post

Related Post