Kelebihan dan Kekurangan Grand Livina yang Perlu Diketahui

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Mengenali berbagai kelebihan dan kekurangan Grand Livina termasuk langkah wajib bagi Anda yang mempertimbangkan membelinya. Mobil jenis MPV ini sempat menjadi primadona sebagai kendaraan keluarga.

Mengenali berbagai kelebihan dan kekurangan Grand Livina termasuk langkah wajib bagi Anda yang mempertimbangkan membelinya. Mobil jenis MPV ini sempat menjadi primadona sebagai kendaraan keluarga.

Selain punya kapasitas penumpang yang besar, Nissan Grand Livina juga terkenal memberikan kenyamanan ala sedan. Nissan juga menawarkan beragam varian yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Namun, sebagaimana mobil lain, MPV yang banyak digandrungi ini juga memiliki sejumlah kekurangan. Simak lebih lanjut informasi selengkapnya.

Kelebihan dan Kekurangan Grand Livina

Nissan pertama kali meluncurkan MPV bertajuk Grand Livina pada tahun 2006. Mobil yang lebih kerap menjadi pilihan kendaraan keluarga ini punya beberapa kelebihan dan kekurangan, sebagai berikut:

Kelebihan Grand Livina

Grand Livina sudah mendapatkan tempat tersendiri di hati masyarakat sebagai pilihan keluarga. Hal ini berkat berbagai kelebihan yang ditawarkan, meliputi:

1. Kabin yang Nyaman

Bukan hanya bagian eksterior yang tampil modern, Grand Livina punya interior dengan desain elegan. Ruang kabinnya cukup lega dan nyaman.

Mulai dari kursi pengemudi yang memungkinkan posisi lebih rileks dengan desain memanjang dan lebih rendah. Apabila menilik pesaing MPV sekelasnya, maka belum ada yang dapat menyaingi kenyamanan posisi mengemudi Grand Livina.

Para penumpang juga bisa mendapatkan kenyamanan berkendara yang baik dari mobil ini. Jok pada baris kedua kabin dilengkapi dengan sandaran tangan yang bisa dilipat. 

MPV ini juga memiliki beberapa mode pelipatan bangku. Penumpang bisa meratakan baris kedua dengan ketiga, sehingga berupa permukaan datar yang nyaman untuk tidur atau penyimpanan barang.

Adanya kompartemen penyimpanan under floor pada bagian bagasi meningkatkan kepraktisan mobil. Tersedia juga laci penyimpanan dan cup holder pada setiap baris jok.

2. Fitur Lengkap

Pembahasan kelebihan dan kekurangan Grand Livina belum lengkap tanpa menilik fitur.

Nissan melengkapi MPV ini dengan berbagai fitur modern untuk meningkatkan pengalaman berkendara pengguna. Beberapa fitur unggulannya meliputi Display Wide 6 inch touch screen, konektivitas USB/iPhone/iPod, bluetooth, dan DVD.

Pada Grand Livina keluaran 2015, pengguna dimanjakan dengan fitur hiburan mewah berupa Roof Monitor 10 inch.

Pengguna juga bisa menikmati kenyaman lebih dengan deretan fitur canggih seperti sensor parkir dan kamera belakang. Ada juga beragam fitur keamanan seperti SRS airbag dan safety belt reminder.

3. Irit Bahan Bakar

Menyoal kelebihan dan kelemahan Grand Livina, tingkat konsumsi bahan bakar wajib mendapat perhatian.

Nissan merancang MPV ini sebagai kendaraan dengan konsumsi bahan bakar yang irit. Mobil ini mampu menempuh jarak sekitar 9 – 12 km dengan menggunakan 1 liter bensin untuk perjalanan dalam kota.

Tingkat konsumsi tersebut terbilang irit apabila dibandingkan dengan MPV lain sekelasnya.

Baca Juga: Trik Mengemudi Mobil Perkotaan Lebih Nyaman dan Irit BBM

4. Suspensi Empuk

Meskipun tidak terlihat, suspensi berpengaruh signifikan terhadap kenyamanan perjalanan. 

Nissan membekali MPV ini dengan suspensi yang sangat baik dan empuk. Alhasil, Grand Livina memiliki handling yang lebih nyaman dan memudahkan pengemudi. 

Suspensi yang berkualitas jempolan juga memungkinkan mobil melibas jalanan dengan kontur tidak rata tanpa banyak masalah.

5. Eksterior Elegan dan Banyak Varian

Tampilan eksterior Grand Livina menjadi daya tarik tersendiri. Mobil ini memiliki desain yang stylish dan elegan sehingga sangat cocok untuk masyarakat urban. Kesan tersebut makin menonjol dengan desain lampu V motion grill yang menawan.

Sempat masuk jajaran MPV primadona, Grand Livina hadir dengan banyak varian. Sebut saja SV, VX, HWS, dan HWS Autech. Nissan juga menawarkan dua jenis transmisi, yaitu manual dan CVT. 

Kekurangan Grand Livina

kelebihan dan kekurangan grand livina

Di samping berbagai kelebihannya, Grand Livina memiliki sejumlah kekurangan yang perlu Anda perhatikan, sebagai berikut:

1. AC Bukan Double Blower

Kelemahan Grand Livina yang pertama yaitu belum adanya AC double blower sebagaimana mobil sekelasnya.

Padahal kebanyakan kompetitor memiliki sistem pendinginan kabin dengan double blower yang menjamin penumpang bisa menikmati hawa sejuk hingga baris paling belakang.

Sebagai ganti double blower, Nissan menambahkan kisi-kisi AC pada sela antara jok pengemudi dan penumpang baris pertama. Meskipun begitu, udara sejuk perlu waktu lebih lama untuk mencapai jok belakang.

2. Kabin yang Kurang Senyap

Menilik review Nissan Grand Livina, banyak yang memuji kenyamanan kabin yang lega. Namun, ada pula pengguna yang merasa kurang nyaman karena sistem peredam yang tidak maksimal.

Hal tersebut mengakibatkan suara-suara dari sekitar terdengar dari dalam kabin, sehingga bisa mengganggu kenyamanan penumpang.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Mobil Keluarga untuk Kenyamanan Ekstra

3. Ground Clearance yang Rendah

Termasuk juga pertimbangan penting dalam kelebihan dan kekurangan Grand Livina, yaitu tingkat ground clearance.

MPV keluaran Nissan ini terkesan ceper karena memang memiliki ground clearance yang rendah. Hal ini membuat mobil dapat melaju dengan lebih stabil di jalan perkotaan yang rata.

Namun, Anda perlu menimbang kembali jika sering berkendara melalui jalan dengan kontur tidak rata. Grand Livina kurang ideal untuk menjelajah medan yang bervariasi, seperti jalan berlubang.

4. Tidak Tersedia Kunci Immobilizer

Grand Livina juga belum memiliki fitur immobilizer. Padahal fitur ini sangat bermanfaat karena dapat mencegah mesin menyala tanpa kunci asli. 

Absennya immobilizer menyebabkan Grand Livina lebih rentan terhadap risiko pencurian. Jadi, pengguna sebaiknya mempertimbangkan penggunaan kunci ganda untuk memberikan keamanan tambahan.

5. Perawatan Khusus untuk Transmisi CVT 

Satu lagi yang tidak boleh terlewat dari kelebihan dan kekurangan Grand Livina matic, yaitu perawatan transmisi yang menuntut ketelatenan. 

Menurut beberapa ulasan, transmisi CVT dari Grand Livina perlu dimanja karena tidak sekuat transmisi torque converter. Pengguna MPV ini perlu melakukan penggantian oli transmisi setiap 40.000 km.

Anda juga perlu memperhatikan kebiasaan penggunaan. Hindari asal injak pedal gas ketika berkendara. Anda juga sebaiknya tidak memindahkan tuas ke posisi P saat berhenti lama dengan mesin hidup.

Baca Juga: 4 Mobil Kapasitas Besar untuk Keluarga, Muat Banyak!

Mobil Murah Bergaransi

Terlepas dari sejumlah kekurangannya, Grand Livina bisa menjadi kendaraan ideal bagi keluarga. Terlebih lagi, bagi Anda yang mencari mobil keluarga dengan harga murah.

Anda bisa mendapatkan Grand Livina dengan kondisi prima dari tempat jual beli mobil bekas dengan harga sekitar Rp90 juta. 

Mau mobil bekas yang bergaransi? CarsGallery merupakan tempat yang tepat bagi Anda untuk mendapatkan mobil berkualitas dengan jaminan garansi. Kunjungi CarsGallery sekarang untuk temukan unit ready.

FAQ

Berapa harga mobil baru merek Grand Livina?

Untuk unit baru, harganya sekitar Rp270 juta.

Apakah Grand Livina cocok untuk berkendara keluar kota?

MPV ini kurang cocok untuk berkendara jauh, apalagi jika harus menerjang medan dengan kontur tidak rata. Hal ini karena Grand Livina punya ground clearance yang rendah dan mesin kurang bertenaga.

Mengapa Nissan Grand Livina banyak menjadi pilihan mobil keluarga?

Sebagaimana pembahasan kelebihan dan kekurangan Grand Livina di atas, mobil ini ideal untuk kendaraan keluarga. Beberapa alasannya yaitu karena punya kabin yang nyaman dan lega, serta menyediakan banyak ruang penyimpanan.

Other Post

Related Post