Ini Perbedaan Brio S dan E, Ada yang Fiturnya Lebih Lengkap!

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Anda pecinta mobil compact, pasti tidak asing dengan Brio Satya yang menjadi andalan Honda. Punya selisih harga 10 sampai 20 juta rupiah, membuat banyak yang

Anda pecinta mobil compact, pasti tidak asing dengan Brio Satya yang menjadi andalan Honda. Punya selisih harga 10 sampai 20 juta rupiah, membuat banyak yang bertanya-tanya apa perbedaan Brio S dan E. 

Pasalnya, kedua varian ini laris di pasaran. Sama-sama mengusung mesin 1,2 liter i-VTEC 4 silinder yang tenaganya sampai 90 PS, bagaimana dengan perbedaanya? 

Anda yang ingin membeli mobil perkotaan wajib cek dulu perbedaanya ini. 

Baca Juga: Trik Mengemudi Mobil Perkotaan Lebih Nyaman dan Irit BBM 

Perbedaan Brio S dan E dari Eksterior hingga Fitur 

Brio Satya hadir dalam tiga varian, yaitu Satya A, S, dan juga E. Sekilas ketiganya memiliki tampilan sama yang menggunakan velg berukuran 14 inci. 

Namun, Satya S dan E jauh lebih terkenal dan memiliki beberapa perbedaan jika Anda meniliknya lebih lanjut. Cek apa perbedaan Brio S dan Brio E berikut ini:

1. Perbedaan Transmisi 

Kebanyakan produsen mobil saat ini selalu memproduksi mobil dengan dua transmisi, yaitu manual dan otomatis. Sayangnya, hal ini tidak berlaku di Honda Satya. 

Brio S hadir dengan satu transmisi yaitu manual. Mungkin hal ini juga yang membuat harganya lebih murah. Sedangkan Brio E hadir dengan dua jenis transmisi yaitu manual dan otomatis. 

Jika Anda tidak terbiasa dengan transmisi manual, maka akan lebih baik memilih Brio E yang sudah mengandalkan transmisi otomatis. 

Harganya pun tidak terlalu beda jauh. Anda bisa mendapatkan harga mobil Honda Brio second dibawah 50 juta baik untuk varian S maupun E jika memiliki sekitar 45.000 km. 

2. Kehadiran LED Daytime Running Light (DRL)

Pada bagian eksterior, Brio tipe E tampil lebih stylish karena adanya LED DRL. Penggunaan lampu ini adalah sebuah keistimewaan yang belum pernah terjadi pada varian Honda Satya sebelumnya. 

Di sisi lain, Biro S tidak menggunakan LED DRL. Pada bagian lampu depannya masih mengusung jenis lampu bohlam. Kekurangan ini yang juga membuat harganya lebih rendah. 

3. Perbedaan Warna Panel Handle Pintu 

Jika Anda mencermati bagian bodi mobil, area panel handle pintu memiliki warna yang berbeda. Brio S menggunakan panel plastik dengan warna hitam yang membuatnya tampak berbeda dari area bodi yang lain. 

Sedangkan Brio E memiliki warna yang sama pada bagian panel handle pintu dan juga warna keseluruhan bodi. Pemilihan warna ini justru membuat mobil terlihat lebih eksklusif. 

4. Penambahan Wiper Belakang 

Perbedaan Brio S dan E juga sangat terlihat dari penggunaan wiper belakang. Penerapan pertama kali lagi-lagi dimiliki oleh Brio Satya E. Kehadiran wiper belakang ini justru membuat Anda bisa berkendara lebih nyaman saat hari hujan. 

Berbeda dengan Brio Satya S yang belum menambahkan wiper belakang. Anda harus selalu menjaga kebersihan kaca pintu belakang sebelumnya agar berkendara lebih nyaman. 

Baca Juga: 5 Tips Memilih City Car yang Cocok untuk Tembus Kemacetan

5. Material Velg yang Berbeda

perbedaan brio s dan e

Baik itu tipe Brio terendah sampai tertinggi menggunakan velg ukuran 14, tetapi jenis material yang digunakan berbeda. Honda Brio Satya E menggunakan velg berbahan alloy yang mendukung akselerasi.

Brio Satya S masih menggunakan velg kaleng yang kualitasnya berbeda tetapi memiliki harga yang lebih murah. 

6. Kenyamanan Interior 

Manakah yang lebih nyaman pada bagian interior, Satya S atau E? Jika memperhatikan penggunaan jendela, Satya S hanya menggunakan panel power window untuk jendela bagian depan. 

Pada bagian jendela belakangnya masih menerapkan engkol biasa yang bisa menimbulkan kesulitan. Namun, pada Satya E kedua jendela baik depan dan belakang sudah menggunakan fitur panel power window

Perbedaan Brio Satya S dan E bagian interior lainnya adalah head unit. Khusus  Satya E menggunakan dua buah DIN dibandingkan Satya S yang hanya memiliki satu DIN saja. 

Jika soal AC, keduanya sama-sama nyaman karena sudah mengadopsi AC digital. Tema warna interior juga sama yaitu abu-abu, jadi sekilas terlihat mirip. 

7. Fitur Hiburan 

Perbedaan Brio S dan E bisa terlihat juga pada bagian fitur hiburan. Tentu saja Satya E memiliki fitur hiburan lengkap seperti audio steering switch

Fitur ini memungkinkan pengendara untuk mengatur fitur hiburan yang ada di head unit. Anda yang sedang menyetir tidak perlu melepaskan setir saat ingin mengganti musik atau meningkatkan volumenya. 

Honda Brio S, masih sama seperti Brio A dan generasi sebelumnya. Ada beberapa fitur seperti pemutar CD, speaker belakang, head unit yang belum layar sentuh hingga sistem navigasi. 

Baca Juga: 6 Kelebihan Mobil Perkotaan Gesit, Irit, dan Super Andal!

8. Fitur Keamanan 

Tidak lengkap rasanya jika belum mengetahui fitur keamanan yang kerap menjadi penentu Anda saat membeli mobil. Brio E memiliki fitur keamanan yang sangat lengkap, seperti auto door lock by speed hingga alarm system. 

Auto door lock by speed adalah fitur yang membuat pintu terkunci otomatis saat mobil melaju di kecepatan tinggi. Sedangkan alarm system ini adalah kunci yang terintegrasi dengan alarm. 

Apabila ada yang membobol mobil, maka alarm akan otomatis berbunyi yang bisa meningkatkan keamanan. 

Mana Tipe Brio Satya yang Cocok untuk Anda? 

Perbedaan Brio tipe S dan E ada cukup banyak yang membuat Anda mungkin masih merasa bingung untuk memilihnya. Jika masih bingung, berikut ini beberapa hal yang patut untuk dipertimbangkan:

1. Kenyamanan dan Keamanan Berkendara yang Lebih Tinggi 

Anda lebih suka mendapat kenyamanan serta keamanan yang tinggi? Maka Anda lebih cocok untuk membeli Satya E yang memiliki fitur lebih lengkap. 

Tidak perlu lagi khawatir soal keamanan ketika berkendara jarak jauh atau membawa banyak penumpang. 

2. Menyesuaikan Harga dengan Kantong 

Tentukan berapa dulu budget yang Anda miliki untuk membeli mobil. Jika Anda memiliki budget yang tidak terlalu tinggi, maka Satya S bisa menjadi pilihan tepat. 

Perbedaan 10 sampai 30 juta tentu bukanlah angka yang rendah. Namun, jika Anda mendambakan Satya E maka sebaiknya menabung terlebih dahulu untuk mendapat budget yang pas. 

Bisa juga mempertimbangkan membeli secara kredit yang ramah di kantong. 

Pilih Honda Brio yang Cocok untuk Anda di CarsGallery 

Saat ini Honda Brio Satya tipe E dan S sudah tidak lagi diproduksi lagi. Namun, Anda masih bisa beli Honda Brio bekas di Carsgallery

Variannya tersedia lengkap dari tipe A, S, dan juga E. Anda hanya perlu memilih mana yang sesuai dan jangan takut soal kualitas, karena semua mobil sudah melewati tahapan pengecekan bersertifikasi. 

Mengenali perbedaan Brio S dan E secara lengkap tentunya membuat Anda tidak perlu ragu lagi untuk memilihnya. Dapatkan segera semua tipenya atau merek mobil bekas lain yang berkualitas di CarsGallery sekarang. 

FAQ

Kapan Honda Brio Satya E CVT pertama kali rilis? 

Brio Satya E transmisi otomatis rilis pertama kali 7 April 2016 di IIMS. 

Apakah Honda Brio Satya boros? 

Tidak, mobil ini terkenal irit BBM. 

Berapa liter tangki bbm penuh Brio Satya? 

Ukuran tangki penuhnya adalah 35 liter. 



Other Post

Related Post