Jarum Speedometer pada Sebuah Mobil Menunjukkan Angka 60 Berarti

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Saat sedang mengendarai mobil, Anda pasti pernah menemukan posisi speedometer berada di angka 60. Sebenarnya, jika jarum speedometer pada sebuah mobil menunjukkan angka 60 berarti

Saat sedang mengendarai mobil, Anda pasti pernah menemukan posisi speedometer berada di angka 60. Sebenarnya, jika jarum speedometer pada sebuah mobil menunjukkan angka 60 berarti apa, ya? 

Sebagai pengemudi, mengetahui maksud jarum penunjuk pada speedometer merupakan hal yang penting. Terlebih lagi jika sedang mengendarai mobil di kota-kota besar. 

Tujuannya adalah untuk menyesuaikan kecepatan dengan laju yang sesuai ketetapan jalan. 

Apalagi, tiap jalan bisa saja mempunyai ketetapan kecepatan yang berbeda. Berikut adalah ulasan seputar jarum speedometer pada sebuah mobil menunjukkan angka 60 berarti dan beberapa pembahasan lainnya.

Pengertian Speedometer

Namun, sebelum mengulas arti jarum speedometer pada sebuah mobil menunjukkan angka 60, Anda perlu tahu dulu pengertian speedometer, kemudian besaran kecepatan yang digunakan, serta fungsinya. 

Berdasarkan Wikipedia, speedometer merupakan alat pengukur kecepatan kendaraan pada kendaraan-kendaraan di darat. Ia termasuk salah satu perlengkapan standar tiap kendaraan.

Sehingga, nyaris semua kendaraan di darat pasti sudah dilengkapi dengan speedometer. Pada speedometer, terdapat beberapa indikator yang akan memberikan informasi seputar kondisi mesin. 

Baik ketika sedang melaju atau saat sedang berhenti. Menariknya, saat ini sudah tersedia banyak berbagai jenis speedometer. Bahkan, ada yang berbentuk aplikasi speedometer

Semuanya mempunyai fungsi yang sama. Namun, jenis yang umum dan banyak kita temui adalah speedometer yang sudah menyatu langsung dengan interior mobil. Kalau speedometer mobil sport, biasanya didesain terpisah dengan interior mobil.

Menariknya, speedometer yang terpisah biasanya berisi informasi yang lebih kompleks daripada speedometer yang menyatu dengan interior.

Adapun fungsi speedometer sendiri ialah untuk mengukur seberapa cepat laju kendaraan. Ia akan menampilkan jarak tempuh mobil yang Anda kendarai di dalam kecepatan tertentu. 

Di Indonesia, kita menggunakan satuan kilometer. Sementara di beberapa negara yang lain, ada juga yang menggunakan mil per jam. 

Perbedaan Speedometer dan Odometer

Sebagai pengendara mobil, ada beberapa istilah yang mesti Anda pahami. Adapun beberapa istilah yang tergolong familiar adalah speedometer dan odometer. Kedua istilah ini mungkin sering Anda dengar. 

Lantas, apa perbedaan speedometer dan odometer? Jadi, jika speedometer merupakan alat yang berguna untuk mengukur kecepatan sebuah mobil atau kendaraan, maka odometer adalah alat untuk mengukur jarak tempuh kendaraan.

Jarum Speedometer pada Sebuah Mobil Menunjukkan Angka 60 Berarti

Di dalam speedometer, Anda akan menemukan beberapa bagian speedometer. Mulai dari jarum penunjuk dan angka, roda penggerak jarum, sistem kabel, cover atau kaca speedometer, hingga dudukan speedometer.

Semua bagian-bagian tersebut memiliki peran yang penting. Apabila jarum speedometer pada sebuah mobil menunjukkan angka 60 berarti mobil tersebut sedang melaju di kecepatan 60 dalam satuan kilometer per jam.

Speedometer menginformasikan kepada Anda, seberapa cepat mobil tersebut bergerak. Perlu diketahui, bahwasanya tiap kendaraan mempunyai batas kecepatan tertentu. Anda mesti melaju mengikuti batas yang sudah ada, ya.

Beli Mobil Aman dan Nyaman di Sini!

Kenyamanan dan keamanan selama berkendara merupakan bagian penting yang harus diperhatikan. Jika merasa mobil Anda sudah kurang aman dan nyaman, beli saja mobil bekas di CarsGallery

Tidak perlu khawatir, lantaran Anda mempunyai kesempatan untuk mendapatkan mobil bekas dengan kualitas yang terbaik. Hal ini karena mobil-mobil kami sudah dicek lebih dulu oleh inspektor berpengalaman dan bersertifikat. 

Sehingga, terjamin kualitasnya. Banyak pilihan mobilnya juga. Tunggu apalagi, segera dapatkan mobil bekas berkualitas di CarsGallery sekarang!



Other Post

Related Post