Mobil Terios Lama: Perkembangan Menarik di Setiap Generasi

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Terios, menjadi salah satu Sport Utility Vehicle (SUV) yang cukup populer di Indonesia. Mobil Terios lama pertama kali diproduksi tahun 1997. Mobil ini merupakan kelanjutan

Terios, menjadi salah satu Sport Utility Vehicle (SUV) yang cukup populer di Indonesia. Mobil Terios lama pertama kali diproduksi tahun 1997. 

Mobil ini merupakan kelanjutan dari mobil lama yakni Daihatsu Rocky series F300. Kini, telah ada dua generasi dari Daihatsu Terios. 

Dari tiga generasi ini mobil, Terios telah mulai menyasar pasar di Indonesia sejak tahun 2006. Sejak generasi pertamanya pun memang sudah memberikan kendaraan dengan tampilan yang tangguh sekaligus modern. 

Mari, kita simak berbagai versi dan keluaran Daihatsu Terios lama dan yang menarik untuk Anda pinang. 

Rekomendasi Mobil Terios Lama

Memahami Terios sebaiknya dari versi paling lamanya agar Anda mengetahui bagaimana kendaraan SUV satu ini berkembang. Lebih lengkap soal Terios, akan kami jelaskan di sini: 

1. Terios 2006 – 2009 Sebagai Generasi Pertama

Benar, generasi Terios pertama ada tahun 2006. Dari segi tampilan, memang menjadi disruptor pasar mobil SUV kala itu. 

Alasannya karena dari segi tampilan memang lebih tangguh sekaligus modern daripada mobil SUV lainnya. 

Varian yang tersedia yakni: 

  • Terios TS MT
  • Terios TX MT
  • Terios TX AT

Pada generasi pertama, versi paling tingginya adalah TX AT. Dari segi desain memang begitu maskulin. 

Grille nampak apik apalagi dengan kombinasi warna hitam bersama dengan logo dari Daihatsu. 

Melihat dari segi lampu utama plus rumah foglamp, menjadikan tampilannya lebih modern tapi juga sporty. 

Kemudian, membahas dari segi interior. Nah, untuk keluaran 2006, interior dalam mobil Terios lama memang sangat sederhana. 

Setir, jok, dan doortrim masih menggunakan warna abu-abu yang begitu mendominasi. Tapi, memang bagian dalam atau interiornya begitu biasa-biasa saja. 

Bahkan nampak juga dari fitur keselamatan yang ada di mobil Terios lama ini. Memang begitu sederhana karena belum ada airbag dan ABS.

Kemudian, power steeringnya juga masih menggunakan mekanisme hidrolis. Dari segi harga, mobil ini harganya di bawah Rp100 jutaan. Lebih tepatnya sekitar Rp70 jutaan. 

2. Generasi Tahun 2010 – 2012

mobil terios lama

Terios tak berhenti produksi pada tahun 2009 dan melakukan perubahan dari beberapa sisi untuk keluaran tahun 2010 – 2012. 

Bedanya daripada keluaran tahun 2006 – 2009 adalah mobil Terios lama ini menerima tambahan varian terbarunya yakni Terios TS AT. 

Jadi, konsumen mobil di Indonesia menjadi lebih mampu untuk memperoleh Terios bertransmisi otomatis pada varian yang paling rendah. 

Kemudian, perubahan lain terjadi di bagian bumper sekaligus grille. Nampak lebih kokoh sekaligus lebih menampilkan kesan aerodinamis. 

Lalu, pada bagian velg juga mengalami perubahan. Memang, hanya berubah model saja tapi cukup membuat kesan sporty lebih kuat daripada versi tahun 2006 – 2009. 

Nah, untuk bagian belakangnya dapat bumper yang desainnya direvisi. Lengkap juga bersama reflektor yang nyalanya lebih terang daripada versi sebelumnya. 

Di bagian interior, tampilan dari dashboard memang lebih mewah daripada variasi mobil Terios lama. Pasalnya, memang menggunakan integrated head unit yang menjadi satu bersama center meter cluster. 

Kemudian, ada juga tombol tambahan di setir untuk audio hingga Electronic Power Steering (EPS). 

Warna Terios dari tahun ini yang tersedia enam varian. Adapun warnanya Classic Silver, Midnight Black, Royal Red, Sand Gold, Noble Grey, dan Icy White. 

Sedikit lebih baru daripada versi pertamanya, mengenai harga dari versi keluaran tahun 2010 – 2012 yakni Rp59 juta hingga Rp110 jutaan. 

3. Terios Tahun 2013 – 2014

Mobil satu ini hampir sama dengan keluaran tahun sebelumnya, yakni tetap mendapatkan sambutan hangat oleh konsumen Indonesia. 

Penyegaran terjadi dari segi eksterior, utamanya di sisi rear dan front bumper guard, side stone, dan over fender. 

Kemudian, pada versi tertingginya yakni Terios TX sudah lengkap juga dengan rear spoiler, spion retractable, dan juga spare wheel cover. 

Lalu, untuk keselamatan pastinya juga lebih baik karena sudah ada SRS Airbag. Selanjutnya, bagian interior Terios versi 2013 dan 2014 ini telah menambahkan juga layar sentuh 2DIN. 

Ada juga Audio CD, MP3, DVD, Aux, USB, kemudian lengkap dengan GPS. Nah, hadirnya GPS ini menjadikan Terios lebih unggul daripada Toyota Rush yang mirip dengan Terios. 

4. Terios 2015 – 2016

Daihatsu masih terus melanjutkan produksi Terios ke versi tahun 2015 sampai dengan 2017. Sama dengan pattern sebelumnya yakni Terios mendapatkan sejumlah perubahan. 

Perubahannya memang terjadi dari beberapa sisi mulai dari bagian luar sampai bagian dalam. 

Dari segi lampu, ada penggunaan Daytime Running Light (DRL) LED yang ada pada bagian depan. 

Dengan lampu LED ini sudah pasti tampilannya lebih modern. Pun mobil ini tambah gagah dengan tambahan bumper belakang dan depan yang lebih besar. Akhirnya, tampilan Terios memang jauh lebih berotot daripada beberapa versi sebelumnya. 

Kemudian, fitur terpenting lainnya adalah Window Jam Protection. Fungsinya yakni agar pengemudi lebih terhindar dari risiko terjepit kaca pintu mobil. Yap, mobil Terios lama ini juga menambahkan fitur keamanan. 

Lalu, Terios juga memasang tambahan fitur keamanan seperti immobilizer. Melalui fitur ini, mesin mobil tidak akan bisa dinyalakan jika memang tidak menggunakan kunci aslinya. 

Aksesoris mobil Terios lama ini juga nampak pada penambahan head unit yang mana, telah ada konektor HDMI. 

Nah, dari segi harga ini bervariasi tergantung pada tipe atau varian Terios yang Anda gunakan. Adapun harganya yakni: 

  • Terios X M/T 2016: Rp125 juta
  • Terios R M/T 2016: Rp135 juta
  • Terios R Adventure A/T 2016: Rp140 juta
  • Terios R Adventure A/T 2017: Rp150 juta

5. Generasi Kedua Daihatsu Terios, Tahun 2017

mobil terios lama

Akhirnya, setelah lebih dari satu dekade produksi, Terios melakukan perubahan yang cukup signifikan. 

Produsen dengan logo D ini akhirnya menambahkan penyegaran cukup menyeluruh. Tampilan dari mobil ini jauh lebih manis karena menjadi SUV ala perkotaan. 

Dari segi dimensi, akhirnya mobil ini lebih panjang daripada generasi awal atau sebelumnya. Bahkan ground clearance menjadi lebih tinggi menjadi 220 mm. Inilah yang kemudian membuat Terios generasi kedua tampak lebih tinggi. 

Lalu, ban Terios yang biasanya menjadi ciri khas di generasi pertama sebagai ban serep akhirnya dihilangkan. Kesan mobil jip dari Terios ini juga ikut menghilang karena upaya menghilangkan ban serep. 

Teknologi-teknologi di dalamnya sudah pasti lebih canggih apalagi memakai Dual VVT-i di bagian mesin 2NR-VE 1.500 yang ia miliki. 

Penggunaan mesin dan teknologi semacam ini akhirnya membuat Terios menjadi lebih irit, tapi tetap dengan performa yang maksimal. 

Mengenai harga Terios lama tahun 2017 ini, rata-rata di pasaran tersedia dengan harga mulai dari Rp150 jutaan. Mirip memang dengan generasi sebelumnya, tapi jika Anda ingin mendapatkan pengalaman terbaik bisa mempertimbangkan mobil ini. 

6. Terios Tahun 2021

Anda bisa melakukan banyak modifikasi mobil Terios lama, tapi tetap masih belum punya tambahan fitur eco idle seperti yang ada di Terios 2021. 

Benar, akhirnya Daihatsu melakukan penyegaran lagi ke keluaran tahun 2021 miliknya. 

Untuk tampilan, tak berubah. Tapi, banyak penambahan signifikan yang terjadi di bagian fitur-fiturnya. Bahkan banyak ahli otomotif yang mengatakan jika fitur-fitur di Terios 2017 atau sebelumnya mengalami banyak revisi. 

Contohnya saja, pada Terios 2021 ini melengkapi dirinya dengan teknologi keselamatan yang jauh lebih modern lagi. Adanya Vehicle Stability Control (VSC), sampai dengan Hill Start Assist (HSA) menjadikan standar keamanannya tinggi. 

Paling penting adalah konsumsi BBM Terios tahun 2021 ini yang memang lebih irit sampai dengan 5% – 10%. Fitur eco idle adalah alasan mengapa Terios 2021 jauh lebih irit untuk pemakaian bahan bakar. 

Fitur eco idle ini akan menonaktifkan mesin otomatis ketika Anda menghadapi kemacetan. Maka dari itu, pemakaian BBM jauh lebih irit. 

Anda juga bisa memperoleh mobil ini di pasar mobil bekas dengan harga Rp238 jutaan. 

Ingin Dapat Mobil Bekas Terbaik? Cek Sini!

Butuh mobil bekas terbaik dan masih berkualitas? Anda bisa mempercayakan urusan jual beli mobil bekas pada CarsGallery. 

Setiap mobil yang ada di sini, sudah pasti melalui proses pengecekan yang begitu detail guna memastikan Anda memperoleh produk terbaik!

FAQ

Berapa harga mobil Terios lama

Anda bisa memperoleh mobil Terios versi lama mulai dari harga Rp59 jutaan – Rp240 jutaan untuk versi tahun 2021. 

Apakah mobil Terios irit bahan bakar? 

Jika menggunakan versi tahun 2021, maka sudah pasti irit karena ada fitur eco idle yang membuatnya lebih irit sebesar 5 – 10%. 

Apakah Terios sudah injeksi?

Ya, mobil Daihatsu Terios sudah memakai Electronic Fuel Injection (EFI).



Other Post

Related Post