7 Mobil paling Nyaman di Segala Medan, Penakluk Jalanan!

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Jalanan di Indonesia, sepertinya menuntut setiap pengemudi untuk memilih mobil paling nyaman di segala medan. Kontur jalan yang tak rata, sesekali mulus, dan banyak pula

Jalanan di Indonesia, sepertinya menuntut setiap pengemudi untuk memilih mobil paling nyaman di segala medan

Kontur jalan yang tak rata, sesekali mulus, dan banyak pula medan yang terjal, menjadikan tiap pengemudi harus memilih mobil yang sesuai dengan tiap kondisi ini. 

Untungnya banyak produsen mobil yang sudah menawarkan kelebihan seperti ini. Bahkan banyak tersedia mobil segala medan murah yang tidak membuat kantong Anda menjerit. 

Jadi, tak perlu risau karena memang cukup banyak tersedia mobil yang mampu memenuhi ekspektasi Anda. 

Baca Juga: 10 Mobil dengan Captain Seat Paling Nyaman

Apa Saja Mobil paling Nyaman di Segala Medan

Tapi, apa saja kira-kira mobil yang tepat untuk berbagai medan atau kontur jalan yang ada di Indonesia? Berikut rekomendasinya: 

1. Toyota Fortuner

Pertama, kami menyarankan Anda untuk mempertimbangkan Toyota Fortuner. Pasalnya, sejak awal rilis mobil ini memang telah dianggap sangat tangguh dalam melibas berbagai medan jalanan yang ada di Indonesia. 

Tentu, ada alasan utama mengapa Fortuner cocok untuk mobil di semua medan. Misalnya saja, ada suspensi monotube tune by GR Performance yang tersemat dalam mobil ini. 

Kehadiran suspensi monotube, tak pelak membuat mobil lebih stabil ketika melibas berbagai jalanan. Baik itu untuk jalan bergelombang sampai offroad yang cukup berat. 

Monotube suspension memang terkenal dengan kehandalannya untuk menjadi peredam getaran sehingga mampu menjadi peredam getaran saat Anda melewati jalanan kasar. 

Selain itu, alasan lainnya adalah Ground Clearance yang cukup tinggi. Jadi, bukan masalah besar jika harus melewati jalanan berlubang, berbatu, sampai jalanan yang penuh dengan genangan air. 

Anda akan bebas khawatir mobil tersangkut maupun tergesek ketika melewati jalanan tak rata. 

Belum cukup di situ, tapi kehadiran TSS dan fitur-fitur keamanan lain, variasi pilihan mesin yang bertenaga, hingga fitur Hill Start Assist dan Downhill Assist Control, menjadikannya lebih nyaman untuk melewati tanjakan. 

2. Nissan X-Trail 

Mobil yang cocok untuk jalan rusak? Salah satu pertimbangan Anda bisa memilih Nissan X-trail. 

Mobil ini punya desain sporty dan agresif yang nampak dari lekukan-lekukan menarik di bagian bodi. 

Selanjutnya, ada kap mesin yang memberi kesan bahwa mobil ini memang tangguh dan kuat. 

Kemudian, mari masuk ke alasan mengapa Nissan X-Trail sangat tepat buat semua medan. 

Pertama, ada suspensi MacPherson Strut di depan serta Multi Link Stabilizer Bar di belakang yang akan memberi Anda kenyamanan optimal. Bahkan untuk jalanan yang berlubang ataupun berbatu. 

Selain itu, ada juga fitur keselamatan seperti ABS, EBD, dan Brake Assist yang akan membuat pengendalian mobil bisa lebih stabil sekaligus aman. 

Bahkan, Nissan X-Trail juga terbilang sebagai mobil keluarga yang kuat di tanjakan. Mengapa demikian? Pasalnya, ada Hill Start Assist yang akan sangat berguna untuk melewati tanjakan dengan mudah. 

Nissan X-Trail pun memiliki mesin responsif yang bisa mencapai 144 PS. Dengan ini, maka semua medan hampir bisa dilibas termasuk untuk kecepatan tinggi ketika Anda menggunakannya di jalan tol. 

Adanya transmisi CVT Xtronic juga membuat mobil paling nyaman di segala medan ini punya perpindahan gigi lebih halus dan efisien. Jadi, tak heran jika Anda mungkin lebih hemat pengeluaran bahan bakar. 

Fitur-fitur seperti Touchless Backdoor dan Around View Monitor juga melengkapi berbagai jenis kebutuhan mobil untuk semua jenis medan yang ada di Indonesia. 

Baca Juga: 10 Mobil yang Cocok untuk Wanita Pemula, Berkendara Mudah!

3. Honda CR-V

mobil paling nyaman di segala medan

Mau jalanan berlumpur hingga untuk kecepatan yang stabil seperti saat Anda berkendara di jalan tol, Honda CR-V masih menjadi salah satu pilihan terbaik. 

Selain cocok untuk hampir semua medan, CR-V juga termasuk mobil paling nyaman untuk perjalanan jauh.

Mengapa nyaman untuk semua medan? Pertama, CR-V ada yang menggunakan sistem penggerak AWD dan juga Hill Start Assist. 

Dari AWD-nya, maka CR-V mampu memberi traksi optimal di jalanan yang berlumpur dan licin. Apalagi dengan ditambahnya Hill Start Assist, maka CR-V akan sangat tepat membantu Anda dalam mengendarai medan yang menanjak. 

Dengan ini juga, akhirnya Anda bisa pindah kaki dari pedal rem ke gas tanpa adanya risiko mundur secara tiba-tiba. Jadi, akan lebih aman ketika berada di tanjakan. 

Selanjutnya, mobil paling nyaman di segala medan ini juga punya Honda Sensing. Di dalamnya memang banyak fitur yang membuat keselamatan pengendara jadi semakin tinggi. 

Misalnya, ada Adaptive Cruise Control, Lane Keeping Assist, hingga Road Departure Mitigation System. 

Ketiga sistem tersebut bisa memberi stabilitas juga keamanan tambahan ketika Anda mengendarainya di medan yang seperti apa pun. 

Belum lagi, soal desain yang ergonomis dari dashboardnya yang bersih. Akhirnya, ini juga yang membuat CR-V terbilang punya visibilitas lebih baik. 

Apalagi ada kursi pengemudi yang bisa Anda sesuaikan secara elektrik yang menambah kenyamanan. 

4. Pajero Sport

Butuh mobil yang cocok untuk daerah pegunungan? Coba pertimbangkan Pajero Sport untuk memenuhi kebutuhan Anda. Pasalnya, mobil satu ini juga terbilang nyaman untuk melibas hampir semua medan. 

Salah satu alasannya karena punya mesin diesel MIVEC yang terbilang tangguh. Dengan mesin ini, Pajero Sport bisa menghasilkan tenaga sampai 181 PS dengan torsi 430 Nm. 

Hadirnya performa tersebut, membuatnya punya daya optimal ketika putaran rendah. Jadi, akan sangat ideal untuk tanjakan yang curam ataupun berbatu. 

Belum lagi ketika melihat teknologi turbochargernya. Anda bisa memperoleh mobil dengan akselerasi cepat yang membuatnya jadi lebih andal di medan offroad yang butuh tenaga mendadak. 

Sistem suspensinya juga membuat Pajero Sport layak dapat sebutan mobil paling nyaman di segala medan

Ada suspensi double wishbone bagian depan dan suspensi multi-link di bagian belakangnya. 

Jadi, dengan suspensi ini maka guncangan ketika Anda melewati jalan tak rata atau berbatu bisa terserap dengan optimal. 

Suspensi yang hadir pada Pajero Sport juga sekaligus membantu mobil agar tak mengalami body roll. Tentu, ini berguna untuk kenyamanan penumpang dan pengemudi di medan yang berat. 

Selanjutnya, dari segi penggerak roda. Pajero Sport sudah memakai sistem penggerak 4WD Super Select II.

Dari fitur keamanannya pun semakin memperkuat posisi Pajero Sport sebagai mobil yang tepat buat perjalanan jauh. Misalnya ada Hill Start Assist dan Hill Descent Control. 

Adanya fitur ini memang sangat membantu terutama untuk medan menurun sekaligus menanjak. Menariknya, tersedia juga Active Stability and Traction Control (ASTC) yang membuatnya lebih stabil meski lewat di permukaan licin. 

Interiornya sudah pakai jok kulit, ada konfigurasi jok elektrik, juga Brake Auto Hold yang membantu Anda untuk kenyamanan yang lebih baik. 

Dengan ini, maka Pajero Sport juga lebih nyaman untuk perjalanan jauh. Maka dari itu, tak heran jika mobil produksi Mitsubishi satu ini terbilang cocok mendapat sebutan mobil paling nyaman di segala medan

5. Land Cruiser

Apa mobil paling nyaman sepanjang masa? Land Cruiser tentu masuk ke dalam salah satu daftarnya. Anda pun bisa memperoleh mobil yang begitu nyaman buat hampir semua medan di Indonesia. 

Dari segi mesin, Land Cruiser punya mesin diesel V6 3.3L twin turbo yang tentu terbilang tinggi performanya karena bisa menghasilkan sampai 305 PS serta torsi 700 m. 

Ada transmisi otomatis 10-percepatan semakin membuatnya nyaman buat akselerasi halus dan responsif. 

Selain itu, torsi besar di putaran rendahnya juga mampu membuat Land Cruiser tepat untuk medan berat seperti jalur berbatu, sungai dangkal, hingga tanjakan curam sekalipun. 

Land Cruiser juga terkenal dengan ladder framenya yang kokoh dan membuatnya jadi tahan banting. Sistem penggerak 4WD Full time dan Multi-Terrain Selectnya pun mampu membuat traksinya semakin mantap. 

Terutama traksi di jalanan berlumpur sampai pasir yang tebal. Suspensinya jelas nyaman karena di depan sudah pakai double wishbone dan 4-link rigid axle di belakang. 

Lebih nyaman buat penumpang, guncangan teredam, efek body roll pun lebih minim terjadi ketika Anda melewati jalanan kurang rata.

Masih ada alasan mengapa Land Cruiser juga termasuk mobil paling nyaman di segala medan

Misalnya, ada Hill Descent Control dan Crawl Control yang akan membantu Anda melewati tanjakan terjal dan melaju pada medan yang begitu sulit. 

Canggihnya TSS seperti Lane Departure Alert dan Pre-Collision Systemnya semakin membuat perjalanan jauh Anda lebih nyaman. 

Baca Juga: 4 Mobil Kapasitas Besar untuk Keluarga, Muat Banyak!

6. Ford Everest

mobil paling nyaman di segala medan

Selanjutnya, ada SUV dari Ford yakni Ford Everest yang juga populer dengan tangguh dan kenyamanannya buat berbagai medan. Mesinnya diesel 2.0L Bi-Turbo yang bisa membuat tenaganya 210 PS dan torsi 500 Nm. 

Medan berat mungkin lebih mudah dilibas dengan Ford Everest. Akselerasinya pun halus karena otomatis, maka buat jalan raya atau off-road bisa terlewati dengan baik. 

Ada pula sistem penggerak 4WD serta berbagai riding mode. Misalnya, mode Rock, Sand, Mud, dan Snow yang bisa Anda sesuaikan untuk jenis medan yang akan dilewati. 

Kenyamanan di kabinnya juga membuatnya semakin layak dapat sebutan mobil paling nyaman di segala medan

Pasalnya, kabin Ford Everest ini luas, ada tujuh tempat duduk pula, serta materialnya mewah. 

7. Range Rover

Range Rover bisa jadi pilihan utama buat Anda yang mau lebih nyaman melewati semua medan. Apalagi ada All-Wheel Drive (AWD) sebagai sistem penggeraknya. 

Plus ada juga Terrain Response 2 yang membuat Range Rover otomatis menyesuaikan respon dari mesin, transmisi, hingga suspensinya berdasarkan kondisi jalanan yang Anda lewati. 

Range Rover pun mempunyai All Terrain Progress Control (ATPC) yang mirip dengan cruise control yang membuat Anda bisa mempertahankan kecepatan konstan ketika di medan berbatu atau licin. 

Adanya fitur Adaptive Dynamics-nya pun membuat Anda mampu memonitor pergerakan mobil sampai 500 kali per detiknya. Jadi, akan lebih nyaman meski jalanannya tak rata. 

Itulah seluruh mobil paling nyaman di segala medan yang bisa Anda pertimbangkan. Tapi, hampir semua harga mobil di atas memang terbilang tinggi jika beli baru. 

Namun, tidak masalah jika nantinya Anda harus membeli mobil-mobil di atas yang sudah bekas pakai. 

Kini, Mobil Bekas Sudah Banyak yang Berkualitas

Tak seperti dulu, saat ini mobil bekas juga banyak yang masih berkualitas. Bahkan sudah lolos inspeksi detail dan ada garansinya. 

Jika ingin mendapatkan mobil bekas yang sudah lolos inspeksi plus ada garansi, maka sudah waktunya cek CarsGallery!

FAQ

Berapa harga mobil yang nyaman untuk segala medan? 

Anda bisa mendapatkan unit barunya dengan harga paling murah sekitar Rp530-an juta. 

Mengapa tidak ada tipe MPV? 

MPV memang cocok buat semua kebutuhan, tapi bukan untuk semua medan jalanan. MPV terbilang kurang tepat untuk medan tak rata, terjal, dan ekstrim. 

Apakah mobil yang paling murah? 

Jika mempertimbangkan yang murah, maka sebaiknya pilih mobil bekas saja.



Other Post

Related Post