Honda Freed Vs Toyota Sienta, Mana Model yang Cocok Dipilih?

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Meskipun sudah tidak diproduksi lagi, masih banyak yang mengkomparasikan Honda Freed vs Toyota Sienta. Mobil kelas MPV yang tergolong premium ini memiliki pasar tersendiri di

Meskipun sudah tidak diproduksi lagi, masih banyak yang mengkomparasikan Honda Freed vs Toyota Sienta. Mobil kelas MPV yang tergolong premium ini memiliki pasar tersendiri di Indonesia. 

Keunikan keduanya ada pada tipe pintu sliding door yang ada di varian tengah dan juga tinggi. Penggunaan sliding door membuat mobil tampak lebih mewah dibandingkan MPV lain di kelasnya. 

Seperti apa perbandingannya dan manakah yang sebaiknya Anda pilih? Simak komparasinya hingga akhir. 

Komparasi Honda Freed Vs Toyota Sienta

Honda Freed rilis dari tahun 2009 hingga 2016, sedangkan Toyota Sienta rilis setelahnya, yaitu tahun 2016 dan berhenti di tahun 2023. Keduanya memiliki banyak hal menarik untuk dibandingkan, seperti:

1. Dimensi Mobil dan Sliding Door 

Dua jenis mobil MPV ini memiliki tampilan yang stylish dan juga boxy. Bahkan untuk Honda Freed yang sudah tidak diproduksi cukup lama, tampilannya tetap terlihat modern. 

Dimensi keduanya hanya berbeda sedikit. Freed memiliki dimensi 4.215 mm x 1.700 mm x 1.740 mm. Sedangkan Toyota Sienta memiliki dimensi 4.235 mm x 1.695 mm x 1.695 mm. 

Penggunaan sliding door hanya ada pada varian tengah, yaitu Honda Freed S memiliki sliding door di sebelah kiri dan Freed E di kedua sisinya. 

Sliding door Sienta ada pada tipe G di sebelah sisi kiri dan varian Sienta V serta Q di kedua kanan dan kiri mobil. 

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Honda Brio, Wajib Tahu Sebelum Beli

2. Interior dengan Captain Seat 

Perbandingan Honda Freed dan Toyota Sienta yang paling kentara adalah pada bagian interiornya. Freed menawarkan kabin luas di bagian deretan kursi depan karena tuas transmisi yang ada di dashboard. 

Toyota Sienta masih mengacu pada model konvensional, di mana tuas transmisi berada di antara jok depan. Perbedaan ini cukup signifikan karena membuat kabin lebih luas. 

Pada bagian model jok, Freed sudah menerapkan desain captain seat yang membuatnya tampak lebih mahal. Kelebihan ini tentu saja akan membuat kenyamanan bagi penumpang saat perjalanan jarak jauh. 

Di sisi lain, Sienta menerapkan captain seat hanya pada varian Welcab yang rilis tahun 2020. Ada perbedaan yang menarik, captain seat Sienta dapat bergerak ke arah luar pintu mobil yang menjadikannya ramah lansia. 

3. Fitur Hiburan 

honda freed vs toyota sienta

Tidak banyak perbedaan antara Honda Freed vs Sienta di fitur ini. Keduanya sama-sama menggunakan head unit single DIN dan double DIN. 

Bedanya, hanya Freed E saja yang sudah memiliki head unit dengan layar sentuh ukuran 6,1 inci. Sienta yang rilis di tahun yang lebih maju, sudah menggunakan head unit layar sentuh untuk varian G, V dan juga Q. 

Jadi, jika Anda ingin mempertimbangkan fitur hiburan pada Honda Freed, pilihlah varian yang paling tinggi. 

Baca juga: Spesifikasi, Harga, dan Review CR-V Generasi 2 Lengkap

4. Kualitas Mesin dan Penggunaan BBM 

Komparasi Honda Freed vs Toyota Sienta paling mudah terlihat dari segi mesin. Keduanya sudah menggunakan mesin dengan kapasitas 1.500 cc, hanya saja jenis mesinnya berbeda. 

Honda Freed dibekali dengan mesin i-VTEC yang mirip dengan Honda Jazz GE8. Mesinnya mampu menumpahkan tenaga puncak 116,3 hp di torsi maksimal 146 Nm. Artinya, jika adu kekuatan Freed jauh lebih unggul. 

Pasalnya, Sienta hanya menggunakan mesin 2NR-FE yang baru bisa mengeluarkan tenaga puncak 105,5 hp di torsi maksimal 140 Nm. 

Mesin boleh kuat, tapi Freed membutuhkan banyak BBM untuk bisa mengeluarkan tenaga tinggi. Sedangkan Sienta terkenal lebih irit menyesuaikan dengan daya yang dikeluarkan. 

Apabila Anda ingin mobil yang lebih hemat bahan bakar, maka Toyota Sienta adalah jawabannya. 

5. Kaki-kaki Mobil 

Tidak hanya mesin, Anda juga harus membandingkan Toyota Sienta vs Honda Freed dari segi kaki-kakinya. Mengingat kebanyakan penyakit mobil bekas adalah pada bagian kaki-kaki. 

Honda Freed yang rilis lebih awal justru memiliki kaki-kaki yang lebih bandel. Sebagian besar penggunanya tidak perlu khawatir soal perawatan kaki-kaki mobil bahkan setelah berusia lebih dari 6 tahunan. 

Beberapa perbaikan dan perawatan yang diperlukan sebagian besar hanyalah mengganti bushing. Toyota Sienta justru sebaliknya, cukup banyak kasus kaki-kaki yang mengalami kerusakan di beberapa bagian sehingga perlu penggantian. 

Apabila Anda masih tertarik dengan Toyota Sienta, maka persiapkan biaya yang lebih besar untuk merawat kaki-kaki mobil. 

6. Kelengkapan Fitur Keamanan 

Banyak teknologi yang bisa meningkatkan keamanan pengguna saat berkendara, seperti ABS, VSC, EBD hingga BA. Pada kedua mobil sudah mengadopsi semua fitur keamanan tersebut, tetapi Toyota Sienta memiliki banyak tambahan. 

Mulai dari tambahan knee airbags, rem cakram, hill start assist control, vehicle stability control hingga automatic headlamp leveling. Kelengkapan fitur keamanan ini akan membuat Anda merasa aman selama berkendara. 

Toyota Sienta juga sudah menggunakan start stop engine button serta pengaturan audio di bagian setir. Jadi, Anda bisa lebih bebas untuk mengatur fitur hiburan di dalam mobil tanpa bergantung pada head unit. 

Baca juga: Pilih Avanza Bekas atau Ertiga Bekas? Ini 6 Pertimbangannya!

7. Harga Bekas  

Membandingkan Toyota Sienta vs Honda Freed Indonesia tidak lengkap tanpa mengetahui harganya. Soal harga tentu akan kembali lagi menyesuaikan dengan kondisi masing-masing mobil. 

Namun, untuk harga pasaran bekas Toyota Sienta saat ini sekitar Rp138 juta untuk keluaran tahun 2016. Sedangkan Honda Freed masih cukup tinggi yaitu Rp160 jutaan. 

Mengenali Honda Freed vs Toyota Sienta, manakah mobil yang akan Anda pilih sekarang? 

Jika sudah menentukan pilihan, langsung saja cek ketersediaan mobilnya di CarsGallery.co.id

Ada banyak Honda Freed maupun Toyota Sienta yang bisa Anda peroleh dengan harga bervariasi. Kualitas mobil juga terjamin karena CarsGallery telah mengecek kondisi mesin, kelengkapan dokumen hingga body mobil. 

CarsGallery juga menyediakan garansi untuk mobil yang Anda beli nantinya. Jadi, tunggu apalagi? Anda bisa cek langsung mobilnya di CarsGallery sekarang. 



Other Post

Related Post