5 Mobil Sport Buatan Indonesia yang Jarang Diketahui

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Banyak yang belum tahu bahwa ternyata ada beberapa mobil sport buatan Indonesia yang mampu bersaing dengan mobil produksi brand global. Tidak tanggung-tanggung mobil karya anak

Banyak yang belum tahu bahwa ternyata ada beberapa mobil sport buatan Indonesia yang mampu bersaing dengan mobil produksi brand global. 

Tidak tanggung-tanggung mobil karya anak bangsa bahkan mengusung desain kelas dunia dengan kesan modern dan futuristik. Sisi teknologinya pun mampu menghasilkan performa berkualitas.

Simak cari tahu apa saja merk mobil sport produksi dalam negeri.

Baca juga: 7 Tips Membeli Mobil Avanza Bekas, Anti Kantong Terkuras

Mobil Sport Buatan Indonesia 

Berikut beberapa mobil sport Indonesia yang mampu bersanding dengan mobil pabrikan dari merk terkemuka:

1. SV-1

Mobil SV-1 merupakan hasil pengembangan oleh kerjasama antara Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dengan Coachbuilder Signal Custom. 

SV-1 merupakan mobil desain sporty dan futuristik yang menawan. Mobil ini memiliki desain body tanpa atap yang menegaskan kesan futuristik. Menyesuaikan desain tersebut, SV-1 menggunakan piranti kedap air sehingga aman meski terguyur hujan.

Menilik dapur pacu, SV-1 mengandalkan motor listrik dengan tenaga pacu mumpuni sebesar 115 PS pada 6400 rpm.

Mobil ini menggunakan motor tipe Advanced DC Series Wound Motor yang memiliki kapasitas 160 Ah dengan daya tegangan 144 volt. Menurut klaimnya, SV-1 bisa melaju dengan kecepatan hingga 150 km/jam.

Penggunaan motor listrik memberikan keunggulan tersendiri dari mobil ini karena lebih ramah lingkungan. 

Mobil sport buatan Indonesia ini dilengkapi dengan sistem solar panel dan baterai lithium untuk menyimpan energi listrik. Sehingga selain menggunakan cara pengisian daya biasa, bisa juga memanfaatkan tenaga surya.

Berkat kecanggihan teknologi yang tersemat di dalamnya, SV-1 berhasil mendapatkan gelar The Champion of Class Mild Accelera Auto Contest 2011. 

Mobil SV-1 layak mendapatkan gelar tersebut berkat teknologi yang ramah lingkungan. Selain itu, mobil juga memiliki berbagai fitur canggih seperti Digital Media Station dan Audio System Alpine.

Baca juga: 13 Nama Merk Mobil Buatan Indonesia, Ada yang Sudah Ekspor!

2. SKEV-1

Mobil SKEV-1 (Signal Kustom Electric Vehicle 1) berasal dari pengembang yang sama dengan SV-1, yaitu kolaborasi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dengan Coachbuilder Signal Custom. 

Kemunculan pertama kali SKEV-1 pada pameran di Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Serpong tahun 2011 sempat menghebohkan masyarakat. Pasalnya, mobil ini tampil dengan desain sporty mewah ala mobil balap Lemans.

Hal tersebut karena pengembangan mobil memang terinspirasi oleh laga balap Lemans dan Formula 1 serta tren mobil listrik yang ramah lingkungan.

Mobil SKEV-1 memiliki dandanan yang sangat menarik. Mulai dari subwoofer 10 inci, lampu jenis proyektor dan LED, layar sentuh LCD 7 inci, dan sistem audio canggih.

Material pembuatan mobil Mobil SKEV-1 terdiri dari logam, serat karbon, dan serat kaca. Kemudian, untuk melengkapi kesan mewah, mobil menggunakan dukungan ban Pirelli

Selain desain yang mampu bersaing dengan mobil sport luar negeri, SKEV-1 juga memiliki dapur pacu yang handal. Motor listrik yang tersemat dalam SKEV-1 dapat menghasilkan tenaga hingga 60 HP dan kecepatan maksimal mencapai 140 km/jam.

Mobil ini menggunakan baterai ion lithium berkapasitas 200 Ah. Dengan pengisian penuh, mobil mampu melaju hingga jarak maksimal 140 – 150 km.

Keunggulan lain SKEV-1 terletak pada penggunaan teknologi Energy Recovery Brake System (ERBS) yang mana mampu mendaur ulang energi listrik saat mengerem.

3. Mobil E&C

Mobil produk Indonesia asli selanjutnya yaitu mobil sport bernama E&C yang mana merupakan karya dari mahasiswa ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember), Surabaya.

E&C merupakan mobil listrik dengan desain futuristik dan mewah. Kabin mobil ini cukup lega, sehingga mampu menampung hingga 4 orang penumpang.

Dari segi dapur pacu, mobil ini menggunakan baterai lithium polymer 5 KWh sebagai sumber energi. Dengan baterai yang terisi penuh, mobil E&C mampu melaju hingga jarak maksimal 45 km.

Pengembangan mobil E&C diharapkan dapat menjadi motivasi bagi generasi muda dalam berinovasi. Namun, mobil karya mahasiswa ini belum masuk skala produksi.

Baca juga: Kekurangan Dari Mobil Listrik

4. Selo

mobil sport buatan indonesia

Mobil Selo hadir dengan tampilan yang membuat semua orang terkagum-kagum. Bahkan mungkin ada juga yang tidak percaya bahwa Selo merupakan mobil sport asal Indonesia.

Pasalnya, mobil Selo memiliki desain yang sangat sporty dan elegan ala sedan sport berkelas. Desain mobil Selo memang menyerupai Lamborghini, supercar produksi Italia.

Mobil yang dipamerkan di Konferensi Tingkat Tinggi Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) 2013 di Bali ini merupakan karya dari Menteri BUMN saat itu, yaitu Dahlan Iskan. Dalam pengembangan mobil Selo, Dahlan Iskan menggandeng Ricky Elson.

Selain eksterior yang memukau, Selo juga memiliki performa yang handal. Mobil ini diklaim mampu melaju dengan kecepatan maksimal sebesar 220 km/jam. 

Selo menggunakan mesin berkapasitas 130 KW yang mampu menghasilkan kekuatan 182 HP. Sementara itu, kapasitas baterai mobil Selo adalah sebesar 360 V yang bisa menempuh jarak hingga 250 km.

Mobil listrik ini juga memiliki beragam fitur canggih, seperti gearbox dan regenerative brake.

5. Tuxuci

Sebelum mengembangkan mobil Selo, Dahlan Iskan sudah mengembangkan mobil listrik generasi pertama yang bernama Tuxuci.

Pengembangan mobil yang mulai tahun 2011 ini menggaet sejumlah pemuda berbakat, termasuk Ricky Elson dan Danet Suryatama.

Mobil sport Tuxuci hadir dengan konsep mewah dan desain futuristik. Tuxuci memiliki body yang kompak dengan dominasi warna merah. Bagian interior mobil memiliki tampilan ala Ferrari. 

Semntara itu, dapur pacu mobil dibekali dengan mesin 200 kW. Sebagai sumber energi, mobil sport buatan Indonesia ini mengandalkan baterai LiFEPO4 (Lithium Iron Phosphate) yang mana mampu menempuh jarak hingga 321 km saat terisi penuh.

Sayangnya, mobil sport ini gagal masuk proses produksi massal karena gagal dalam tes uji coba.

Beli Mobil Bekas dengan Aman

Alih-alih mobil sport buatan Indonesia, mobil bekas bisa menjadi pilihan alternatif bagi Anda yang perlu kendaraan dengan low budget. Namun, membeli mobil bekas bisa cukup menantang karena harus pintar memeriksa kualitas dan kelayakan mobil.

CarsGallery merupakan platform jual beli mobil bekas yang terpercaya. Kami menyediakan mobil bekas berkualitas dari berbagai merk dan tipe.

Segera kunjungi CarsGallery untuk mendapatkan mobil bekas bergaransi sesuai kebutuhan Anda.

FAQ

Apakah ada mobil listrik buatan Indonesia yang sudah dijual?

Ada. Contohnya Gelora E dan Kona Electric Indonesia.

Apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih mobil listrik?

Sebelum beli mobil listrik, sebaiknya Anda mempertimbangkan daya listrik rumah, kapasitas baterai mobil, dan jarak tempuh. Selain itu, ada baiknya memperhatikan garansi dan perawatan.

Berapa harga mobil sport di Indonesia?

Harga mobil sport bisa bervariasi tergantung merk dan varian. Kisaran harga mobil sport yaitu mulai dari Rp775 juta.



Other Post

Related Post