Anime Initial D jadi salah satu tontonan favorit pecinta otomotif. Pasalnya, banyak mobil di anime Initial D yang begitu legendaris.
Saking legendaris dan ikoniknya, ada yang harga mobilnya sampai milyaran rupiah. Kalau Anda mau tahu apa saja mobil-mobil Japanese Domestic Market (JDM) yang begitu populer di sini, cek lengkapnya!
Baca Juga: 10 Mobil Suzuki Lama, Paling Ikonik dari Seri Klasik!
Daftar Isi :
ToggleApa Saja Mobil di Anime Initial D yang Begitu Ikonik di Eranya?
Initial D memang begitu menarik, apalagi di dalamnya banyak mobil-mobil ikonik yang melakukan balapan sambil nge-drift. Bahkan, mobil-mobil yang muncul dalam Initial D ini juga berpengaruh di industri otomotif:
1. Toyota AE86 Sprinter Trueno – Takumi Fujiwara
Pertama, ada Toyota AE86 Sprinter Trueno, yang dikendarai oleh protagonis Takumi Fujiwara. Mobil Toyota AE86 adalah mobil utama dari Initial D.
Dalam anime, mobil tersebut dapat julukan “Hantu Putih Akina” atau “Hachi-Roku” (Delapan-Enam), hatchback tiga pintu model zenki 1983 ini adalah ikon penggerak roda belakang (RWD).
Mesin 1.6L 4A-GE ini bisa menghasilkan 128 hp, kemudian Takumi tingkatkan ke mesin TRD Group A 4A-GELU dengan 240 hp setelah mesinnya rusak saat melawan Kyoichi Sudo.
Selain itu, bobot ringan 970 kg dan distribusi bobot 50/50 menjadikan mobil Takumi Initial D AE86 ini sebagai raja drift di Gunung Akina, tempat Takumi latih keterampilannya saat mengantar tahu untuk toko ayahnya.
Dengan mobilnya, Takumi juga mengalahkan mobil-mobil bertenaga besar seperti RX-7 FD milik Keisuke dan Skyline R32 milik Nakazato dengan teknik gutter run.
Warna panda hitam-putih dan lampu pop-up-nya ikonik, mendorong harga AE86 melonjak di pasaran mobil bekas karena “Pajak Takumi”.
Mesin mobil di anime Initial D ini gagal di balapan terakhir melawan AE86 Shinji Inui, tetapi sampai sekarang legenda AE86 tetap banyak dipuja.
Harga Mobil Initial D juga sangat tinggi karena mencapai Rp490 jutaan – Rp1,7 miliar.
2. Subaru Impreza – Bunta Fujiwara
Selanjutnya, ada juga Subaru Impreza milik Bunta Fujiwara. Ia adalah ayah dari Takumi–tokoh protagonis Initial D–yang juga merupakan seorang legenda balap.
Mobilnya adalah Subaru Impreza WRX STI Type R Version V (GC8) 1998 dengan warna Sonic Blue Mica.
Selain mobil AE86, roda milik ayahnya ini juga tak kalah populer. Pasalnya, ia menggunakan mesin boxer 2.0L turbo EJ20 yang bisa menghasilkan tenaga sampai 276 hp. Menariknya, kemampuan tersebut sudah muncul meski hanya dengan memodifikasi knalpot saja.
Mobil di anime Initial D ini, ayahnya uji dengan balapan melawan Takumi di Akina. Subaru Impreza menang, tapi Takumi awalnya tidak mengetahui identitas pengemudinya.
Kekuatan dan traksi AWD Impreza ini, sangat kontras dengan tingkat kelincahan dari AE86 milik Takumi.
Namun, dalam anime, Takumi juga sempat menggunakannya untuk berkencan. Sampai saat ini, Impreza punya banyak penggemar karena menggabungkan unsur JDM klasik dan modern.
3. Mazda RX-7 FC – Ryosuke Takahashi
Pemimpin Akagi RedSuns, Ryosuke Takahashi, menggunakan Mazda RX-7 FC3S. Mobil satu ini punya julukan khusus, yakni “Komet Putih Akagi”.
RX-7 yang ia kendarai, adalah generasi kedua yang menggunakan mesin rotary 1.3L 13B-T yang bisa menghasilkan tenaga sampai 200 HP.
Mobil di anime Initial D ini sendiri, punya semacam “keajaiban” secara teknis karena dari pabrikannya saja sudah memiliki handling tajam dan cukup untuk kebutuhan drifting.
Dalam anime, gaya mengemudi yang analitis dari Ryosuke amat melengkapi sasis seimbang dari FC. Ini yang akhirnya jadi kekuatan dominan ketika di touge.
Saat melawan Takumi di Akina yang mana jadi sorotan, FC kehilangan traksi dan akhirnya, mobil Initial D AE86 milik Takumi berhasil menyalip.
Desainnya warna putih ramping, mesin rotary dan garis halusnya jadi ikon JDM, dan ini juga jadi mobil yang mempengaruhi budaya tuning sampai saat ini.
4. Mazda RX-7 FD – Keisuke Takahashi
Ryosuke punya adik yang bernama Keisuke Takahashi. Adiknya, sama-sama mengendarai Mazda tapi mobil FD Initial D.
Ia mengendarai Mazda RX-7 FD3S yang berwarna kuning dan merupakan generasi ketiga dari RX-7. Mesin yang tersemat di dalamnya adalah rotary twin-turbo 1.3L 13B-REW yang menghasilkan tenaga sampai 261 HP dan torsi 294 Nm.
Mobil di anime Initial D ini terkenal dengan gaya agresif serta performanya yang tinggi. Dalam anime, handling presisi karena menggunakan kap serat karbon, menjadikannya cukup ikonik di balapan Project D.
Desainnya yang ikonik serta performanya yang menawan, sudah berhasil menjadikannya sebagai legenda JDM dengan banyak penggemar.
Baca Juga: 12 Mobil Drift Jepang Paling Legendaris Sepanjang Masa
5. Mitsubishi Lancer Evolution III – Kyoichi Sudo
Kyoichi Sudo, pemimpin Team Emperor, mengendarai Mitsubishi Lancer Evolution III GSR hitam. Mobilnya tersebut bertenagakan mesin 2.0L 4G63T turbo yang menghasilkan 270 hp.
Mobil ini menggunakan sistem AWD serta suspensi yang penyetelannya untuk rally. Jadi, tak heran jika sempat menjadikan Lancer Evo III ini teror di touge.
Nah, di dalam anime Evo III milik Kyoichi ini berhasil mengalahkan AE86 Takumi yang berhasil membuat mesinnya meledak di pertemuan pertama. Hal ini sudah sangat menunjukkan perbedaan tenaga dari kedua mobil tersebut.
Lalu, diadakanlah pertandingan ulang di Irohazaka menunjukkan keterampilan Kyoichi, tetapi AE86 Takumi yang telah ia tingkatkan berhasil menang.
6. Nissan Silvia S13 – Koichiro Iketani
Pemimpin Akina SpeedStars, Koichiro Iketani, menggunakan Nissan Silvia S13 hijau limau dengan dua warna. Mesin yang ada dalam mobil ini adalah 1.8L CA18DET turbo. Dengan mesin tersebut, mobil ini berhasil memuntahkan tenaga sampai 170 HP.
Mobil ini makin menarik karena menggunakan aero parts Silvia K, velg SSR Mark II, dan juga jok balap Bride. Dengan ini, maka Silvia S13 tersebut sudah siap untuk drift.
Nah di dalam anime, sebenarnya Iketani-ah yang memperkenalkan Takumi ke balapan di jalanan. Iketani mengajak Takumi dalam perjalanan yang membuatnya berakhir mual.
Dalam dunia nyata, penggerak roda belakang S13 ini memang sangat drift. Bahkan, Anda dapat menemukan Silvia S13 jadi andalan dalam berbagai ajang drifting.
7. Honda Civic EG6 – Shingo Shoji
Jika dari tadi ada Mazda, Toyota, Nissan, sekarang waktunya Honda. Ada Honda Civic SiR II (EG6) yang juga merupakan salah satu mobil di anime Initial D.
Mobil ini dikendarai oleh Shingo Shoji dengan warna merah yang mesinnya 1.6L B16A VTEC dengan keluaran 170 HP.
Pemiliknya, Shingo Shoji, dalam film memodifikasi mobilnya dengan ECU baru, manifold knalpot, flywheel ringan, dan kompresi tinggi. Tak heran, banyak yang menyebutnya sebagai “monster” untuk mobil berpenggerak roda depan.
Dalam anime, Shingo, menantang Takumi di Duct Tape Deathmatch dengan mengikat satu tangan ke setir. Namun, taktik kotornya menyebabkan kecelakaan.
Baca Juga: Kenalan dengan Drift Mobil: Definisi, Sejarah, dan Tekniknya
8. Nissan Skyline GT-R R32 – Kozo Hoshino
Punya julukan sebagai Godzilla di anime, Nissan Skyline GT-R R32 milik Kozo Hoshino tentu tidak akan kami lewatkan.
Mobil di anime initial D ini memiliki mesin 2.6L RB26DETT twin-turbo inline-6 yang bisa memuntahkan tenaga sampai dengan 276 HP. Tentu, tenaga sebesar ini bukan main-main. Jadi tak heran jika dapat julukan sebagai Godzilla.
Di dalam anime, R32 milik Nakazato memang unggul melawan Takumi. Namun, ia mengalami keausan ban dan akhirnya AE86 milik Takumi berhasil menyalip.
Meski tanpa modifikasi apa pun, sebenarnya R32 ini sudah lebih dari cukup untuk drift. Perannya yang penting dalam anime initial D, akhirnya membuat R32 jadi meningkat statusnya di kalangan pecinta otomotif.
9. Toyota Levin AE85 – Itsuki Takeuchi
Takumi memiliki sahabat yang namanya Itsuki Takeuchi. Ia mengendarai Toyota Corolla Levin AE85 berwarna putih.
Menariknya, Itsuki Takeuchi sebenarnya menginginkan mobil yang sama persis dengan Takumi, tapi ia salah beli karena mengira itu mobil AE86.
Tenaganya menggunakan mesin 1.5L 3A-U dengan kemampuan 79 HP. Mobil ini sangat kurang tenaganya, tetapi kemudian ditambahkan turbo kit.
Di anime, AE85 Itsuki diejek karena performanya yang lemah. Namun, ini sesuai dengan perannya yang konyol dan lucu.
Jadi, itu semua mobil di anime Initial D yang bagi kami cukup ikonik. Kalau Anda punya kesempatan membelinya, tertarik meminang yang mana?
Erwin Juntoro memiliki pengalaman lebih dari 5 tahun di bidang otomotif. Ia menyukai aktivitas memperbaiki, memodifikasi dan tune-up mobil. Selalu update seputar mobil konvensional hingga mobil listrik terbaru.