Mobil Listrik Volvo EX30, Raja Baru Mobil Listrik Indonesia?

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Industri kendaraan elektrifikasi sepertinya menjadi ‘pasar baru’ yang masih berupaya menemukan siapa rajanya. Alhasil, banyak brand yang berebut memukau konsumen Indonesia dengan mobil listriknya. Salah

Industri kendaraan elektrifikasi sepertinya menjadi ‘pasar baru’ yang masih berupaya menemukan siapa rajanya. Alhasil, banyak brand yang berebut memukau konsumen Indonesia dengan mobil listriknya. Salah satunya adalah mobil listrik Volvo EX30. 

Pabrikan mobil yang terkenal dengan produk tahan tabraknya ini, akhirnya juga ikut dalam kontestasi untuk memenangkan pasar mobil listrik Indonesia. 

Bertenagakan listrik, Volvo EX30 hadir pada pagelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 kemarin. 

Mobil listrik Volvo bertipe SUV ini telah ternobatkan sebagai salah satu dari tiga mobil terbaik yang ada di dunia pada acara New York International Auto Show. Mau tahu lebih detail? Mari, baca sini. 

Baca Juga: 9 Mobil Listrik Buatan Indonesia yang Membanggakan

Hadir dengan Dua Varian Futuristik: Plus dan Ultra

Saat di GIIAS 2024, Volvo justru langsung menghadirkan dua varian dari EX30 ini yakni varian Plus dan Ultra. 

Volvo melakukannya karena kini mereka juga ikut mendukung dan berkontribusi atas roadmap elektrifikasi kendaraan yang telah direncanakan oleh pemerintah. 

Mikael Hagsten-Nielsen, selaku Retail Operation and Aftermarket Manager dari Volvo Cars, mengatakan bahwa mobil ini memang hadir untuk menjawab berbagai macam kebutuhan pelanggan. 

“Meski didesain sebagai compact SUV, EX30 menawarkan tenaga yang tangguh dengan pilihan yang beragam. EX30 hadir dalam versi Single Motor dan Single Motor Extended untuk menjawab kebutuhan banyak pelanggan,” kata Mikael. 

Dengan banyaknya kebutuhan pelanggan yang mungkin dapat terpenuhi pada SUV kompak satu ini, maka tak heran jika Volvo nantinya dapat berkontribusi besar dalam proses perpindahan dari kendaraan konvensional menjadi terelektrifikasi. 

Baca Juga: Subsidi Mobil Listrik: Aturan, Syarat, dan Daftar Mobilnya

Isi Daya Kilat dan Jarak Tempuh Lebih dari 400 Kilometer

Hal ini sekaligus menguatkan posisi mobil listrik Volvo EX30 yang kemungkinan besar punya banyak peminat. 

Pasalnya, kemampuan isi daya kilat yang hadir dalam mobil ini benar-benar menjawab kebutuhan banyak orang yang selama ini sudah cukup bersabar saat mengisi ulang daya mobil listriknya. 

Adanya kemampuan pengisian DC yang cepat, setiap pemilik mobil ini bisa mengisi baterai dari 10% sampai 80% hanya dalam waktu 26 menit saja. 

Jelas, ini jauh lebih cepat IONIQ yang butuh 6 jam 5 menit sampai 80% kapasitasnya hingga rata-rata mobil listrik lain yang bahkan butuh belasan jam untuk mengisi daya. 

Memang, Volvo EX30 ini seperti menantang secara terbuka BMW i3S yang juga begitu unggul dari segi pengisian daya cepatnya. 

Tapi, sepertinya Volvo EX30 ini bisa menang telak karena alasan jarak tempuh. Pada BMW i3S, jarak tempuh yang bisa dilakukan dalam keadaan baterai penuh adalah 300 kilometer. 

Berbeda dengan Volvo mobil listrik satu ini. Dari pengetesan WLTP, pada mobil tipe teratasnya bisa mencapai jarak 476 kilometer. Jelas lebih dari 150 kilometer selisih jarak yang dapat ditempuh oleh keduanya. 

Maka, mempertandingkan antara kendaraan elektrifikasi BMW dengan Volvo satu ini, sama sekali bukan hal yang tepat karena sudah pasti siapa pemenangnya. 

Baca Juga: 7 Jenis Baterai Mobil Listrik yang Ada di Pasaran, Apa Saja?

Harga Mobil Listrik Volvo EX30

Isi daya cepat, jarak tempuh yang jauh, serta bisa berakselerasi 0 – 100 km/jam dengan 5,3 detik saja, menjadikan Volvo EX30 juga unggul dari segi performa. 

Harga yang harus Anda keluarkan untuk mendapatkan unit mobil ini adalah Rp1,16 miliar untuk varian Ultra dan Rp890 untuk varian Plus OTR Jakarta. 

Mau yang lebih murah? Bisa. Beli mobil bekas di CarsGallery aja. Ada banyak unit dengan performa prima yang sudah lolos inspeksi menyeluruh. Penasaran? Hubungi kami!

Other Post

Related Post