Jangka Waktu Service Mobil Ideal, Berapa Bulan Sekali? 

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Ada yang bilang setiap 5.000 km sekali, tapi ada juga yang ngomong servis mobil harus setiap 10.000 km sekali. Hal ini tentu bikin Anda pusing

Ada yang bilang setiap 5.000 km sekali, tapi ada juga yang ngomong servis mobil harus setiap 10.000 km sekali. Hal ini tentu bikin Anda pusing soal bagaimana jadwal ideal jangka waktu service mobil

Kebingungan mengenai jadwal service rutin mobil ini umumnya akan dirasakan biasanya oleh pemilik mobil baru. 

Saat mereka datang ke bengkel resmi, maka mekaniknya akan menyarankan setiap 3 – 4 bulan sekali atau setiap 5.000 km. Tapi, di buku panduannya justru berbeda.

Jadi, Jangka Waktu Service Mobil yang Tepat Itu Bagaimana? 

Ada dua sumber utama yang menjadikan ukuran servis ini bisa beda-beda. Pertama adalah dari segi buku panduan yang akan Anda peroleh tatkala membeli unit mobil baru. 

Sedangkan untuk sumber kedua adalah dari bengkel resmi yang menyarankan untuk servis rutin setiap 3 – 4 bulan sekali. Jika melihatnya dari segi jarak tempuh, maka sekitar 5.000 km dan kelipatannya. 

Hal ini pastinya bikin bertanya-tanya karena ada perbedaan pendapat dari jadwal servis masing-masing. Jadi, mana yang benar? 

Kami telah melakukan riset yang menunjukkan jika service berkala mobil itu bisa dilakukan setidaknya setiap 10.000 km atau setiap enam bulan jika penggunaan mobil secara normal. 

Mengapa memutuskan menjawab ini? Pertama, ada Kepala Bengkel Auto 2000 yang mengatakan itu adalah jangka waktu service mobil paling ideal. 

Selanjutnya, ada uraian dari Kumparan yang mewawancara seorang After Sales Coordinator dari Suzuki mengatakan jika perawatan berkala bisa setiap 6 bulan sekali atau setiap 10 ribu kilometer dan kelipatannya. 

Jadi, waktu paling ideal jika Anda ingin menyervis rutin kendaraan adalah setiap enam bulan sekali dengan penggunaan yang normal. 

Harus Service Setiap 5.000 KM jika Begini Kondisinya

Sudah jadi rahasia umum jika setiap pengendara itu punya preferensi penggunaan mobil masing-masing. 

Ada yang menggunakannya setiap hari untuk pulang-pergi kantor, banyak yang memarkir mobil selama 5 hari dan weekend baru mereka pakai, dan ada juga yang setiap hari harus berkecimpung dalam kemacetan yang tak terurai. 

Setiap kondisi ini akan mempengaruhi jadwal service masing-masing. Jika Anda adalah pengguna mobil untuk pulang-pergi kantor tanpa kemacetan berarti, maka service 6 bulan sekali adalah paling ideal. 

Tapi, jika Anda adalah pengguna mobil yang selalu saja menghadapi frekuensi kemacetan yang lebih tinggi, maka itu termasuk intensitas penggunaan mobil yang tinggi pula. Jadi, harus setiap 5.000 km sekali untuk dapat pengecekan. 

Tidak masalah sebenarnya jika melakukan perawatan setiap 3-4 bulan/5.000 kilometer dan juga kelipatannya. Pasalnya, aturan service mobil baru semacam ini berguna untuk memahami kondisi dari mobil Anda. 

Pastinya Anda setuju, tidak ada salahnya bukan jika ingin memastikan kondisi mobil tetap prima? 

Apakah Lebih Sering Service akan Lebih Baik? 

jangka waktu service mobil

Sepertinya, tidak juga. Service bisa Anda lakukan hanya ketika ingin mengecek kondisi dan juga memperbaiki masalah yang terjadi pada mobil. 

Lebih sering service justru akan membuat Anda menyia-nyiakan banyak waktu dan bahkan uang.

Jika memang tidak ada masalah pada mobil dan saat mengeceknya justru aman-aman saja, maka apa gunanya mengganti komponen dan bagian lainnya? 

Berapa biaya service mobil itu masih tergantung pada apa saja yang ingin Anda service ataupun komponen yang perlu Anda ganti. Saat tidak ada bagian bermasalah, mengapa harus susah-susah mengeluarkan uang untuknya? 

Jadi, saran kami cukup lakukan service sesuai dengan buku panduan atau juga saran dari bengkel yang sudah melakukan pengecekan pada seluruh bagian mobil Anda.

Bagian-Bagian Mobil yang Wajib Anda Periksa Saat Service Rutin

Setiap service rutin, pastinya akan memperhatikan beberapa bagian. Dalam jangka waktu service mobil yang paling ideal ini, bagian-bagian berikut yang akan dapat perawatan dan pemeriksaan: 

  • Oli mesin dan filter
  • Filter AC 
  • Filter udara
  • Busi
  • Oli gardan
  • Oli transmisi
  • Cairan pendingin mesin
  • Volume air aki
  • Minyak untuk power steering

Mengapa Harus Repot Mematuhi Jangka Waktu Service Mobil Berkala? 

Datang ke bengkel di interval waktu tertentu memang cukup merepotkan. Tapi sebenarnya, apa tujuan dari kerepotan datang ke bengkel untuk service rutin ini? 

1. Menjaga Komponen Mobil Tetap Berkinerja Optimal

Pertama adalah menjadi upaya untuk menjaga komponen dalam mobil masih tetap dalam kinerja terbaiknya. 

Mesin masih bagus, oli cukup, bagian ban masih punya traksi yang baik, power steering normal, dan semuanya. 

Kemudian, semua hal ini akan berguna bagi Anda karena sangat mempengaruhi kenyamanan ketika Anda mengendarai mobil. Tanpa perawatan, Anda mungkin merasakan pengalaman naik gerobak alih-alih naik mobil. 

2. Irit Bahan Bakar

Sudah pasti, jenis service mobil dan biayanya yang bervariasi itu bakal mempengaruhi tingkat efisiensi pemakaian bahan bakar. 

Kalau pembakaran bagus, karburator aman, sistem injeksi tak ada masalah, maka Anda bisa menikmati mobil yang lebih irit dari segi bahan bakar. 

Selain itu, manfaatnya adalah mampu mencegah terjadinya masalah serius di kemudian hari pada mobil, harga jualnya bagus, dan jauh lebih aman ketika Anda mengendarainya. 

Butuh Mobil Bekas? CarsGallery Siap Mewujudkannya!

Kebutuhan akan mobil bekas berkualitas, sampai sekarang masih sangat tinggi. Maka, atas alasan inilah hadir CarsGallery. 

CarsGallery merupakan platform jual beli mobil bekas berkualitas yang akan memastikan setiap pelanggan dapat unit mobil bekas terbaik dan lolos uji inspeksi. 

Sudah memperoleh inspeksi komprehensif, CarsGallery memastikan siapa saja bisa memperoleh mobil bekas idaman tanpa khawatir soal kondisinya.



Other Post

Related Post