4 Tips Atasi Kaca Mobil Buram Saat Hujan Paling Ampuh

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Kaca yang buram saat terkena hujan bukan hanya menyebalkan, tapi bisa membahayakan Anda. Jika mengalaminya, maka tips untuk mengatasi kaca mobil buram saat hujan di

Kaca yang buram saat terkena hujan bukan hanya menyebalkan, tapi bisa membahayakan Anda. Jika mengalaminya, maka tips untuk mengatasi kaca mobil buram saat hujan di sini harus segera Anda lakukan. 

Tak jarang, ada pengendara yang mengalami kecelakaan terutama ketika cuaca sedang buruk. Saat hujan, risiko kaca mobil buram dan mengurangi visibilitas tentu akan meningkatkan risiko kecelakaan di jalanan. 

Namun, untungnya masih ada banyak cara mengatasi kaca mobil buram saat hujan untuk menghindari kejadian yang tak diinginkan ketika dalam perjalanan. 

Baca Juga: Penyebab Kaca Mobil Berembun Saat Hujan

Tips Atasi Kaca Mobil Buram Saat Hujan

Anda bisa menghilangkan buram saat berada dalam mobil secara langsung, atau melakukan tahapan preventif demi keamanan selama musim penghujan. Berikut tipsnya: 

1. Nyalakan AC atau Defogger

Pemakaian AC dalam kabin bisa mengakibatkan embun di kaca. Tapi, itu juga yang jadi solusi untuk menghilangkan embun atau buram pada kaca. 

Embun dan buram yang muncul terjadi karena proses kondensasi. Hal ini wajar terjadi jika tingkat kelembaban udaranya memang tinggi. 

Munculnya embun bisa berawal dari perbedaan antara suhu luar dan suhu di dalam kabin. Bahkan suhu napas dari Anda di dalam kabin juga bisa memunculkan uap. 

Saat embun sudah muncul, maka solusi terbaiknya tinggal atur suhu AC untuk lebih rendah. 

Tugas Anda, hanya perlu menyesuaikan suhu di dalam mobil dengan di luar mobil. Dengan ini, maka kaca mobil ngeblur bisa segera Anda atasi. 

Jika memang belum berhasil, gunakan juga defogger. Biasanya, fitur ini tersedia buat kaca depan yang bentuknya hembusan udara hangat. 

Di bagian belakang juga ada, bentuknya seperti garis-garis kawat tipis. Fitur tersebut punya fungsi utama sebagai kondensator dari panas. 

Baca Juga: Apa Benar Kaca Film Bisa Mengurangi Beban Pada AC Mobil?

2. Ganti Wiper

Pernah mengalami kaca mobil buram saat di wiper? Bisa jadi, masalah utamanya bukan pada kaca, defogger, maupun  AC mobil. Tapi, pada bagian wiper mobil Anda. 

Apalagi, jarang yang sadar kalau usia pakai karet wiper itu cuma 6 bulan saja. Jadi, masuk akal kalau karetnya rusak dan kaca mobil jadi buram ketika Anda menggunakannya. 

Usia yang singkat bisa terjadi karena banyak hal, termasuk karena sering kena matahari. 

Saat karet wipernya rusak, maka ketika proses pembersihan kaca mungkin tak maksimal dan justru bikin buram. 

Jika ingin yang terjadi, maka langkah terbaiknya tinggal ganti wiper saja. 

3. Lapisi Kaca dengan Cairan Anti-Kabut 

Sekarang ini, metode mengatasi kaca buram saat hujan sudah sangat mudah. Salah satu caranya bisa dengan memakai cairan pelapis pada permukaan kaca. 

Anda bisa menemukan cukup banyak produk cairan anti-kabut. Jika memang tidak ada, masih terdapat opsi penolak air. 

Setelah memasangkannya pada kaca, maka efeknya seperti air di daun talas. Tidak basah dan air akan bergulir begitu saja. 

Harga produknya juga relatif murah. Anda mungkin tidak akan mengeluarkan lebih dari Rp200 ribu per botolnya. Ini adalah metode termudah yang bisa dilakukan. 

Baca Juga: Siapkan Ini Di Mobil Saat Musim Hujan

4. Poles Kaca

Mau tips atasi kaca mobil buram saat hujan yang sedikit rumit tapi hasilnya tahan lama? Poles Kaca jawabannya! Buram itu, bukan terjadi hanya karena air hujan saja. 

Tapi, salah satu penyebab yang paling utama adalah jamur dan waterspot. Awalnya mungkin cuma nampak sebagai noda air yang sudah kering. 

Setelah cukup lama, noda kering yang Anda anggap sepele tersebut bisa menimbulkan jamur. 

Parahnya lagi, noda-noda tersebut bisa nampak menghalangi terutama ketika sudah terkena air hujan. Wiper baru dan bahkan cairan pelapis, mungkin tetap tak bisa mengatasinya. 

Nah, solusi terbaiknya bagaimana? Tentu Glass Scrub atau atau Poles Kaca. Nantinya, Anda juga dapat meminta untuk memberikan pelapis kaca khusus atau coating. 

Utamanya untuk coating nano yang terbukti super-ampuh melindungi kaca dari buram. 

Terlanjur Buram dan Tak Bisa Lanjut Mengemudi Saat Hujan? Ada Solusinya!

Kini, Anda sudah tak perlu risau jika memang masalah kaca buram bikin takut melanjutkan perjalanan. 

Ada HaloBengkel Protection yang siap untuk melindungi Anda dari potensi dan risiko yang tak diinginkan.

Mobil mogok saat hujan, mesin mati ketika jalanan banjir, hingga takut mengemudi karena cuaca buruk, semuanya dapat kami bantu! Hubungi sekarang.

Other Post

Related Post