Urutan Generasi Innova dari Mesin 2KD hingga Innova Zenix!

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Kijang Innova, hadir menjadi kendaraan MPV yang banyak peminat di Indonesia. Kapasitas yang besar dan kenyamanan sering menjadikan alasan generasi Innova begitu diminati. Tak hanya

Kijang Innova, hadir menjadi kendaraan MPV yang banyak peminat di Indonesia. Kapasitas yang besar dan kenyamanan sering menjadikan alasan generasi Innova begitu diminati. 

Tak hanya Innova barong dan Innova Reborn saja yang terkenal. Tapi, sejak kemunculannya tahun 2004 lalu sampai Zenix yang terbaru, animo masyarakat akan Innova seolah tak pernah padam. 

Innova sendiri, merupakan produk dari PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia atau TMMIN dan pendistribusiannya ter-handle oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). 

Sejak awal kemunculan Innova dan semakin berkembangnya zaman, Innova juga ikut berkembang. Kini, tampilannya lebih premium, fitur beragam, dan kecanggihan teknologi adalah hal yang tersemat dalam generasi dan tipe terbarunya. 

Tapi, seperti apa kisah generasi Innova dari awal rilis hingga kini? Berikut ceritanya. 

Baca Juga: 10+ Mobil Keluarga Murah Pilihan Masyarakat Indonesia!

Sejarah Generasi Innova dari Awal Kemunculan hingga Saat Ini

Menyimak urutan tipe Innova jadi hal menarik karena Anda bisa tahu seperti apa model dan tipe awal Innova yang hadir di Indonesia dan berkembang hingga saat ini. Ini sejarahnya: 

1. Kijang Innova (Tahun 2004 – 2008)

Sering juga dapat sebutan sebagai generasi pertama, Innova menjadi pengganti dari Kijang yang mungkin sudah ketinggalan zaman. 

Desain dari yang awalnya Kijang Kapsul memang berubah total. Bodynya jadi lebih membulat serta tambahan lampu yang jauh lebih modern. 

Awalnya, Kijang hanya menggunakan lampu berbentuk kotak, tapi pada Kijang Innova generasi pertama ini, bentuknya sudah lebih modern. 

Dari segi performa, Kijang Innova yang jadi generasi pertama memakai mesin 1TR-FE dan berbahan bakar bensin. 

Kemudian, dari segi kapasitas 2.000 cc yang bisa mengeluarkan tenaga sekitar 134 hp. 

Selain mesin berkapasitas 2.000 cc, masih ada juga varian turbo dengan kapasita 2.500 cc yang punya kode mesin 2KD-FTV 4 silinder DOHC. 

Pada 2004 ini, awalnya hanya tersedia tiga tipe yakni E,G, dan V. Ada transmisi manual di semua tipe dan juga ada tipe otomatis terutama tipe G. 

Pada tipe E dan G, Innova masih menggunakan setir dari Kijang Kapsul facelift yang kedua dan Vios generasi pertama. 

Tapi, untuk tipe V menggunakan setir Alphard generasi pertama. 

Tahun 2005, Varian Teratas Rilis

Tepat di Januari 2005, TAM merilis varian tertinggi dari generasi pertama, yakni bermesin 2.7 V. Banyak orang Indonesia mengenalnya sebagai Kijang Arab. 

Dari mesin, menggunakan kapasitas 2.700 cc bensin yang juga sudah ada transmisi otomatis. 

Menariknya, pada sejarah Innova Reborn versi ini sudah terdapat perlindungan maksimal dan fitur keselamatan seperti ABS, Dual SRS Airbags, dan juga captain seats untuk baris keduanya. 

Tahun 2007, Kijang Innova Arab Pensiun

Hanya berlangsung selama dua tahun, generasi Innova yang pertama ini harus pensiun karena rendahnya minat masyarakat. Utamanya faktor harga yang cukup tinggi. 

Namun, akhirnya pada 2007 Kijang Innova dapat update mesin memakai catalytic converter serta sistem injeksi dengan putaran tertutup. 

Akhirnya, Kijang Innova bisa memenuhi standar emisi yang ketika itu diterapkan, yakni Euro 2. 

Dari segi modelnya juga menarik karena ada grill depan bermodel mesh, mendapatkan AC di baris kedua dan ketiga pada tipe E, dan tambahan ABS untuk tipe V. 

Tahun 2008, Innova Mengalami Facelift

Tepat 26 Agustus 2008, Innova mengalami facelift yang memberi perubahan di bagian grille juga bumper depan-belakang. Selain itu, desain dari peleknya juga berubah. 

Begitu juga dengan warna dari interiornya yang menggunakan skema beige dan grey. 

Kemudian, Toyota juga menyematkan fitur Audio Steering Switch serta AC Otomatis. Tambahan lain pada 2008 adalah side-door impact beams. 

Tahun 2009, Rilis Varian Luxury

Toyota, di tahun 2009 untuk Innova ini juga merilis varian Luxury dari Innova tipe G dan V. Setelah itu, Toyota langsung merilis tipe 2.0 J yang menjadi varian paling bawah untuk tipe mesin bensin. 

Lanjut tahun 2010, Toyota merilis Innova tipe E dan transmisinya otomatis. Tambahan menarik lain ada dari segi velg alloy pada tipe G. 

Tahun 2011, Kelahiran Grand New Kijang Innova

generasi innova

Sepertinya, tahun 2011 menjadi salah satu tonggak yang cukup perlu Anda ketahui dari mobil Innova. 

Pasalnya, di tahun tersebut Toyota merilis Grand New Kijang Innova yang merupakan facelift dari versi sebelumnya. 

Perubahannya cukup banyak karena mengubah desain kap mesin, lampu utama dan belakang, fender depan, dan juga grill depan. 

Selain itu, generasi Innova facelift kedua kalinya ini, membuat tipe J terlengkapi dengan head unit double DIN dan 4 speaker, AC-nya sudah double blower, velg kaleng 14 inch, dan wiper belakang serta intermittent. 

Tahun 2013, Innova ‘Barong’ Hadir ke Pasaran

Pada generasi pertama ini, Innova memang melakukan beberapa kali facelift dan yang terakhir adalah munculnya Innova Barong. 

Di Innova Barong ini, Toyota mengubah desain grill depan yang besar, redesain bagian bumper depan, dan garnish pintu bagian belakang yang baru. 

Dalam perubahan ini pula, seluruh varian Kijang Innova tersemat Seatbelt dan Dual SRS Airbags. 

Terakhir sekali, yakni 2014 yang membuat tampilan Innova lagi-lagi berubah dengan redesain velg alloy motif dual-tone. Utamanya pada tipe G, V, dan juga Luxury. 

Baca Juga: 15 Daftar Mobil 3 Baris 50 Jutaan, Cocok untuk Keluarga!

2. Innova Generasi Kedua (Reborn)

Kali ini, Innova dapat sambutan baik dari masyarakat Indonesia. Pasalnya, kali ini menjadi generasi Innova diesel Gen I yang menandakan penggunaan mesin diesel pertama. 

Dalam generasi kedua, Innova berubah sebanyak dua kali dengan Diesel Gen I dan Gen II-nya. 

Dari segi dapur pacu, sudah 2.500 cc dan pakai common rail yang sudah modern. Tenaganya bisa membuat Innova melaju dengan 103,4 PS. Ada matic dan ada juga manual. 

Mesin Kijang Innova Diesel Gen II

Selanjutnya, generasi Innova lanjut ke Gen II yakni tepat pada 2015 untuk perubahan mesin yang lebih baik. Ketangguhan dari diesel plus teknologinya, membuat MPV satu ini sering jadi pilihan terbaik untuk masyarakat Indonesia. 

MPV ini punya sasis ladder frame yang memiliki mesin dengan teknologi variable nozzle turbocharger. Sering juga dapat singkatan VNT. 

Menariknya, kode mesinnya juga berubah karena pada Innova generasi kedua ini sudah menggunakan kode 2GD-FTV–sebelumnya kode 2KD untuk generasi pertama–yang membuatnya mengalami peningkatan tenaga signifikan sampai 149 PS. 

3. Innova Reborn

Sebenarnya, sudah muncul tahun 2016 yang merupakan generasi Innova kedua. Tapi, saking menariknya kami akan membahasnya di part yang berbeda. 

Setelah paling tidak 9 tahun, Innova memperoleh perubahan total baik interior dan eksteriornya. 

Pada bagian eksterior, lampunya memakai desain yang mengotak dan lekukan tajam. Selain itu, juga menggunakan LED Projector pada tipe Q. 

Varian lainnya ada tipe G dan V, tapi masih memakai lampu halogen multireflektor yang biasa. 

Menarik memang pada tipe Q karena memperoleh lis krom sebagai pemanis untuk gril dan bagian gagang pintu, side body moulding, cover spion, dan garnish belakang yang berwarna krom. Ada juga penambahan rear diffuser pada tipe Q. 

Memang, yang menjadi perubahan utama dan besar-besaran adalah eksteriornya. Perubahan kali ini memang yang menjadikan Innova begitu modern. 

Velg-nya pakai warna silver 16 Inch pada tipe G dan V, sedangkan tipe Q velgnya lebih besar karena ukuran 17 inch yang modelnya palang 5 baru. 

Dari segi bagian mesin, Anda bisa memilih 1TR-FE 4 Silinder DOHC Dual VVTi 2.000 cc atau bisa juga tetap diesel 2GD-FTV 4 silinder DOHC turbocharger VNT. 

4. Innova Venturer (Tahun 2017) 

generasi innova

Kemudian, setelah munculnya generasi Innova Reborn, Toyota kembali menghadirkan model baru dengan nama Kijang Innova Venturer. 

Pada versi ini, ada tambahan aksesori yakni side skirt, body kit bumper belakang-depan, velg tipe Q warna hitam. 

Memang, jika melihat perbedaannya tak begitu kentara karena perubahannya hanya dari segi aksesori.

Selain itu, generasi Innova satu ini juga tampak lebih mewah karena tambahan aksesori tersebut daripada versi standarnya. 

Dari segi mesin, Anda bisa memperoleh dua varian yakni 2.400 cc untuk diesel turbo dan 2.000 cc untuk versi mesin. 

Keduanya, masih menggunakan mesin yang sama dengan dapur pacu Innova Reborn. 

Baca Juga: 10 Daftar Mobil Bekas 30 Jutaan yang Bagus

5. Toyota Innova Zenix (2022)

Generasi Innova terakhir dan yang paling baru adalah Innova Zenix. Memang cukup signifikan perubahannya karena membawa banyak pembaruan besar terutama teknologi dan mesin. 

Anda bisa memilih varian bensin dan juga hybrid. Melihatnya dari segi eksterior, maka Anda bisa  tahu perbedaannya karena Zenix mengadopsi body crossover. 

Adanya side body moulding, velg besar, dan rocker body mouldingnya membuat Innova Zenix jadi tampil lebih gagah. 

Pada interior, membuatnya tampil mewah karena lapisan kulit sintetisnya. Mobil ini pun disertai MID 7 Inch untuk Hybrid dan 4×2 inch untuk yang bermesin bensin. 

Dari segi setir, tentu sudah ada penyematan teknologi baru Innova yakni Toyota Safety Sense (TSS) yang membuatnya jauh lebih aman untuk Anda kendarai. 

Ingin yang lebih lengkap? Anda bisa memilih Innova Zenix Hybrid untuk dapat display dan juga cruise control. Terutama pada tipe Q. 

Memang, tipe tertingginya adalah Innova Zenix 2.0 Q HV CVT TSS. Tipe satu ini mengkombinasikan antara kinerja yang tangguh serta kecanggihan dari teknologi hybrid. 

Bersama mesin 1.987 cc-nya, Zenix bisa membuat penggunaan bahan bakar menjadi lebih efisien. 

Selain itu, Anda pun bisa menikmati performa yang begitu responsif, sudah transmisi otomatis Continuously Variable Transmission (CVT) yang membuat perpindahan gigi lebih halus, mulus, juga responsif. 

Mengapa Innova Selalu Jadi Pilihan Mobil Keluarga di Indonesia? 

Dari berbagai generasi Innova yang ada, hampir semuanya dapat respon yang baik dari masyarakat. Tapi, apa alasannya? 

  • Irit bahan bakar karena bisa menempuh 11,6 km per liternya. 
  • Berbagai varian mesin yang tangguh mulai dari 2KD, 2GD, dan 1TR yang cocok untuk kontur jalanan Indonesia. 
  • Suspensi nyaman. 
  • Muat banyak orang karena kabin luas. 
  • Harga bekas yang stabil.

Mau Dapat Innova Bekas dengan Harga Terjangkau? Ini Solusinya!

Innova memang terkenal atas kenyamanannya. Jika Anda tertarik untuk beli, kami sarankan beli mobil bekas Innova yang masih berkualitas. 

Sebaiknya, kunjungi CarsGallery untuk mendapatkan Innova yang kondisinya masih prima dan bebas masalah besar. Cek CarsGallery untuk tahu unitnya!

FAQ

Innova gen 2 tahun berapa? 

Mobil Innova generasi kedua merentang sepanjang tahun 2008 sampai tahun 2013. 

Innova 2KD terakhir tahun berapa? 

Awalnya tahun 2004 dan terakhir Innova menggunakan mesin 2KD adalah tahun 2015 sebelum generasi kedua muncul. 

Tipe Kijang Innova apa saja? 

Melihatnya dari segi tipe, selama ini ada tiga tipe yang terkenal yakni G, V, dan Q.



Other Post

Related Post