Fungsi Selang Hawa, Bahan Pembuat, dan Cara Merawatnya

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Dalam sistem AC mobil, ada satu komponen yang berperan vital dalam menyambungkan berbagai komponen lainnya, yakni selang hawa. Fungsi selang hawa yang begitu krusial, wajib

Dalam sistem AC mobil, ada satu komponen yang berperan vital dalam menyambungkan berbagai komponen lainnya, yakni selang hawa. Fungsi selang hawa yang begitu krusial, wajib Anda ketahui terutama ketika ingin menggantinya. 

Memahami fungsinya, akan membuat Anda tidak sembarangan ketika ingin mengganti komponen ini. Pasalnya, dengan selang hawa yang buruk, maka performa AC mobil sudah pasti kurang maksimal. 

Fungsi Selang Hawa Mobil 

Bagian ini termasuk salah satu komponen mesin mobil yang ada dalam sistem AC. Letaknya tersembunyi dan Anda tidak akan bisa melihatnya jika belum membongkar bagian AC mobil. 

1. Konektor Komponen dalam Sistem AC Mobil

Fungsi selang hawa yakni menjadi konektor atas beberapa komponen dalam mekanisme AC. 

Lewat selang ini, maka refrigerant bisa bergerak dari arah kompresor menuju sejumlah komponen lain. 

Misalnya saja ke evaporator dan juga kondensor. Itu fungsi pertama. 

2. Membawa Udara dari Luar

Sedangkan untuk fungsi keduanya yakni mampu membawa udara dari arah luar yang bertujuan agar suasana sejuk nan nyaman bisa tercipta dalam kabin mobil. 

Jadi, jika ada pertanyaan selang hawa nyambung kemana? Maka, jawabannya adalah ke beberapa komponen seperti evaporator, kondensor, dan juga kompresor. 

Dengan adanya selang ini, maka kinerja dari AC mobil akan maksimal sekaligus menjadi komponen yang mencegah kebocoran. 

Bahan Pembuatan Selang Hawa

Mengenalnya, tidak cukup jika hanya dari segi fungsi. Tapi, sebaiknya kenal juga dengan bahan pembuatan yang digunakan. 

Selang hawa, bukan komponen mesin mobil yang sering bermasalah karena memang bahannya yang terkenal sangat kuat. 

Biasanya, bahan yang terpilih adalah yang mampu menahan suhu ekstrem, menahan tekanan yang tinggi, dan juga paparan bahan kimia. 

Bahan kimia yang ada dalam refrigeran sifatnya memang korosif dan jika tidak menggunakan bahan selang hawa yang tepat, besar kemungkinan selang tersebut akan mengalami masalah. 

Secara umum, bahannya termasuk kategori karet, elastomer termoplastik (TPE), dan terkadang juga menggunakan bahan logam untuk penguat tambahan. 

Saran Perawatan Selang Hawa

Mengingat fungsi selang hawa yang begitu penting, maka sebaiknya Anda memastikan agar kinerjanya bisa tahan lama alias awet. 

1. Cek Rutin

Caranya bisa dengan melakukan pengecekan secara rutin. Tujuannya sudah pasti agar Anda memahami ada atau tidaknya tanda-tanda korosi, aus, maupun kerusakan yang bisa mengakibatkan kegagalan fungsi. 

2. Ganti jika Sudah Waktunya

Lalu, Anda juga bisa mengganti selang hawa lama jika memang sudah mengalami kerusakan karena jika tidak menggantinya, maka kinerja AC akan menurun. 

Penggantinya juga harus dari bahan yang bisa diperbaharui, karena jika tidak, maka Anda akan sangat sulit menemukan jenis selang hawa yang sama ketika ingin menggantinya lagi. 

3. Gunakan Segel Berkualitas

Selang hawa pun krusial untuk menjaga integritas dalam mekanisme AC mobil. Jadi, koneksinya harus kuat dan aman agar refrigeran tidak hilang karena mengalami kebocoran. 

Biasanya, kebocoran terjadi di bagian sambungan selang dengan komponen lain. Menggunakan alat segel dan kelengkapannya secara tepat, akan sangat membantu Anda dalam merawat mekanisme AC mobil. 

Masalah yang Sering Terjadi pada Selang Hawa

Lantaran ini bukan bagian mesin utama yang mengakibatkan pengapian terlalu maju atau masalah lainnya, selang hawa punya ciri masalah tersendiri. Anda harus mengetahuinya agar punya langkah pencegahan. Masalahnya yakni: 

  • Mengalami korosi karena bahan kimia refrigeran
  • Kebocoran karena sambungan antara selang hawa dan komponen lain kurang kuat
  • Tidak maksimal karena sudah perlu penggantian

Jika Anda membutuhkan penggantian bagian selang hawa ataupun komponen lain, sebaiknya datang ke HaloBengkel

Tidak hanya servis berkala, bahkan Anda juga bisa menggunakan jasa inspeksi mobil bekas sekaligus pemberian garansi gratis atas mobil bekas. Hubungi sekarang!



Other Post

Related Post