6 Fungsi Speedometer Lengkap dengan Cara Membacanya

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Setiap kali berkendara, Anda pasti sesekali melirik speedometer untuk mengecek kecepatan. Namun, tahukah Anda? Rupanya fungsi speedometer bukan hanya untuk mengukur kecepatan mobil melaju. Panel

Setiap kali berkendara, Anda pasti sesekali melirik speedometer untuk mengecek kecepatan. Namun, tahukah Anda? Rupanya fungsi speedometer bukan hanya untuk mengukur kecepatan mobil melaju.

Panel indikator yang biasa kita sebut sebagai speedometer memberitahukan berbagai hal lain terkait kondisi mesin. Sehingga pengemudi sebaiknya mengenali dengan lengkap fungsi dan bagian-bagian speedometer. Mari simak informasi lengkapnya.

Fungsi Speedometer

Speedometer memaparkan berbagai informasi penting yang bermanfaat pengemudi, sebagai berikut:

1. Memberitahukan Kecepatan

Fungsi speedometer mobil yang pertama yaitu untuk memberi tahu informasi tingkat kecepatan mobil saat berkendara. Hal ini memungkinkan pengemudi untuk dapat mengendalikan kecepatan untuk menyesuaikan kondisi.

Fungsi ini juga bermanfaat untuk memastikan pengemudi tidak berkendara dengan kecepatan melebihi batas yang diizinkan. Penyesuaian kecepatan juga berperan penting untuk meningkatkan keamanan berkendara.

2. Memonitor Kapasitas Bahan Bakar

Speedometer juga memiliki fungsi pemantauan volume atau kapasitas bahan bakar. Fungsi ini memungkinkan pengemudi bisa mengetahui kapan sebaiknya mengisi bahan bakar.

Berkat fungsi tersebut, pengemudi juga dapat mengatur penggunaan bahan bakar secara lebih hemat.

3. Informasi tentang Posisi Gigi Transmisi

Speedometer juga berfungsi sebagai penunjuk posisi gigi transmisi. Dengan mengetahui secara pasti mobil ada pada gigi berapa, Anda bisa menyesuaikan kecepatan secara tepat.

4. Menunjukkan Kondisi Lampu

Fungsi dari speedometer selanjutnya yaitu menunjukkan kondisi lampu mobil. 

Anda dapat memonitor apakah lampu sudah menyala atau belum, termasuk lampu bagian depan dan sein. Fungsi ini juga penting untuk menunjang keamanan berkendara.

5. Sebagai Monitor Jarak Tempuh

Anda juga dapat memantau jarak tempuh kendaraan dari panel speedometer. Sebenarnya fungsi ini khusus dari bagian odometer yang terdapat pada panel tersebut. Anda bisa cek perbedaan speedometer dan odometer supaya lebih jelas.

Biasanya, informasi jarak tempuh tertera dalam satuan kilometer. Fungsi ini dapat membantu Anda terutama saat melakukan perjalanan jarak jauh.

6. Sebagai Monitor Suhu Udara

Panel speedometer juga memberikan informasi mengenai suhu udara di dalam mobil. Fungsi ini membantu Anda untuk dapat berkendara dengan lebih nyaman.

Cara Membaca Panel Speedometer

Setelah mengetahui apa fungsi speedometer, maka Anda perlu memahami bagaimana cara membaca informasi yang terdapat pada panel speedometer.

Pada umumnya, keseluruhan panel indikator dianggap sebagai speedometer. Namun, hal ini kurang tepat karena terdapat beberapa bagian yang masing-masing memiliki kegunaan spesifik.

Berikut beberapa bagian penting dari panel speedometer dan cara membacanya:

1. Jarum Penunjuk dan Angka

Jarum dan angka biasanya menjadi bagian yang pertama terlihat. Bagian inilah yang berfungsi untuk menunjukkan kecepatan laju kendaraan.

Anda bisa membaca informasi kecepatan mobil dari angka yang ditunjukkan oleh jarum. Sebagai contoh jarum speedometer menunjukkan angka 60, maka artinya mobil melaju dengan kecepatan 60 km/jam.

2. Indikator Bahan Bakar

Indikator bahan bakar tampil dengan bentuk menyerupai stasiun pengisian. Fungsi dari indikator ini adalah menampilkan volume bahan bakar yang tersedia. Indikator ini biasanya memiliki tanda berupa huruf F dan E.

Umumnya, indikator akan menyala saat bahan bakar yang tersisa hanya seperdelapan dari kapasitas penuh. Apabila hal tersebut terjadi, maka Anda sebaiknya segera mengisi bahan bakar sebelum kehabisan.

3. Indikator Temperatur Mesin

Indikator ini memiliki bentuk seperti termometer yang bulat pada bagian bawah dan memanjang ke atas dengan beberapa strip. Seperti namanya, indikator ini berfungsi memberikan peringatan apabila mesin terlalu panas atau overheat. 

Saat temperatur mesin normal, maka lampu indikator akan berwarna biru. Sedangkan saat mesin overheat, maka lampu akan menyala dengan warna merah.

4. Indikator Tekanan Oli

Logo dari indikator ini memiliki bentuk seperti teko yang meneteskan cairan. Fungsinya adalah menunjukkan ketersediaan oli dalam mesin mobil. Indikator tekanan oli akan menyala saat volume oli kurang atau sistem pelumasan bermasalah.

5. Indikator Pengisian Aki

Indikator ini memiliki simbol kotak dengan tanda plus dan minus pada dua kutub. Saat indikator menyala terus menerus, maka artinya terdapat permasalahan pada sistem kelistrikan.

Itulah pembahasan tentang fungsi speedometer dan beberapa bagian utama dari panel speedometer. Sekarang ini, sudah tersedia aplikasi speedometer yang memungkinkan Anda memantau kecepatan.

Nah, bagi Anda yang berniat membeli mobil bekas, penting untuk memastikan speedometer berfungsi normal. 

Untuk mendapatkan mobil bekas bekas berkualitas, Anda bisa mengunjungi platform jual beli terpercaya CarsGallery. Platform ini menjual berbagai merk dan tipe mobil bekas. Segera buka CarsGallery untuk mendapatkan mobil yang sesuai kebutuhan.

Other Post

Related Post