7 Keunggulan Grand Livina Dibanding Avanza, Pilih Mana?

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Sebagai sesama mobil sejuta umat dan pilihan favorit keluarga, banyak calon pembeli yang mencari tahu keunggulan Grand Livina dibanding Avanza. Persaingan dua mobil tersebut begitu

Sebagai sesama mobil sejuta umat dan pilihan favorit keluarga, banyak calon pembeli yang mencari tahu keunggulan Grand Livina dibanding Avanza

Persaingan dua mobil tersebut begitu ketat mengingat target pasarnya yang sama, yaitu low end. Namun, rupanya Avanza yang dijuluki sebagai primadona sering kalah saing dari Grand Livina. Mari kenali apa saja kelebihan MPV produksi Nissan ini.

Keunggulan Grand Livina Dibanding Avanza

Sebelum menentukan MPV populer mana yang cocok untuk Anda, simak dulu keunggulan Grand Livina berikut:

1. Kenyamanan Lebih Terjamin

Tidak sedikit pengguna Avanza yang mengeluhkan kenyamanan berkendara akibat suspensi yang keras. 

Sebaliknya, Grand Livina memiliki suspensi yang lebih empuk dan nyaman. MPV dari Nissan ini menggunakan FWD (Front Wheel Drive) yang mampu menyalurkan tenaga ke roda sembari menjaga kestabilan.

Alhasil, mobil dapat melibas beragam kontur tanpa getaran yang mengganggu dan tidak mudah limbung.

Meskipun sama-sama menggunakan monoshock, Avanza memiliki kaki-kaki yang lebih keras sehingga penumpang bisa merasakan lebih banyak getaran saat melalui jalanan yang tidak rata.

Ground clearance yang lebih tinggi dari Grand Livina juga turut berperan dalam menjamin kenyamanan perjalanan.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Mobil Paling Nyaman untuk Perjalanan Jauh

2. Interior Lebih Nyaman

Masih dari faktor kenyamanan, calon pembeli sebaiknya juga membandingkan bagus Grand Livina atau Avanza dari segi interior.

Secara keseluruhan, Grand Livina menawarkan kenyamanan yang lebih baik. Hal ini terlihat dari dimensi yang lebih besar sehingga mobil memiliki ruang kabin yang lebih lega.

Grand Livina juga memiliki beberapa mode pelipatan kursi yang memungkinkan pengaturan ruang dengan lebih leluasa. 

Jok baris kedua dan ketiga bisa dilipat sehingga membentuk permukaan rata. Pengguna bisa memanfaatkan mode pelipatan ini untuk tempat istirahat atau penyimpanan barang.

Selain itu, interior Grand Livina menggunakan material yang lebih berkelas daripada Avanza. Salah satunya yaitu jok yang terbuat dari material kulit yang memberikan kesan lebih mewah.

Kenyamanan Grand Livina semakin baik dengan sistem peredaman yang memadai, sehingga ruang kabin terasa lebih senyap.

Posisi mengemudi dari Grand Livina juga lebih rileks daripada kompetitornya. Mobil ini memungkinkan pengemudi memposisikan kaki tanpa harus terlalu menekuk, sehingga tidak cepat lelah saat menempuh perjalanan jauh.

3. Irit BBM

Efisiensi bahan bakar termasuk faktor yang penting untuk Anda perhatikan saat membandingkan antara Grand Livina vs Avanza. Pasalnya, efisiensi bahan bakar menentukan tingkat pengeluaran Anda selama menggunakan mobil.

Bagi orang dengan intensitas penggunaan kendaraan tinggi, sebaiknya memilih mobil yang lebih irit. 

Sistem FWD dari Grand Livina mendukung efisiensi konsumsi bahan bakar yang lebih baik. Sementara itu, Avanza menggunakan sistem penggerak roda belakang atau RWD (Rear Wheel Drive) yang cenderung lebih boros.

Hal ini karena penyaluran tenaga pada RWD perlu melalui proses yang lebih panjang. 

Sebagai informasi, Nissan Grand Livina bisa menempuh jarak hingga 9 sampai 12 km dengan 1 liter bahan bakar.

Baca Juga: Trik Mengemudi Mobil Perkotaan Lebih Nyaman dan Irit BBM

4. Performa Mesin

keunggulan grand livina dibanding avanza

Keunggulan Grand Livina dibanding Avanza selanjutnya terlihat dari segi performa.

Menyoal performa pastinya tidak terlepas dari spesifikasi mesin. Dapur pacu Nissan Grand Livina mengandalkan mesin berkapasitas 1.499 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 103 HP.

Sedangkan Toyota Avanza berbekal mesin dengan kapasitas 1329 cc. Output yang dihasilkan juga lebih rendah, yaitu sebesar 97 HP.

Maka sudah jelas bahwa dari segi performa, Grand Livina lebih handal dan bertenaga daripada Avanza. Sehingga MPV Nissan ini terasa lebih lincah saat berakselerasi.

5.  Handling yang Handal

Masih berkaitan dengan performa, Grand Livina menawarkan handling yang sangat nyaman. Pengendaliannya juga lebih mudah sehingga lebih handal untuk melaju dengan kecepatan tinggi.

Kualitas suspensi yang lebih bagus dan ground clearance Grand Livina yang lebih tinggi ikut berperan dalam hal ini.

MPV produksi Nissan ini juga lebih cepat dan kuat dalam berakselerasi. Meskipun begitu, mobil ini lebih ideal untuk jalanan perkotaan yang dominan rata dan jarang tanjakan.

6. Fitur Lebih Lengkap

Membandingkan mobil belum lengkap tanpa menilik kelengkapan fiturnya. Terutama dari fitur keselamatan memegang peran krusial.

Baik Grand Livina maupun Avanza sudah memiliki fitur keselamatan yang memadai, seperti Anti Brake System, Brake Assist, Airbag, dan anti benturan samping.

Namun, Grand Livina punya fitur keselamatan yang lebih lengkap daripada Avanza. Terlihat dari adanya fitur modern seperti Anti Theft Device yang tidak bisa Anda jumpai dari Avanza.

Review Nissan Grand Livina menunjukkan banyak pengguna yang merasa lebih nyaman berkendara menggunakan mobil ini berkat dukungan fitur-fiturnya.

Terdapat beberapa fitur kenyamanan yang membuat Grand Livina lebih unggul daripada Avanza, seperti ventilasi AC belakang dan Automatic Headlamps.

Baca Juga: 6 Kelebihan dan Kekurangan Avanza Bekas, Wajib Tahu!

7. Eksterior Modern

Tampilan luar Grand Livina juga lebih elegan daripada Avanza. Mobil ini hadir dengan desain modern yang kental akan kesan sporty. 

Penggunaan garis tegas dan lekukan melengkung membuat interior mobil tampak menarik. Penampilan Grand Livina makin mencuri perhatian dengan headlamp desain terbaru.

Sementara itu, pada bagian belakang terdapat tambahan high mount lamp yang menegaskan kesan kendaraan modern.

Meski begitu, keunggulan eksterior lebih tergantung pada selera. Hal ini terbukti dari Toyota Avanza yang juga sukses menempati posisi sebagai salah satu mobil andalan keluarga.

Itulah beberapa keunggulan Grand Livina dibanding Avanza. Setelah menyimak keunggulannya, apakah mobil ini tepat untuk Anda? Atau masih mau mempertimbangkan mobil lain?

Anda bisa kunjungi CarsGallery.co.id untuk menemukan lebih banyak pilihan mobil bekas berkualitas siap pakai. Setiap mobil dari CarsGallery sudah mendapatkan garansi. Yuk, buka CarsGallery sekarang juga.

Other Post

Related Post