Kelebihan dan Kekurangan Honda Brio, Wajib Tahu Sebelum Beli

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Alih-alih asal beli, sangat dianjurkan untuk mengetahui dulu kelebihan dan kekurangan Honda Brio. Hatchback keluaran Honda ini memang termasuk yang paling laku di pasaran. Peminat

Alih-alih asal beli, sangat dianjurkan untuk mengetahui dulu kelebihan dan kekurangan Honda Brio.

Hatchback keluaran Honda ini memang termasuk yang paling laku di pasaran. Peminat mobil ini bahkan masih tinggi hingga sekarang, baik untuk unit baru maupun bekas. Hal tersebut berkat berbagai keunggulannya yang menggiurkan.

Mulai dari tampilan yang kompak dan sporty, hingga penggunaan bahan bakar dan irit.  Meski demikian, mobil ini juga punya sejumlah kekurangan yang perlu Anda perhatikan. Simak lebih lanjut informasi selengkapnya.

Kelebihan dan Kekurangan Honda Brio

Sejak pertama kali hadir ke pasar Indonesia, Honda Brio sudah mendapatkan sambutan hangat dengan antusiasme tinggi konsumen. Sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli, berikut daftar kelebihan dan kekurangan Honda Brio:

Kelebihan Honda Brio

Sebagai salah satu mobil terlaris, Honda Brio menawarkan banyak kelebihan. Berikut beberapa di antaranya:

1. Desain Sporty dan Dinamis

Honda Brio dirancang dengan desain sporty dan dinamis. Tampilan tersebut membuat mobil berukuran kompak ini mampu memikat banyak konsumen, terutama anak muda.

Hadir dengan model hatchback, Honda Brio juga mampu bermanuver dengan lincah. Sehingga sangat cocok untuk menjadi pilihan kendaraan bagi masyarakat urban. Mobil ini juga memudahkan maneuver pada area sempit.

Honda juga menawarkan banyak varian warna untuk keluarga Brio, seperti Crystal Black Pearl, Rallye Red, Modern Steel Metallic, dan Carnival Yellow. 

Banyaknya varian warna memungkinkan konsumen dapat memilih kendaraan yang sesuai selera.

2. Bertenaga dan Irit Bahan Bakar

Bicara tentang kelebihan dan kekurangan mobil Honda Brio pastinya tidak bisa melewatkan aspek performa. Apalagi mobil ini terkenal irit bahan bakar.

Honda memang tidak pernah mengecewakan dalam memproduksi mesin bertenaga besar. Demikian pula halnya dengan mesin yang tersemat dalam Brio. Mobil tipe city car ini menggunakan mesin 1.2L.

Mesin tersebut mampu menghasilkan output hingga 90 PS dan torsi 110 Nm. Output tersebut sudah memadai untuk melaju dengan nyaman di daerah perkotaan.

Menariknya, tingkat konsumsi bahan bakar Brio bisa mencapai 16,8 km per liter untuk perjalanan dalam kota dan 21 km per liter saat melaju di jalan tol.

Baca Juga: 8 City Car Paling Irit Bahan Bakar, Layak Dipertimbangkan!

3. Kabin Nyaman dan Handling yang Stabil

Honda Brio memiliki kabin yang akomodatif dengan konfigurasi 5 seater. Meskipun ukurannya terbilang mungil, ruang kabin mobil cukup lega.

Bagian jok juga tebal dan empuk sehingga mampu menjamin kenyamanan penumpang selama berkendara. Mobil ini juga memiliki noise, harness, and vibration dengan kadar yang memadai.

Selain kenyamanan kabin, aspek handling termasuk pertimbangan penting saat menilik kelebihan dan kekurangan Honda Brio Satya

Varian ini menawarkan handling yang stabil untuk membuat pengalaman berkendara Anda lebih menyenangkan, sesuai slogannya “Fun to drive!”. Kelebihan lain dari mobil ini yaitu dari suspensinya yang terasa lebih empuk.

4. Resale Value yang Bagus

Harga dari Honda Brio baru punya selisih yang cukup tinggi antara tipe yang berbeda. Secara umum, harganya masih relatif terjangkau daripada LCGC lain.

Anda bisa mendapatkan Honda Brio baru dengan harga mulai dari Rp160 jutaan hingga Rp253 jutaan. 

Resale value atau nilai jual kembali dari Honda Brio bekas juga patut jadi pertimbangan. Pasalnya, nilai jual Brio bekas cukup bagus terutama untuk warna populer seperti hitam dan putih. Berdasarkan data dari bursa mobil bekas, harga Brio bekas relatif stabil. 

Jika ingin beli mobil dengan lebih hemat, maka Anda bisa mempertimbangkan unit bekas. Misalnya unit Honda Brio di bawah 50 jutaan.

Baca Juga: Intip 4 Kelebihan dan Kekurangan City Car Sebelum Beli

Kekurangan Honda Brio

kelebihan dan kekurangan honda brio
kelebihan dan kekurangan honda brio

Meskipun sempat menduduki posisi sebagai mobil terlaris, Honda Brio tetap memiliki sejumlah kekurangan, sebagai berikut:

1. Interior yang Sederhana

Salah satu keluhan umum pengguna Brio yaitu tampilan interior yang terkesan sederhana. Bahkan material yang digunakan juga terlihat murah. Contoh yang mencolok terlihat pada bagian trim pintu dan dashboard.

Penggunaan material yang kualitasnya kurang memuaskan tersebut kemungkinan dilakukan demi menekan biaya produksi. Hal ini sebanding dengan harga jual Honda Brio yang lebih terjangkau daripada LCGC lain.

2. Minim Fitur 

Membahas kelebihan kekurangan Honda Brio belum lengkap tanpa menyinggung ketersediaan fitur.

Sayangnya, pembeli mobil ini harus bersiap dengan fitur yang belum terlalu lengkap. Beberapa fitur yang bisa Anda jumpai yaitu lampu depan halogen, electric power steering, tilt steering, dan AC digital.

Namun, Brio tidak punya fitur modern selengkap mobil keluaran baru lainnya, seperti kamera mundur dan sensor parkir.

3. Suara Masuk ke Kabin

Kekurangan selanjutnya dari Honda Brio yaitu banyak suara yang masuk ke kabin. Suara tersebut berasal dari bagian mobil sendiri maupun sekitar.

Honda mengubah jalur pipa knalpot sehingga Brio lebih bebas dari interupsi suara mesin. Namun, suara ban masih menggesek jalan masih terdengar hingga ke dalam kabin.

Hal tersebut karena pabrikan Honda memang tidak menambahkan material peredaman. Jadi, pengguna harus menghadapi suara jalanan saat berkendara.

Sebenarnya suara yang terdengar dari dalam kabin tidak terlalu keras. Meski begitu, beberapa orang yang sensitif pada suara bisa merasa terganggu.

4. Ground Clearance Kurang Tinggi

Satu lagi kekurangan yang sering mendasari keluhan pengguna Brio, yaitu ground clearance yang kurang tinggi.

Apabila dibandingkan dengan kompetitornya, Honda Brio memang punya ground clearance yang lebih rendah. 

Sebagai contoh, Suzuki Ignis memiliki ground clearance dengan tinggi 180 mm. Sementara pada Brio hanya sampai 165 mm.

Hal tersebut menyebabkan Honda Brio lebih rentan terbentur ketika melalui jalan yang berlubang atau tidak rata. 

Terlebih lagi, ketika melaju melewati polisi tidur. Alhasil, kenyamanan berkendara jadi kurang maksimal karena benturan.

Selain itu, mobil bisa mengalami banyak baret pada bagian bawah bumper. 

Baca Juga: 7 Kelebihan dan Kekurangan Toyota Avanza, Lengkap!

Itulah berbagai kelebihan dan kekurangan Honda Brio yang perlu Anda perhatikan. Sebagai tipe city car, mobil ini lebih sesuai untuk berkendara di daerah perkotaan. Jadi, ada baiknya mempertimbangkan juga lokasi dan kondisi jalanan yang sering Anda lalui.

Mobil Murah Bergaransi

Mau mobil murah, tapi tetap ada garansinya? Ada, kok.

CarsGallery punya banyak stok unit mobil bekas dari berbagai tipe dan rentang harga. Setiap mobil dari platform ini sudah lulus inspeksi dan mendapatkan garansi. Anda juga bisa mendapatkan mobil dari dealer dengan lokasi terdekat.

Kunjungi CarsGallery sekarang juga untuk menemukan mobil bekas dengan kualitas terjamin.

FAQ

Fitur keselamatan apa saja yang ada pada Honda Brio?

Honda Brio sudah memiliki sistem keselamatan modern, seperti seatbelt reminder, ISOFIX, ABS, EBD, dan dual airbag.

Bisa tidak pakai Honda Brio untuk mobil keluarga?

Bisa saja untuk keluarga kecil. Mobil ini tipe 5 seater, sehingga kurang cocok untuk menjadi pilihan kendaraan keluarga besar lebih dari 5 orang.

Apakah ketersediaan Honda Brio bekas banyak?

Ya. Terlepas dari kelebihan dan kekurangan Honda Brio, mobil ini punya peminat yang tinggi bahkan sempat termasuk mobil terlaris. Jadi, ketersediaan stok dan pilihan unit bekas Brio cukup banyak.



Other Post

Related Post