10 Perbedaan Brio Satya dan RS, Wajib Tahu Sebelum Beli!

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Sejak 2012, Brio mengembangkan berbagai model dan varian. Dua jenis yang sering jadi pembahasan adalah tipe Satya dan RS. Apakah keduanya sama atau justru terdapat

Sejak 2012, Brio mengembangkan berbagai model dan varian. Dua jenis yang sering jadi pembahasan adalah tipe Satya dan RS. Apakah keduanya sama atau justru terdapat perbedaan Brio Satya dan RS

Saat awal kemunculannya sampai kini, Brio dalam tipe atau varian apapun, jadi idola masyarakat perkotaan. Apalagi jika yang dibutuhkan adalah mobil kompak, irit, dan cukup nyaman. 

Brio menjadi city car favorit karena banyak kelebihan yang mobil satu ini tawarkan. Masalahnya ada varian yang tak jarang membuat calon pembeli bingung. 

Coba jika Anda harus memilih antara Brio Satya dan RS, mana yang akan terpilih? Apa pertimbangan Anda? Jika belum bisa menjawab pertanyaan tentang apa perbedaan Brio Satya dan RS, berikut kami sediakan komparasinya. 

Baca Juga: Honda CR V Gen 4, Simak Kelebihan sebelum Beli Bekasnya!

Perbedaan Brio Satya dan RS

Saat Anda melihat langsung, sekilas memang kedua tipe Brio ini nampak sama. Tapi, coba sedikit lebih detail dalam melihatnya. Ada perbedaan tertentu seperti: 

1. Eksterior Brio RS Lebih Sporty 

Pertama, mari bahas dari segi desain. Perbedaan keduanya memang mencolok jika Anda melihatnya dari eksterior bagian depan. 

Pada tipe Satya, grillnya memakai aksen krom. Sedangkan tipe RS menggunakan grill berwarna black gloss. 

Selain pada grill, perbedaan lain yakni di logo. Di tipe RS, tentu ada logo RS-nya dan logo tersebut tidak bisa Anda peroleh jika memilih Brio Satya. 

Dari segi kaki-kaki, Brio RS punya ukuran yang lebih besar karena velgnya berukuran 15 inci. 

Pada tipe Satya, velgnya lebih kecil yakni di ukuran 14 inci. Saat memperhatikannya lebih lanjut, pada Brio RS sudah ada sistem pelipat elektrik dan sebaliknya, pada tipe Satya masih belum ada. 

Kemudian, perbedaan Brio Satya dan RS bisa Anda lihat dari segi side skirt yang sudah ada di brio RS dan tidak ada di Brio Satya. 

Sekarang mari kita tengok ke belakang. Di bagian belakang, tipe RS punya spoiler yang terpisah dan lebih besar berbentuk high mount stop lamp. Selain itu, di tipe RS punya spoiler yang sedikit memanjang. 

Jika melihat di Brio Satya, maka dengan bentuk yang sama, tapi desain utama lampunya bulat. Jelas, ini berbeda. 

Jangan salah, ternyata keduanya juga beda dari segi dimensi. RS sedikit lebih panjang dengan selisih sekitar 15 mm dari panjangnya. Meski kecil, tetap ini jadi poin perbedaan. 

2. Perbedaan Mesin Brio Satya dan RS

Benar, perbedaan dari keduanya juga ada dari segi performa mesin. Walaupun memakai mesin sama, tapi RS punya tuning yang berbeda. 

Tujuannya memberi performa yang responsif saat Anda mengendarainya. Mesinnya memang sama-sama 1.2L i-VTEC, tapi responsitivitasnya lebih baik Brio RS. 

Selain itu, Brio RS juga punya transmisi CVT. Dengan ini tentu RS akan lebih halus daripada transmisi manual yang ada di Brio Satya. 

Jika ingin lebih praktis dan nyaman untuk berkendara di perkotaan, tentu Brio RS jadi pilihan terbaik. 

3. Interior Brio RS Lebih Meriah, Satya Lebih Kalem

Apa bedanya Brio Satya dan Brio RS? Salah satu bedanya yakni dari segi interior. Jika Anda lebih detail cek warna, maka Brio RS punya interior yang gayanya sporty sekaligus dengan warna mencolok. 

Dengan ini, tentu Brio RS membuat bagian kabin lebih terkesan ramai dan cerah. Anda pun bisa melihat warna mencolok di bagian dashboard dan juga pintu. 

Selain memakai bahan yang berwarna abu-abu dan hitam, ada juga aksen warna oranye yang melengkapinya. 

Di Brio Satya, Anda mungkin hanya melihat warna hitam dan kombinasi warna halus seperti navy. Jadi, dari segi interior, Brio Satya tidak semeriah Brio RS. 

Baca Juga: 5 Kelebihan CR-V Generasi 3 yang Patut Disoroti

4. Brio RS Punya Audio Canggih

Perbedaan Brio Satya dan RS

Kemudian, dari segi entertainment ketika dalam kabin. Bisa dibilang, fitur hiburan di dalam keduanya jadi poin perbedaan Brio Satya dan RS

Brio RS punya sistem audio yang lebih canggih. Sudah touch screen dan bisa mengakomodasi iPad dan iPhone, Aux, CD/DVD, Bluetooth, dan handsfree. 

Ada juga tweeter speaker yang berguna saat Anda ingin mendengarkan musik. Saat memutar lagu dan membutuhkan hiburan, maka tentu Anda akan lebih nyaman menggunakan Brio RS. 

Pasalnya, pada Brio Satya hanya memakai sistem audio 2DIN. Sudah lebih dari cukup karena bisa memutar musik pakai Bluetooth, tapi tak dapat terkoneksi dengan iPhone dan iPad. Plus speakernya juga berbeda dengan Brio RS. 

5. Varian Warna

Apa lagi bedanya Brio RS dan Brio Satya? Salah satunya dari segi ketersediaan varian warna. 

Jika Anda ingin warna yang lebih menarik, maka pertimbangkan Brio RS. Pasalnya, pada tipe RS ada lebih banyak varian warna menarik dan berani. 

Contohnya ada Carnival Yellow dan Phoenix Orange. 

Sementara untuk tipe Satya, punya warna yang kalem dan standar. Contohnya Lunar Silver dan Taffeta White. 

Dengan pilihan warna ini, maka Anda bisa menentukan pilihannya sesuai kepribadian saja. Jika ingin mencolok, pilih tipe RS. Mau kalem? Bisa pilih Satya. 

6. Konsumsi Bahan Bakar

Benar, perbedaan Brio Satya dan RS lainnya dari segi konsumsi bahan bakar. Dari data yang kami baca, Brio Satya lebih irit daripada Brio RS. 

Dalam pengujian konsumsi BBM, Brio Satya bisa menempuh jarak 18,1 km per liter di rute dalam kota. 

Pada rute tol atau perjalanan jauh, mencapai 23,8 km per liternya. 

Berbeda dengan Brio RS, meski tak jauh berbeda, tetap Satya lebih irit. Konsumsi BBM Brio RS 15,2 km per liter untuk dalam kota. Buat perjalanan jauh, selisih 3 km yakni 20,3 km per liter di tol. 

Jadi, jika Anda mau mencari mobil yang lebih irit, maka Brio Satya jadi pilihan terbaik. 

7. Fitur

Perbedaan lain yang mendasar adalah fitur. Pada Satya dan RS, fiturnya memang sudah modern. Tapi, RS punya fitur yang lebih lengkap karena dapat tambahan. 

Satya itu sudah cukup, tapi semacam paket hemat di tempat makanan. Hampir semua fitur yang ada di Brio Satya berbagai tipe, ada dalam Brio RS. 

Tapi, di Brio RS dapat tambahan fitur lain seperti side under spoiler, rear bumper with diffuser, power retractable door mirror, tailgate spoiler, dan beberapa fitur lain. 

Baca Juga: Spesifikasi, Harga, dan Review CR-V Generasi 2 Lengkap

8. Fitur Keselamatan

Perbedaan Brio Satya dan RS

Selanjutnya, ada hal yang membuat harga Brio RS sangat wajar jika lebih mahal. Pasalnya, fitur keselamatan dari tipe RS dan Satya juga berbeda. 

Pada Brio RS ada fitur keselamatan yang lebih kompleks seperti ABS dengan EBD, airbag samping, serta struktur bodi G-CON yang lebih baik. 

Sedangkan untuk tipe Satya, fitur keselamatannya ada, tapi hanya fitur dasar. Contohnya seperti dual airbag, dan juga sistem pengereman yang juga menggunakan ABS. 

Jadi, ini bisa Anda masukkan ke dalam pertimbangan ketika akan membeli. Pertimbangkan Brio RS jika ingin mengutamakan keselamatan. 

9. Suspensi dan Handling

Memang, tak jauh berbeda. Tapi, ini juga termasuk poin perbedaan Brio Satya dan RS yakni dari segi handling dan suspensinya. 

Lantaran harganya lebih mahal, tentu Brio RS punya suspensi lebih baik. Brio RS ini punya suspensi MacPherson Strut di depan, dan torsion beam di suspensi belakang. 

Dengan kombinasi antara keduanya, maka Brio RS bisa berjalan dan melaju lebih stabil daripada Brio Satya. 

Apalagi, dalam Brio RS juga punya Vehicle Stability Assist. Kenyamanan dari suspensi, ditambah lagi dengan kenyamanan dari handling dengan adanya VSA ini. 

10. Perbedaan Harga Brio Satya dan RS

Brio Satya boleh jadi pilihan terbaik saat Anda ingin kenyamanan maksimal. Tapi, soal harga juga wajib jadi pertimbangan sebelum pilih tipe Brio. 

Brio Satya dari beberapa varian, harganya di kisaran Rp155 jutaan – Rp184 jutaan. Sedangkan untuk Brio RS, tentu saja lebih mahal. 

Varian paling biasanya sekitar Rp216 jutaan dan termahalnya Rp225 jutaan.

Mau Opsi Lebih Murah? CarsGallery Aja!

Siapa nih yang udah baca perbedaan Brio Satya dan RS? Kalau tertarik beli tapi masih pusing dengan harganya, mending ke CarsGallery saja. 

CarsGallery, jadi platform jual beli mobil bekas terbaik buat apapun kebutuhan mobil Anda. Kami punya unit Brio Satya maupun RS bekas yang kondisinya masih prima. Buruan cek sekarang sebelum unitnya habis!

FAQ

Lebih baik Brio Satya atau RS? 

Kalau pertimbanganmu kenyamanan, maka tipe RS lebih baik. Kalau soal harga, maka Satya lebih unggul. 

Apakah mesin Brio RS dan Satya sama? 

Benar, kedua tipe Brio ini punya mesin yang sama, tapi di varian RS punya tuning berbeda dan bikin lebih responsif. 

Brio RS pertama tahun berapa? 

Tepatnya 2016 yang merupakan tahun pertama Brio RS rilis.



Other Post

Related Post