10+ Mobil Keluarga Murah Pilihan Masyarakat Indonesia!

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Berencana membeli mobil yang cocok untuk kebutuhan transportasi keluarga? Cobalah pertimbangkan mobil keluarga murah yang ada di sini. Hal terpenting yang harus Anda pertimbangkan ketika

Berencana membeli mobil yang cocok untuk kebutuhan transportasi keluarga? Cobalah pertimbangkan mobil keluarga murah yang ada di sini. 

Hal terpenting yang harus Anda pertimbangkan ketika ingin membeli mobil untuk keluarga adalah kenyamanannya. 

Kenyamanan ini bisa jadi dari segi tepatnya kapasitas yang Anda pilih, kondisi mesin yang masih prima, dan juga dari segi kesesuaian desainnya untuk Anda pakai bersama keluarga. 

Rekomendasi Mobil Keluarga Murah

Namun, dari banyaknya pilihan yang tersedia di pasaran, Anda mungkin bingung kira-kira apa yang cocok menjadi mobil keluarga ternyaman plus harganya pas di kantong. Penasaran? Baca di sini: 

1. Daihatsu Xenia

Pertama, kami ingin merekomendasikan Daihatsu Xenia. Jenis mobil ini MPV jadi tak heran jika desainnya cukup lebar. Mesinnya 1.329 cc, sudah cukup untuk kebutuhan mobil sebagai alat transportasi utama bareng keluarga. 

Fiturnya lumayan lengkap plus yang paling penting, harganya terjangkau. Soal di pasaran, harga bekas Xenia ada di kisaran Rp100 jutaan saja. 

Ini bisa jadi pilihan tepat jika Anda tak mau punya mobil LCGC tapi tetap mau desain kompak dan tidak ribet saat berada di jalanan. 

2. Toyota Avanza

Sudah pasti, kami akan merekomendasikan mobil keluarga murah dan irit kembaran dari Xenia yakni Toyota Avanza. 

Apalagi, di generasi ketiganya Avanza hadir dengan desain yang lebih gagah nan elegan. 

Mengapa merekomendasikan ini? Sebutannya saja sudah ‘Mobil Sejuta Umat’. Artinya, banyak konsumen mobil di Indonesia yang memilih mobil satu ini. 

Selain irit, harganya juga tak berat di kantong. Enaknya mobil ini jelas dari konsumsi BBMnya. Per liter, sudah bisa menempuh 17,6 kilometer jauhnya. 

Apalagi kalau full tank yang sebesar 43 liter, maka Avanza sangat cocok untuk jadi transportasi buat liburan bareng keluarga. 

Soal harganya, kalau bekas masih di kisaran Rp127 jutaan – Rp227 jutaan. Meskipun tak murah-murah banget, Avanza ini cocok buat penggunaan jangka panjang. 

Harga beli bekasnya masih cukup tinggi, onderdilnya gampang Anda cari, dan pastinya menjadi mobil keluarga murah yang bisa Anda pilih. 

3. Honda Mobilio

Panjang dan lega. Mobil ini masuk pada kategori Low MPV. Banyak yang bilang kalau mobil satu ini jadi yang paling hemat BBM di antara mobil lain yang berada di kelasnya. 

Apalagi buat varian CVT-nya. Sudah pasti irit BBM karena teknologi ini terkenal dengan efisiensi penggunaan bahan bakar yang begitu baik. 

Buat jalan-jalan di area perkotaan, per liter bisa sejauh 14,8 km mobil ini melaju. Sedangkan buat jarak jauh berkecepatan konstan, bisa sampai 18,9 kilometer. 

Buat di tol juga enak, nggak kebanting-banting seperti mobil LCGC pada umumnya. Powernya lumayan karena mesinnya 1.496 cc dengan 4-silinder. 

Rekomendasi mobil keluarga murah satu ini harganya tidak jauh berbeda dengan Avanza, yakni di kisaran Rp117 jutaan – Rp217 jutaan untuk mobil bekasnya. 

Masih bagus juga dari segi penjualan mobil bekasnya, onderdil yang tersedia di mana-mana, dan kabin yang cukup lega, juga bisa jadi pertimbangan kenapa Mobilio cocok jadi mobil keluarga. 

4. Suzuki Ertiga

Irit, nyaman, dan bertenaga adalah tiga alasan mengapa Anda wajib mempertimbangkan Suzuki Ertiga sebagai pilihan mobil keluarga murah di pasaran. 

Apalagi, mobil bekas Ertiga itu sudah bisa Anda peroleh di kisaran Rp100 jutaan. Sudah banyak yang jual dan rata-rata performanya masih oke punya. 

Mobil Low MPV ini juga bisa dihadapkan dengan kompetitornya yakni Xenia dan Avanza soal iritnya bahan bakar. 

Buat rute luar kota, 18,6 km/liter. Sedangkan untuk konsumsi BBM dalam kota, bisa 14,5 km/per liter. Sudah pasti ini jadi indikator bahwa Suzuki Ertiga memang irit. 

Tenaganya masih oke karena mesin berkapasitas 1.462 cc yang ada di dalamnya. Apalagi, sekarang bisa lebih irit BBM karena ada Heartect yang merupakan teknologi baru yang membuat bobotnya lebih ringan. 

5. Daihatsu Terios

mobil keluarga murah

Bagi Anda yang membutuhkan mobil keluarga murah tapi mewah, bisa mempertimbangkan Daihatsu Terios. 

Bisa juga jadi pilihan mobil keluarga yang irit dengan harga yang nggak kemahalan. Sangat cocok bagi Anda dengan keluarga tipe petualang alias suka perjalanan jauh dan cukup menantang. 

Pasalnya, dengan ground clearance yang tinggi serta desain yang gagah, mobil ini dapat melibas bagaimanapun kondisi jalur yang nanti akan ia lewati. 

Memang, dari segi penggunaan BBM tak seirit yang lain. Tapi, dengan tenaga yang maksimal, ukuran 12 – 13 km/per liter di jalanan macet masih tergolong irit untuk mobil tangguh nan gagah satu ini. 

Sementara buat penggunaan luar kota pada kecepatan konstan di 90 – 100 km/jam, jarak yang bisa Terios tempuh bisa 16 km/liter BBM. 

Ada rahasia mengapa mobil keluarga murah ini bisa irit. Pasalnya, tertanam fitur ECO-idle yang bikin mesinnya berhenti ketika Anda berada dalam jalanan macet. 

Soal harga, Terios ini ada yang jual mobil bekasnya di bawah Rp100 juta. Maka dari itu, kalau mencari mobil keluarga murah dibawah 100 juta coba pertimbangkan Daihatsu Terios saja. 

6. Nissan Livina

Memang paling cocok untuk mobil keluarga itu keluaran Jepang. Meskipun tetap, nanti akan kami rekomendasikan beberapa mobil keluaran Eropa buat kebutuhan transportasi keluarga. 

Pada rekomendasi mobil selanjutnya, kami ingin Nissan Livina bisa masuk ke dalam pertimbangan Anda. 

Produknya tetap di jenis mobil MPV yang memang sudah sesuai dengan pemakaiannya alias Multi Purpose Vehicle (bisa buat apa saja). 

Penulis pun pernah menjajalnya dan buat kebutuhan keluarga, Livina sudah lebih dari cukup. 

Kapasitas penumpangnya yang sampai 7 orang, bahkan cocok untuk membawa serta dua keluarga dengan masing-masing 1 anaknya. 

Soal mesin sudah tentu tak muluk yakni berkapasitas 1.499 cc saja yang sudah cukup untuk hampir semua kebutuhan berkendara. 

Mengenai ketangguhan mesin serta kenyamanan berkendara, mobil satu ini masih jadi sweet spot buat Anda pilih sebagai mobil keluarga. 

Bisa beli bekas biar lebih murah dan keluaran lama, harganya bisa under Rp100 juta. Murah, bukan? 

7. Wuling Cortez

Sekarang, mobil keluarga murah datang dari China. Ada Wuling Cortez yang bisa jadi pilihan untuk mengisi garasi di rumah Anda. 

Di pasar otomotif, Wuling Cortez cukup tenar karena desainnya yang cukup menawan meskipun memang tak sebaik sports car atau mobil mewah. 

Wuling Cortez ini katanya pun sudah punya standar Euro 4 yang menjawab alasan mengapa banyak orang suka dengan mobil keluaran China satu ini. 

Buat jajaran mobil MPV, Cortez masih dapat bersaing di industri mobil Indonesia dan punya banyak peminat. Tak murah-murah banget, memang. Tapi, untuk harga baru Rp200 jutaan dan harga bekas yang pasti di bawah Rp150 jutaan, ini masih worth. 

8. Daihatsu Gran Max MB

Berencana menggunakan mobil keluarga 10 penumpang? Anda bisa mempertimbangkan Daihatsu Gran Max MB 1.3 M/T. 

Mobil ini masih tergolong minibus, tapi buat yang butuh kapasitas kabin buat menampung 10 orang sepertinya ini jadi pilihan pas. 

Kabinnya luas, bagian ruang buat kaki dan kepala sudah pasti lebar. Buat jalan bareng dua keluarga untuk piknik, masih bisa diterabas. 

9. Daihatsu Luxio

Kemudian, untuk kategori mobil keluarga murah yang kabinnya cukup luas adalah Luxio. 

Memang, kebanyakan menjadikan Luxio sebagai kendaraan pengangkut. Tapi, tidak ada salahnya, kan, untuk menjadikan mobil satu ini sebagai mobil keluarga? 

Apalagi bagi Anda yang punya anggota keluarga cukup banyak. Bisa 7 – 10 penumpang yang masuk dan liburan bersama dengan mobil minibus satu ini. 

Sudah murah, kabinnya luas pula. Jadi, Daihatsu Luxio masih bisa jadi pertimbangan terbaik kala Anda membutuhkan mobil yang harga murah buat keluarga. 

10. Kijang Innova

mobil keluarga murah

Sudah pasti, mobil keluarga murah bekas ini paling banyak dicari. Apalagi untuk varian 2GD atau yang sudah Innova Reborn. 

Di pasaran, mobilnya banyak tersedia dan yang minat membelinya pun tak kalah banyak. 

Innova ini juga semacam sweet spot buat pemilihan mobil. Pasalnya, bisa Anda jadikan mobil keluarga, tapi kalau untuk kebutuhan ekspresi dengan modif mobil juga bisa. 

Tenaganya oke punya, karena kapasitas mesinnya 1.998 cc. Tenaganya sampai 137 HP menjadikan MPV satu ini tidak letoy ketika berada di jalanan. 

Akselerasinya pun bisa nyalip kanan-kiri tanpa perlu susah. Keunggulannya, sudah pasti di kabin. 

Coba, tanyakan siapa yang tak suka berada dalam mobil Innova ketika dalam perjalanan jauh? Tapi, harganya memang tak murah apalagi kalau unit barunya. 

Bisa dapat yang lebih murah, hanya saja untuk Toyota Kijang Innova bekas saja. 

11. Suzuki APV 1.5 GE

Sama halnya dengan Luxio atau Gran Max MB, Suzuki APV juga termasuk dalam jajaran mobil keluarga dibawah 150 juta

Ini menjadi salah satu mobil di Indonesia yang juga punya cukup banyak peminat. Selain karena kini harganya bisa di Rp90 jutaan saja, masih banyak alasan lain mengapa APV sering jadi pilihan. 

Tampilannya memang sedikit kaku karena seperti box besar yang berjalan di jalan raya ketika kita melihatnya. 

Tapi, minivan ini udah pakai sliding door yang jelas menjadikannya begitu mudah buat keluar masuk penumpang. 

Kabinnya tentu luas karena mampu mengangkut sampai delapan orang bersamaan. Ruang kaki nyaman, jadi tidak lagi kram ketika perjalanan jauh. 

12. Datsun Go+ Active

Buat mobil keluaran satu ini, Anda bisa dapat desain stylish tapi juga cocok buat angkut keluarga liburan. 

Bisa juga jadi pertimbangkan karena desainnya yang kompak bikin Datsun Go+ Active gampang nyalip di jalanan. 

Apalagi, kapasitasnya yang sampai 7 penumpang, menjadikan alasan terkuat mengapa banyak juga keluarga yang memilih Datsun Go+ Active. 

Soal harga, mobil bekas ini di pasaran sudah ada yang Rp79 jutaan saja. Sangat murah, kan? 

13. Renault Triber

mobil keluarga murah

Kini, waktunya mobil Eropa yang kami rekomendasikan. Ada Renault Triber yang masih terus diimpor dari India sampai kini. 

Benar, pabrik perakitan Renault juga ada di India dan salah satu mobil terpopulernya adalah Triber. 

Mobil ini berada di range Rp180 jutaan untuk harga barunya. Tapi, jika sudah mobil bekas maka sudah pasti berada di bawah Rp150 jutaan sampai di bawah Rp120 jutaan di pasaran. 

Tenaganya dengan kubikasi 999 cc menjadikannya sudah cukup buat melenggang di jalanan. 

Mau Beli Mobil Keluarga Murah? Cek Sini Aja

Memang, tak akan ada mobil mewah keluarga yang harganya murah. Kecuali Anda memang punya budget banyak untuk mendapatkan yang mewah. 

Tapi, kami sarankan buat beli mobil keluarga di CarsCheck saja. Di sini terdapat banyak mobil bekas yang kualitasnya masih terjamin prima. 

Pasalnya, semua unit mobil bekas yang ada telah melalui serangkaian pengecekan detail sekaligus menyeluruh. Hubungi kami untuk mendapatkan unitnya!

FAQ

Mobil apa yang pas buat keluarga?

Banyak. Bisa Avanza, Innova, Xenia, Livina, dan semua yang sudah kami rekomendasikan. 

90 juta dapat mobil seperti apa? 

Anda bahkan bisa mendapatkan seluruh jenis mobil yang sudah kami sebutkan di artikel ini jika beli di CarsCheck. 

Mobil murah apa saja?

Paling murah, yakni Datsun Go dan Datsun Go+.



Other Post

Related Post