Intip 4 Kelebihan dan Kekurangan City Car Sebelum Beli

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

City car umumnya banyak menarik pecinta otomotif kalangan muda berkat desain kekinian, ukuran lebih compact, dan performa gesit. Terdapat berbagai kelebihan city car yang mungkin

City car umumnya banyak menarik pecinta otomotif kalangan muda berkat desain kekinian, ukuran lebih compact, dan performa gesit. Terdapat berbagai kelebihan city car yang mungkin menarik hati konsumen.

Memang, hampir semua produsen mobil memproduksi produk jenis ini. Pasalnya, city car memang cocok untuk lingkungan perkotaan, terutama saat menghadapi kemacetan lalu lintas.

Artikel ini akan membahas kelebihan dan kekurangan dari city car yang harus Anda ketahui. Bagi Anda yang tertarik untuk membelinya, mari pahami beberapa kelebihan dan kekurangannya sebagai pertimbangan.

Pengertian City Car

Terlihat dari namanya, city car memang diperuntukkan untuk penggunaan jalan perkotaan. Secara fisik, mobil jenis ini memiliki mesin dan dimensi yang sudah disesuaikan dengan tujuan tersebut.

Berdasarkan definisi tersebut, banyak konsumen menggunakan city car untuk pemakaian di perkotaan, terutama pada jalanan perkotaan yang padat. Tentunya, ukurannya lebih compact daripada SUV atau jenis mobil keluarga lainnya.

Banyak orang menyamakan city car dengan hatchback karena kemiripannya. Akan tetapi, terdapat beberapa perbedaan secara mendetail antara keduanya berdasarkan dimensi, mesin, interior dan fitur.

Contoh city car terbaik di antaranya Toyota Yaris, Honda Brio, Daihatsu Sirion, Suzuki Swift, Hyundai i20, dan Renault Kwid.

Kelebihan City Car

Selanjutnya, mari bahas apa saja keunggulan dari city car yang menjadi perhatian bagi kalangan muda. Terdapat setidaknya empat kelebihan penting sebagai berikut:

1. Harga Relatif Bersahabat

Fakta bahwa city car murah menjadikannya begitu banyak peminat. Memang, harganya relatif terjangkau. Pasalnya, biaya produksinya cenderung lebih rendah daripada SUV atau MPV.

Memang, city car memiliki dimensi lebih kecil sebagai ciri khasnya, sehingga mengurangi anggaran produksi. Apalagi, sudah cukup banyak mobil city car murah di pasaran, banyak di antaranya seharga mulai dari di bawah Rp200 jutaan.

2. Desain yang Variatif

Meski memiliki bodi yang mungil, jangan salah, salah satu keunggulan city car adalah pilihan desainnya yang variatif. Anda bisa memilih berbagai desain tersebut mulai dari elegan dan mewah, sporty, modern, hingga trendy.

Yang penting Anda dapat memilih city car paling nyaman sesuai selera. Setidaknya, Anda tidak akan merasakan hal monoton jika melihat penampilan mobil jenis ini.

3. Lebih Lincah Bermanuver

Satu lagi keuntungan yang terkait dengan ukuran mungil city car adalah kemampuannya untuk lebih lincah dan gesit bermanuver. Artinya, mobil ini mampu menghadapi jalan kecil sekalipun saat beraktivitas sehari-hari.

Berkat hal tersebut, mobil ini sering sekali terpakai untuk menyusup di area kemacetan berkat ukurannya. Bahkan, Anda bisa memarkirkannya di tempat yang sempit dengan lebih mudah. Cukup praktis, bukan?

4. Lebih Hemat Bahan Bakar

Terakhir, kelebihan dari city car paling lega adalah kemampuan efisiensi bahan bakar. Fakta bahwa city car memiliki ukuran lebih kecil sangat menguntungkan karena tidak perlu tenaga yang begitu besar untuk menggerakkannya.

Umumnya, kapasitas mesin city car mulai dari di bawah 1.000 cc. Alhasil, kapasitas ini membuat pemakaian bahan bakar lebih irit, menjadikannya lebih cocok saat menghadapi kemacetan. Anda juga bisa melihat banyak city car paling irit di pasaran.

Kekurangan City Car

kelebihan city car

Terlepas dari kelebihannya, city car ternyata memiliki kelemahan yang cukup menonjol. Berikut adalah empat kekurangan dari city car yang harus menjadi faktor pertimbangan.

1. Kabin Memiliki Ruang Lebih Terbatas

Mengingat ukuran city car yang mungil, maka ruang kabin yang terbatas dapat terlihat sebagai salah satu kekurangannya. Belum lagi jarak kepala dan kaki lebih rendah dari kebanyakan jenis mobil lain.

Alhasil, city car hanya mampu membawa sampai lima orang penumpang. Inilah mengapa mobil jenis ini tidak mampu membawa jumlah penumpang lebih dari itu. Terlebih, bagasinya juga memang kecil dan tidak mampu membawa banyak barang.

2. Performa Terbatas

Jika melihat kapasitas mesin city car mulai dari di bawah 1.000 cc, ini juga menjadikan salah satu kekurangannya. Secara desain, city car memiliki ukuran lebih kecil dan cocok untuk terpakai di jalan raya.

Kapasitas mesin yang kecil inilah membuatnya tidak begitu kuat daripada jenis mobil lebih besar.

3. Stabilitas Kurang

Jika melihat dari postur, city car memiliki kaki-kaki lebih rendah daripada jenis mobil lainnya. Bahkan, rodanya lebih kecil. Kedua hal ini membuatnya cenderung memiliki stabilitas lebih rendah.

Alhasil, mobil ini akan kesulitan saat melewat medan jalan berat seperti jalan berlubang atau menanjak. Belum lagi, mobil ini juga rentan saat menghadapi angin kencang atau guncangan.

4. Fitur Keselamatan Lebih Terbatas

Terakhir, mayoritas city car memiliki fitur keselamatan lebih terbatas karena ukurannya yang lebih kecil. Alhasil, mobil jenis ini cukup rentan mengalami kejadian yang tak diinginkan.

Meski begitu, beberapa city car terbaik dan modern memiliki fitur keselamatan standar. Contohnya, airbag, sistem pengereman anti terkunci (ABS), pengawas blindspot, dan sistem peringatan tabrakan.

Tips Membeli City Car

Setelah melihat kelebihan dan kekurangannya, jika masih berminat membeli city car, terdapat berbagai tips yang bisa Anda terapkan sebagai berikut:

  1. Pilih ukuran sesuai kebutuhan.
  2. Perhatikan kualitas interior dan fitur keamanan yang tersedia.
  3. Pertimbangkan efisiensi bahan bakar.
  4. Sesuaikan dengan budget.
  5. Lakukan test drive jika perlu.

Demikianlah empat kelebihan dan kekurangan city car. Setiap kelebihan dan kekurangan tersebut patut menjadi pertimbangan. Pada akhirnya, semua keputusan apakah city car tepat sebagai kendaraan idaman ada di tangan Anda.

Ingin membeli mobil bekas, termasuk city car murah di bawah 50 juta rupiah? Ada CarsGallery yang telah memastikan setiap mobil bekas sudah melalui inspeksi dan bersertifikasi untuk menjamin masih berkualitas.

Ingin city car bekas murah dan berkualitas? Kunjungi Carsgallery.co.id untuk mulai mencari mobil idaman Anda!

Other Post

Related Post