Ketahui Persamaan dan Perbedaan Terios X dan R Sebelum Beli!

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Terios terkenal sebagai mobil dengan body menarik dan performa yang tangguh. Kabar baiknya, mereka punya dua varian mobil yang menarik yakni Terios X dan R.

Terios terkenal sebagai mobil dengan body menarik dan performa yang tangguh. Kabar baiknya, mereka punya dua varian mobil yang menarik yakni Terios X dan R. Kira-kira, apa perbedaan Terios X dan R?

Sebagai pecinta dan penggemar mobil SUV, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan mobil ini. Lantaran termasuk salah satu mobil SUV yang terkenal di Indonesia. 

Jika ingin memperoleh mobil tersebut, kedua varian ini bisa menjadi pertimbangan utama. Namun, ketahui dulu apa saja perbedaan antara varian X dan R nya. Dengan mengetahui perbedaannya, Anda bisa memilih mana yang paling sesuai. 

Baik sesuai dari segi harga, fitur, hingga kebutuhan penggunaan. Tenang saja, karena kedua varian tersebut mempunyai kelebihan yang menarik, dan memberikan pengalaman yang berkendara yang menyenangkan.

Perbedaan Terios X dan R

Secara umum, terdapat beberapa perbedaan Terios X dan R yang perlu Anda pahami. Berikut ini beberapa perbedaannya:

1.  Varian dan Harga

Perbedaan paling dasar adalah dari segi varian dan harga. Varian X ini termasuk varian di entry-level. Target pasarnya adalah masyarakat ekonomi menengah, lantaran harganya yang tergolong terjangkau. 

Bahkan, ia merupakan model yang paling murah jika dibandingkan dengan tipe Terios Facelift yang lain.

Meskipun masuk ke kelas entry-level, mobil ini tetap sudah hadir dengan berbagai fitur-fitur yang menarik dan bisa diandalkan. Terdapat dua varian mesin, yaitu yang 1.5 L dengan yang mesin 1.3 L. 

Selain itu, Terios Tipe X juga sudah memperoleh riasan yang baru. Mulai dari New Front Grille Design, kemudian New Front & Rear Bumper Design, New Rear Reflector Design, hingga New Fog Lamp Cover Design.

Bagi Anda yang sedang mencari mobil SUV dengan harga terjangkau, ini bisa menjadi pilihan utama. Sementara, varian R ini merupaakn varian yang bisa kita katakan lebih bagus, karena lebih premium, plus lebih wah juga. 

Desainnya terkesan lebih elegan, ditambah dengan fitur-fitur yang sangat canggih. Mesinnya tersedia di satu varian saja, yaitu 1.5 L. Sehingga, mempunyai performa yang lebih maksimal dari mesin 1.3 L. 

Baca Juga: 7 Kelebihan dan Kekurangan Toyota Avanza, Lengkap!

2. Fitur Keamanan

Perbedaan berikutnya adalah dari segi fitur keamanan. Terios Tipe X dan R sama-sama sudah dibekali dengan fitur keamanan yang canggih. Meski demikian, fitur keamanan pada kedua produk tersebut tetap memiliki perbedaan.

Terios X sudah dilengkapi dengan fitur-fitur yang menarik, seperti EBD, ABS, hingga dual SRB Airbags. Sehingga, mampu melindungi para penumpang dari benturan-benturan yang terjadi secara mendadak.

Sementara pada Terios Tipe R, teknologinya lebih lengkap dan lebih canggih. Hal ini karena terdapat beberapa tambahan fitur, seperti Hill Start Assist (HSA) dan Vehicle Stability Control (VSC). 

Fitur tambahan tersebut akan memberikan kenyamanan dan keamanan ekstra selama mengendarai mobil. Tidak heran jika harganya tergolong lebih mahal, kan?

3. Desain Eksterior

perbedaan terios x dan r

Selanjutnya, perbedaan Terios X dan R dari desain eksterior. Keduanya mempunyai desain yang menarik dan tangguh. Namun, ada beberapa perbedaannya, ya. Terios satu ini mempunyai tampilan yang sangat keren dan macho. 

Hal ini lantaran dipertegas oleh garis-garis di bodynya. Tampilannya merupakan perpaduan antara grille besar dengan sporty. Sehingga membuat tampilannya terkesan lebih kokoh. 

Apalagi dengan tambahan lampu depan dengan ukuran besar di bagian depannya. Adapun tipe R, mempunyai desain eksterior yang justru terkesan modern dan elegan. 

Pada tipe ini, terdapat beberapa tambahan di eksteriornya. Seperti New Smoke Headlamp, New Front Grille with Chrome List, lampu LED,  New Cover Backdoor Garnish, aksen krom, dan New LED Illumination Lamp. 

Baca Juga: Kekurangan Dari Mobil Listrik

4. Harga Perawatan

Perbedaan Terios tipe X dan R berikutnya adalah dari harga perawatan. Umumnya, perawatan tipe X ini tergolong lebih terjangkau. Hal ini karena suku cadangnya sudah banyak dijual di pasaran, sehingga mudah ditemukan. 

Berbeda halnya dengan tipe R yang biaya perawatannya lebih mahal daripada varian X. Lantaran terdapat beberapa fitur tambahan, plus terbuat dari material yang berkualitas tinggi yang notabenenya juga mempengaruhi biaya perawatan.

5. Performa dan Handling

Berikutnya adalah perbedaan Terios X dan R dari performa dan handling. Mobil Terios X dan R mempunyai performa yang bagus. Namun, memang ada beberapa hal yang membedakannya. 

Mesin Terios X, bisa diandalkan, karena dirancang memberikan performa yang maksimal dan lebih hemat bahan bakar. Kemudian, ada penambahan fitur pengendalian saat menaiki jalanan menanjak. 

Salah satunya adalah fitur Hill Start Assist. Sementara, mobil tipe R ini dirancang lebih fokus di akselerasi dan kekuatannya. Mesinnya juga lebih bertenaga dari yang mesin 13 L. 

Adapun fitur-fitur tambahannya adalah traction control system dan electrical stability yang berguna untuk kestabilan mobil ketika dikendarai dan meningkatkan handling.

Baca Juga: Perbedaan Toyota Rush dan Daihatsu Terios, Bagus Mana?

Persamaan Terios X dan R

Selain memiliki perbedaan, keduanya juga mempunyai beberapa persamaan. Salah satunya adalah teknologi VVT-i. Teknologi tersebut mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar.  

Persamaan selanjutnya adalah dari segi harga. Terios X dan R sama-sama dibandrol dengan harga yang mahal, yaitu Rp241 an juga untuk yang tipe X, dan Rp274 untuk tipe R. 

Jika tertarik membeli mobil Terios tipe X dan R, tapi budgetnya masih kurang, mending beli mobil bekas saja di CarsGallery. Mobil bekas bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Apalagi, kami menawarkan mobil-mobil bekas yang bersertifikasi, lantaran sudah dicek oleh inspektor profesional, handal, dan berpengalaman. Jadi, tidak perlu khawatir lagi saat akan membeli mobil bekas.

Other Post

Related Post