Pentingnya Jaga Kebersihan Injektor Mobil

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Injektor mobil menyuplai bahan bakar serta juga udara ke ruang mesin atau silinder. Sensor ialah merupakan salah satu dari banyaknya komponen yang mendukung injector. Mobil

Injektor mobil menyuplai bahan bakar serta juga udara ke ruang mesin atau silinder. Sensor ialah merupakan salah satu dari banyaknya komponen yang mendukung injector.

Mobil sebelumnya menggunakan karburator untuk menyuplai bahan bakar dan udara secara manual. Namun, mobil terbaru menggunakan injektor daripada karburator. Jadi tidak mengherankan jika saat kamu membongkar mobil tua, kamu menemukan karburator di tempat injektor mobil.

Permasalahan injektor mobil:

  • Injektor kotor.

Kondisi injektor mobil yang kotor tadi bisa sangat berdampak negatif pada kinerja mobil kamu karena berfungsi sebagai penyuplai utama untuk udara dan bahan bakar ke bagian silinder. Beberapa masalah yang bisa aja muncul karena kondisi injektor mobil yang kotor, sebagai berikut: mesin jadi sulit dinyalakan, mesin malah mogok, asap knalpot jadi berwarna lebih pekat, mesin jadi sering bergetar, dan juga bahan bakar bocor. 

  • Saran perbaikan.

Jika kamu ingin mencegah hal ini terjadi, kamu harus melakukan perbaikan. Disarankan untuk membersihkan injektor mobil setiap 10.000 km atau kurang. Dengan melakukannya secara teratur, mesin mobil akan menjadi lebih baik. Karena proses pembakaran bahan bakar yang lebih baik, suplai bahan bakar ke silinder tidak akan tersumbat dan kinerja mobil tidak akan mengalami masalah.

Untuk membersihkan injektor, kamu dapat membawanya ke bengkel, mencampur cairan pembersih ke sisi bahan bakar, dan terakhir, kamu dapat menggunakan cairan pembersih injektor mobil. Tentu saja, setiap metode memiliki kekurangan dan kelebihan. Berikut adalah beberapa dari kekurangan dan kelebihannya.

Membersihkan injektor mobil di bengkel pasti lebih baik daripada membersihkannya sendiri di rumah. Kebanyakan bengkel mobil memiliki alat kalibrasi injektor. Mesin ini mengetahui apakah seluruh injektor mobil masih dalam kondisi baik.

Seluruh injektor mobil kamu akan dipasangkan pada alat ini setelah dikeluarkan dari mobil. Selanjutnya, perangkat tersebut akan memberikan tekanan yang tepat untuk mengukur kinerja injektor mobil. Setelah kalibrasi, injektor akan dibersihkan dengan cairan dan juga dimasukkan ke dalam mesin pembersih ultrasonik.

Dengan cara ini, akan menjadi mudah untuk mengetahui apakah injektor mobil benar-benar bersih dan apakah kinerjanya telah meningkat. Kekurangan metode ini adalah bahwa itu membutuhkan waktu yang cukup lama. Jika kamu membersihkan injektor mobil kamu di rumah, kamu harus membawa mobil kamu ke bengkel dan juga akan mengeluarkan biaya yang lebih tinggi.

  • Tips perbaikan.

Mencampur Injector Cleaner dengan Bahan Bakar: Ini adalah cara kedua yang dapat kamu lakukan. kamu harus mencampur injector cleaner dengan bahan bakar. Cara ini tidak akan seefektif metode pertama karena kamu tidak dapat secara langsung memastikan apakah injektor mobil kamu benar-benar bersih. Sebaliknya, saat pemompaan bahan bakar terjadi, bahan bakar yang sudah tercampur dengan pembersih injektor akan membersihkan injektor.

Menggunakan cairan pembersih injector Cara terakhir ini, jika dibandingkan dengan metode kedua, mungkin cukup efektif. Namun, tentu saja, metode ini masih kurang efektif ketika kamu membawa kendaraan kamu ke bengkel. kamu dapat membeli pembersih injektor di toko dan kemudian membersihkannya sendiri di rumah.

Kekurangan metode ini adalah prosedur pembersihan yang cukup sulit, terutama bagi mereka yang tidak memahami komponen mobil.

Pertama, buat selang untuk menghubungkan tabung pembersih dan injektor mobil. Karena mobil akan dihidupkan untuk proses pembersihan, pastikan alur dari tangki bahan bakar ke injektor terputus.

Jika aliran bahan bakar tidak terputus, bahan bakar pasti akan terpompa dan bocor ke mana-mana. Satu-satunya cara untuk menghentikan aliran bahan bakar adalah dengan mencabut tuas atau kabel pompa yang ada di tangki.

Pastikan kamu membaca buku manual mobil kamu karena tiap mobil memiliki lokasi yang berbeda. kamu hanya perlu menyalakan mobil setelah itu selesai hingga proses pembersihan injektor selesai.

Rekomendasi bengkel mobil Balikpapan no 1 Halobengkel

Other Post

Related Post