Ini 8 Penyebab Mobil Bergetar Pada Kecepatan Tertentu

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Tahukah Anda apa penyebab mobil bergetar pada kecepatan tertentu? Ketika berada di jalanan yang lengang dengan akses lancar membuat pengemudi cenderung memacu laju kendaraan dengan

Tahukah Anda apa penyebab mobil bergetar pada kecepatan tertentu? Ketika berada di jalanan yang lengang dengan akses lancar membuat pengemudi cenderung memacu laju kendaraan dengan kecepatan tinggi.

Tanpa disadari hal tersebut membuat ketidakseimbangan pada kendaraan. Bukan hanya pada kecepatan tinggi saja, tetapi beberapa kendaraan yang melaju terlalu pelan juga membuat mobil jadi bergetar.

Timbulnya getaran pada mobil tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor. Apa saja? Anda bisa temukan jawabannya pada pembahasan lengkap di bawah ini.

Baca juga: Penyebab Bunyi pada Roda Mobil dan Cara Mengatasinya

Penyebab Mobil Bergetar Pada Kecepatan Tertentu

Anda sedang mengemudi mobil dan terjadi getaran secara tiba-tiba? Jangan anggap remeh! Getaran yang muncul bisa saja terjadi karena terdapat sistem mobil yang tidak ideal.

Berikut beberapa penyebab mobil bergetar saat berkendara dengan kecepatan tertentu yang perlu Anda ketahui, antara lain:

1. Kondisi Ban

Pertama yaitu faktor dari ban mobil. Anda pasti paham kalau ban merupakan bagian paling krusial karena bergesekan langsung dengan jalan raya. Sehingga, secara tidak langsung mempengaruhi kestabilan dalam berkendara.

Ketika Anda berkendara dan tiba-tiba timbul getaran, bisa jadi karena kondisi ban yang tidak seimbang. Pengisian angin antara satu ban dengan ban lainnya berbeda sehingga membuat mobil bergetar saat Anda kendarai.

Meski sederhana, tetapi pengaruh angin pada ban mobil ini sangat besar. Selain menimbulkan rasa kurang nyaman saat berkendara, ban mobil yang tidak stabil juga mengancam keselamatan karena proses berkendara yang tidak maksimal.

2. Shockbreaker

Mengapa mobil bergetar saat kecepatan tinggi? Salah satu faktornya adalah shockbreaker. Alat ini memiliki fungsi untuk meredam getaran pada kendaraan ketika sedang melaju.

Apabila terdapat satu bagian saja yang rusak, bisa dipastikan komponen mobil akan bergetar secara otomatis.

Meskipun paling umum getaran mobil ini dirasakan saat melaju dalam kecepatan tinggi, tetapi pada beberapa kondisi shockbreaker yang sudah parah, pada kecepatan rendah pun akan menimbulkan efek getaran yang kuat.

Solusi untuk mengatasi permasalahan ini dengan mengganti shockbreaker lama dengan yang baru. Sehingga getaran pada mobil bisa diredam kembali saat kondisi melaju, baik dalam kecepatan tinggi ataupun rendah.

Baca juga: Ciri Suspensi Mobil Bekas Rusak

3. Propeller

Berikutnya adalah propeller. Mobil bergetar ketika Anda kemudikan bisa juga dipengaruhi oleh propeller, meskipun kemungkinannya sangat kecil.

Hal ini karena fungsi dari propeller yang sengaja dirancang untuk menahan getaran ketika transmisi data dari gearbox ke diferensial. Selain itu, propeller juga berfungsi untuk menahan tekanan yang menimbulkan pembelokan.

Oleh karena itu, meski kecil kemungkinannya getaran pada mobil bisa juga disebabkan oleh kerusakan pada propeller mobil.

4. Mesin

penyebab mobil bergetar pada kecepatan tertentu

Kemudian, mobil bergetar saat kecepatan tinggi juga bisa disebabkan oleh mesin yang bermasalah. Contoh kasusnya seperti mesin yang tidak mendapatkan pasokan bahan bakar sesuai kebutuhan.

Pastinya hal tersebut menimbulkan masalah pada sistem kompresi dan kelistrikan kendaraan. Bahkan, setelan mesin yang kurang pas dan kopling habis tanpa pengecekan berkala, juga bisa mempengaruhi performa dari mesin kendaraan.

Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan karena faktor mesin sebaiknya Anda lakukan pengecekan secara berkala. Utamanya di bagian penyuplaian bahan bakar.

Jangan lupa cek komponen mobil mulai dari filter bensin hingga busi, apakah ada sumbatan atau kotoran atau tidak. Selain itu, pastikan juga untuk melakukan pergantian secara berkala pada suku cadang mobil.

5. Rem Kendaraan

Selanjutnya, penyebab mobil bergetar pada kecepatan tertentu adalah rem kendaraan. Permasalahan satu ini cenderung bisa Anda rasakan ketika sedang menginjaknya.

Maka, bisa diambil kesimpulan bahwa poin masalahnya ada pada cakram. Ketika cakram rem sudah tidak presisi, maka akan timbul rasa bergetar saat pengemudi penginjaknya. Hal ini tentu harus segera Anda atasi dengan menggantinya.

Selain itu, pengaruh rem ini juga bisa disebabkan oleh kampas yang sudah buruk. Poin ini wajib Anda perhatikan karena sistem pengereman juga menjadi komponen penting saat berkendara. Segera atasi untuk menjaga keamanan berkendara.

Baca juga: Pentingnya Jaga Kebersihan Injektor Mobil

6. Busi

Anda sedang mengalami masalah mobil bergetar secara tiba-tiba? Bisa jadi itu pengaruh dari busi yang sudah mati. Kondisi busi yang mati akan membuat mesin bekerja secara pincang.

Komponen busi di dalam mobil ini terdapat empat titik. Jika salah satunya mati, lebih baik Anda seluruhnya. Sebab, jika Anda biarkan busi ini akan mempengaruhi kinerja mesin dan membuat performanya menjadi buruk.

Alhasil, Anda menjadi kurang nyaman saat berkendara.

7. Velg

Lalu, ada juga pengaruh lain dari velg mobil. Saat berada di kecepatan tinggi, velg yang bengkok atau mengalami kerusakan bentuk akan memicu getaran pada kendaraaan.

Velg yang tidak presisi membuat ban mobil tidak akan terbentuk bulat sempurna. Sehingga, keseimbangan dalam berkendara tentu saja terganggu. Tidak hanya itu, pengaruh velg yang rusak ini juga akan berpengaruh besar pada daya tahan beban.

Solusi atas masalah ini tentu Anda harus mengganti velg ban sesuai dengan aturan aslinya. Jangan lupa untuk menghindari lubang di jalan ketika berkendara untuk memastikan velg tidak rusak akibat benturan keras yang terjadi.

8. Engine Mount

Terakhir, mobil bergetar saat dikendarai juga bisa disebabkan oleh engine mount yang rusak. Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa fungsi dari engine mount sendiri untuk menahan bobot mesin.

Apabila terjadi kerusakan, maka sedikit banyak getaran akan Anda rasakan, utamanya ketika berkendara dengan kecepatan tinggi. Biasanya faktor kerusakan engine mount ini karena pernah mengalami kecelakaan.

Nah, demikianlah beberapa pembahasan mengenai penyebab mobil bergetar pada kecepatan tertentu. Pastikan Anda melakukan pengecekan menyeluruh sebelum mulai berkendara, apalagi bepergian jauh.

Pasalnya, mobil bergetar akan berpengaruh pada keselamatan selama berkendara. Oleh karena itu, mari lebih peduli dengan kesehatan mobil dengan melakukan perawatan secara berkala. Semoga informasi di atas bermanfaat.



Other Post

Related Post