5 Kelebihan CR-V Generasi 3 yang Patut Disoroti

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Termasuk salah satu mobil keluaran Honda yang terlaris, CR-V generasi 3 masih tinggi peminat hingga kini. Totalnya, Honda sudah meluncurkan CR-V (Comfortable Runabout Vehicle) hingga

Termasuk salah satu mobil keluaran Honda yang terlaris, CR-V generasi 3 masih tinggi peminat hingga kini.  

Totalnya, Honda sudah meluncurkan CR-V (Comfortable Runabout Vehicle) hingga generasi 6 tahun 2023 lalu. Generasi 3 merupakan model keluaran tahun 2007 – 2011. Mobil ini lebih akrab dengan julukan sebagai CR-V kura-kura.

Julukan tersebut karena gen 3 hadir dengan desain unik dan lumayan bertenaga. Berkat itu, mobil ini masih memikat meskipun usianya sudah terbilang tua. Mari simak lebih lanjut mengenai kelebihan mobil ini.

Kelebihan CR-V Generasi 3

Bukan tanpa alasan Honda CRV gen 3 masih eksis hingga saat ini. Berikut beberapa kelebihan yang jadi sorotan dari generasi ketiga CRV:

1. Desain Stylish dan Unik

Kelebihan pertama yaitu dari desain mobil yang stylish dan unik. Walaupun usianya sudah lebih dari 15 tahun, CRV generasi 3 masih tampil memikat dengan gaya yang lebih modern.

Beda dari generasi pendahulunya, generasi 3 ini tidak lagi terkesan kotak. Honda menggunakan desain pilar C yang membulat dan mengerucut pada bagian belakangan. Bagian atap juga menggunakan desain yang agak cembung.

Desain unik tersebut membuat gen 3 mendapatkan sebutan CRV kura-kura karena bentuknya yang mirip cangkang kura-kura.

Generasi 3 hadir sebagai SUV urban yang tampil lebih elegan dan mewah. Kesan tersebut ditonjolkan oleh grill beraksen chrome pada bagian depan yang bersanding apik dengan projector headlamp.

Tiap generasi Honda CRV punya beberapa modifikasi desain. Sebagai contoh, mobil keluaran tahun 2010 memiliki desain grill berbentuk sarang lebah dan sejumlah facelift eksterior, seperti bumper baru dan lampu belakang yang berbeda.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Mobil Keluarga Honda Ternyaman dan Kabin Luas

2. Interior Nyaman dengan Fitur Modern

CR-V generasi 3 banyak dipilih sebagai SUV harian karena punya interior yang lega dan nyaman. 

Ruang kabin yang luas membuat penumpang betah, terutama saat berkendara jarak jauh. Apalagi, interior CRV juga cukup mewah sehingga membuat perjalanan jadi lebih menyenangkan.

Kombinasi warna kuning gading dan abu-abu menghadirkan kesan elegan. Ditambah lagi dengan wood panel pada bagian dashboard yang memberikan sentuhan klasik.

Kenyaman generasi 3 ini disebut-sebut setara dengan MPV. Salah satu alasannya yaitu desain dashboard yang menjadi satu dengan tuas transmisi layaknya Freed. Kemudian, ada sandaran tangan pada setiap kursi, baik pengemudi maupun penumpang.

Selain itu, tidak terdapat konsol pada baris pertama, sehingga lantainya cukup rata. Hal ini makin meningkatkan kesan kabin yang lega.

Tersedia juga fitur-fitur modern untuk meningkatkan kenyamanan berkendara, seperti AC dual Zone, panel MID, dan head unit ukuran 9 inci.

Bagasi gen 3 juga cukup luas, mencapai 1648 liter. Jika perlu ruang penyimpanan lebih, maka Anda bisa melipat kursi belakang untuk memperluas bagasi.

3. Mesin yang Bertenaga dan Irit BBM

cr-v generasi 3

Popularitas CR-V gen 3 yang begitu tinggi menjadikan model ini lebih sukses daripada pendahulunya, gen 2. Hal tersebut tidak terlepas dari kualitas dapur pacunya.

Honda menawarkan dua jenis mesin untuk generasi 3, yakni 2.0 dan 2.4 liter. 

CRV 2.0 dengan mesin berteknologi i-VTEC mampu menghasilkan tenaga sebesar 150 PS/6000 rpm dan torsi 197/4200 rpm. Varian ini hadir dengan dua jenis transmisi, yaitu manual 5 percepatan dan otomatis 6 percepatan.

Sementara itu, dapur pacu CRV 2.4 ditenagai oleh mesin K24Z i-VTEC DOHC. Mesin tersebut mampu menghasilkan output sebesar 170 PS/5800 rpm dengan torsi sebesar 231 Nm/4200 rpm.

Honda CRV 2.4 generasi ketiga hanya tersedia dengan transmisi otomatis. Sebagai tambahan, gen 3 menggunakan transmisi jenis AT yang lebih bandel daripada matic CVT.

Kombinasi transmisi dan output yang lumayan besar membuat mobil produksi Honda ini cocok untuk penggunaan harian. Akselerasi awal gen 3 juga sangat pas untuk berkendara di perkotaan.

Menariknya lagi, generasi 3 ini terkenal sangat irit bahan bakar. Menurut pengalaman pengguna CRV 2.0 gen 3, perjalanan via tol menghabiskan bahan bakar dengan tingkat konsumsi 16 km/liter.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Mobil Keluarga Paling Irit, Nyaman dan Aman

4. Handling yang Stabil dan Presisi

Kelebihan CRV 3rd gen selanjutnya adalah soal handling. Mobil ini terkenal memiliki handling yang presisi ala sedan.

Selain bisa melakukan manuver dengan presisi, pengendalian gen 3 terjamin nyaman dan optimal karena minim limbung. 

Honda mengubah titik berat generasi 3 menjadi lebih rendah 35 mm dari pendahulunya. Gen 3 juga mendapatkan penambahan jarak roda depan dan belakang. Perubahan tersebut menghasilkan peningkatan pada stabilitas mobil saat berkendara.

Handling presisi mobil juga berkaitan erat dengan power steering. Pada CRV 2.0, disematkan power steering hidrolik. Sementara itu, varian 2.4 menggunakan teknologi yang lebih modern, yakni EPS.

Selanjutnya pada bagian suspensi depan, generasi 3 menggunakan jenis Front McPherson strut independen. Sementara bagian belakang mengandalkan independent double wishbone.

Kombinasi tersebut membuat CRV kura-kura mampu menghasilkan putaran kemudi yang lebih akurat dan ringan. Selain itu, traksi ban mencengkeram dengan baik sehingga tetap nyaman saat melaju dengan kecepatan tinggi.

Generasi ketiga juga terkenal tangguh melibas berbagai medan, termasuk jalanan yang tidak rata. 

5. Harga Pasaran yang Terjangkau

CRV kura-kura memiliki kisaran harga pasaran yang cukup terjangkau di bursa mobil bekas. Pilihan unit model ini bersaing dengan mobil LCGC yang peminatnya tinggi. Kisaran harga gen 3 juga cenderung stabil.

Sebagai catatan, harga setiap unit mobil bisa bervariasi menyesuaikan kondisinya.

Berikut kisaran harga CRV generasi 3 terbaru:

  • Tahun 2007: Rp95 juta hingga Rp108 juta
  • Tahun 2008: Rp109 juta sampai Rp115 juta
  • Tahun 2009: Rp108 juta sampai Rp135 juta
  • Tahun 2010: Rp100 juta sampai Rp145 juta

Termasuk sebagai mobil terlaris, ketersediaan CRV bekas cukup melimpah. Jadi, Anda bisa menemukan cukup banyak pilihan unit ready.

Baca Juga: 6 Mobil SUV Bekas Dibawah 100 Juta, Performa Masih Andal!

Tempat Beli Mobil Bekas Bergaransi

Kendati menawarkan harga lebih hemat, nyatanya pembelian mobil bekas dibayangi risiko tersendiri. Apalagi tidak ada jaminan kualitas seperti halnya mobil baru.

Mau beli mobil bekas dengan garansi? Kalau begitu, Anda harus berkunjung ke CarsGallery.

Platform ini menyediakan banyak unit ready dan berkualitas dari berbagai dealer seluruh Indonesia. Setiap mobil dari CarsGallery juga sudah lulus inspeksi dan mendapatkan garansi. Yuk, ke CarsGallery sekarang juga.

FAQ

Bagaimana tingkat perawatan Honda CRV?

Perawatan untuk Honda CRV tergolong mudah karena mobil ini terkenal bandel.

Apa saja kekurangan dari generasi 3 CRV?

Generasi 3 punya beberapa kekurangan yaitu sistem peredaman yang kurang maksimal, finishing interior kurang solid, dan bantingan suspensi yang kurang empuk.

Apa masalah yang sering ditemukan pada CRV bekas?

Honda CR-V generasi 3 bekas berisiko mengalami masalah pada engine mounting. Tanda kerusakan tersebut yaitu muncul getaran berlebihan.

Other Post

Related Post