5 Komponen Mesin Mobil yang Sering Bermasalah, Hati-hati!

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Terdapat sejumlah komponen mesin mobil yang sering bermasalah. Entah karena dari kebiasaan penggunaan atau karena usianya. Memahami beberapa bagian ini, akan membuat Anda jauh lebih

Terdapat sejumlah komponen mesin mobil yang sering bermasalah. Entah karena dari kebiasaan penggunaan atau karena usianya. 

Memahami beberapa bagian ini, akan membuat Anda jauh lebih memberikan fokus untuk menjaganya agar tak lebih cepat rusak dan bermasalah. 

Entah dengan mencegah dan tidak melakukan kebiasaan yang memicu permasalahan, hingga melakukan service secara rutin untuk setiap komponen mesin mobil secara keseluruhan. 

Memahami Komponen Mesin Mobil yang Sering Bermasalah

Saat melakukan service bagian mesin, mungkin komponen ini jadi yang paling sering mengalami kendala. Apa saja? Mari, cek bagian-bagian yang rentan pada mesin mobil di sini. 

1. Aki Mobil 

Komponen pertama yang sering menjadi masalah pada mobil adalah bagian aki. Fungsi utamanya adalah menyimpan tenaga listrik untuk berbagai komponen yang lain. 

Mengenai faktornya, aki mobil menjadi sering bermasalah terutama karena kebiasaan pemilik mobil seperti: 

  • Jarang menggunakan mobil 
  • Intensitas penggunaan mobil yang sangat tinggi
  • Ampere aki mobil yang kecil 
  • Terlalu banyak menambahkan aksesoris mobil yang membutuhkan daya listrik dari aki
  • Kebiasaan tidak mematikan komponen yang membutuhkan listrik pada mobil dalam waktu yang lama

Maka, tak heran jika aki menjadi bagian komponen mesin mobil yang akan sering mengalami masalah.

2. Koil 

Dalam hal membuat mobil bisa menyala, koin memainkan peran penting bersama komponen lainnya yakni busi. 

Fungsi dari koil itu sendiri adalah komponen yang menghasilkan tegangan tinggi dengan tujuan menciptakan percikan bunga api untuk bagian busi sehingga mobil bisa menyala. 

Bagian koil termasuk juga sebagai salah satu komponen mesin mobil yang sering bermasalah. Penyebabnya yakni: 

  • Tidak mengecek busi padahal bagian tersebut mengalami kerusakan
  • Kebocoran pada kabel busi
  • Penggunaan busi dengan spesifikasi yang tidak sesuai
  • Rendahnya kualitas koil 
  • Umur pemakaian koil yang telah lama

Maka dari itu, setiap Anda melakukan service mungkin saja bagian koil menjadi komponen mesin mobil yang sering diganti mengingat banyaknya faktor yang memicu kerusakan. 

3. Busi

Selanjutnya adalah bagian busi. Ini adalah bagian yang bekerja sama dengan koil. Sama dengan ‘teman’-nya, busi juga gampang mengalami masalah dan bahkan sering rusak. 

Ini juga jadi komponen yang bolak-balik harus diganti karena saking tingginya tingkat risiko kerusakan. Dari segi penyebab kerusakan busi, terdapat sejumlah faktor: 

  • Busi sering basah karena terendam bensin yang berlebihan di bagian ruang mesin
  • Ruang mesin sering terendam oli
  • Konsleting pada jalur pengapian
  • Pemilihan kualitas busi yang sembarangan dan tidak cocok dengan mobil 

4. Sistem Injeksi

Kerusakan mobil yang sering terjadi adalah pada bagian injeksi. Pecinta mobil, seharusnya telah paham jika sistem injeksi rusak, maka mereka harus mengeluarkan biaya yang cukup besar guna memperbaikinya. 

Dengan risiko semacam ini, maka wajib bagi Anda memahami apa saja yang bisa membuat sistem injeksi cepat mengalami kerusakan dengan intensitas yang sangat tinggi: 

  • Sering menggunakan bahan bakar dengan kualitas buruk dan tidak sesuai
  • Karbon yang menumpuk di injektor
  • Mesin overheating
  • Kontaminasi air di bahan bakar yang Anda gunakan
  • Filter bahan bakar tersumbat
  • Seal injector aus

5. AC Mobil 

Benar, salah satu komponen mesin mobil yang sering bermasalah lainnya adalah AC mobil. Baik itu di bagian selang hawa, kompresor, evaporator, bahkan juga bagian filter AC. 

Kebanyakan masalah ini dipicu karena penggunaan dari AC mobil itu sendiri alias dari kesalahan penggunaan. Faktornya seperti: 

  • Sering memakai suhu paling dingin
  • Membuka jendela padahal AC mobil masih menyala
  • Sering merokok tapi AC mobil menyala
  • Jarang service AC mobil secara rutin

Memang, bagian ini tidak akan berpengaruh terhadap kinerja mobil secara keseluruhan. 

Tapi, yang paling terpengaruh adalah kenyamanan Anda ketika sedang berkendara. Tanpa AC mobil yang performanya optimal, maka perjalanan Anda bisa saja terasa seperti neraka. Panas, gerah, dan intinya kurang bikin bahagia. 

Bagaimana Mencegah atau Meminimalisir Terjadinya Kerusakan? 

komponen mobil yang sering bermasalah

Memahami berbagai bagian atau komponen ini saja tidak cukup. Tapi, Anda juga harus tahu bagaimana metode yang pas jika ingin mencegah atau paling tidak meminimalisir kerusakan yang terlalu sering. Caranya adalah: 

1. Perhatikan Penyebabnya

Menjadi hal yang paling masuk akal untuk memperhatikan segenap penyebab dari kerusakan komponen-komponen tersebut. 

Dengan tahu penyebabnya, maka Anda bisa mencoba menghindari atau minimal tidak melakukan hal-hal yang mengakibatkan komponen menjadi cepat rusak. 

Contohnya, aki mobil. Penyebabnya bisa jadi karena jarang menggunakan atau menyalakan mobil. 

Nah, paham ini harusnya membuat Anda jadi lebih sering memanaskan atau menghidupkan mobil. 

2. Menjaga Kebiasaan

Kebiasaan berkendara juga memicu kerusakan lebih cepat. Maka dari itu, perhatikan kebiasaan Anda ketika menggunakan mobil. 

Contohnya saja, ketika AC menyala jangan sampai Anda merokok atau membuka jendela karena akibatnya, berbagai komponen dalam AC mobil bisa rusak lebih cepat. 

3. Service Rutin/Berkala

Tidak ada jalan yang paling baik selain melakukan service rutin atau berkala. Anda harus memperhatikan jangka waktu service mobil sesuai dengan yang ada pada buku manual atau buku panduan. 

Service rutin, akan membantu Anda dalam menjaga performa dan kinerja dari setiap mesin mobil tetap optimal. Minimal, tidak akan membuat komponen tersebut lebih cepat rusak. 

Jaga Mobil Anda dengan Layanan Terbaik dari HaloBengkel

Menjadi penyedia one-stop-service, HaloBengkel siap memenuhi segala kebutuhan mobil. Mulai dari service rutin hingga proteksi maksimal dalam bentuk garansi. 

HaloBengkel Protection menawarkan rentang layanan yang cukup luas hingga jasa inspeksi mobil. Apa saja kebutuhan Anda terkait mobil, HaloBengkel bisa memenuhinya!

Other Post

Related Post