Perbedaan Toyota Rush dan Daihatsu Terios, Bagus Mana?

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Melihat sekilas, mobil Toyota Rush dan Daihatsu Terios memang tampak sama. Bahkan, jika Anda bukan pengamat yang baik akan menyebutnya mobil kembar. Namun, secara kaca

Melihat sekilas, mobil Toyota Rush dan Daihatsu Terios memang tampak sama. Bahkan, jika Anda bukan pengamat yang baik akan menyebutnya mobil kembar. Namun, secara kaca otomotif ada perbedaan Toyota Rush dan Daihatsu Terios.

Kesamaan dari kedua mobil ini bisa juga dipengaruhi oleh produsen yang berada di dalam 1 grup bisnis. Sehingga, cukup wajar apabila dua mobil ini mempunyai banyak persamaan.

Namun, tetap dari segi market dan juga spesifikasi lengkapnya ada perbedaan yang menonjol cukup dalam. Terutama perbedaan mesin Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Untuk lebih jelasnya Anda bisa simak pembahasan lengkap di bawah ini.

Baca juga: 5 Pilihan Mobil Avanza Bekas Harga 80 Jutaan

Perbedaan Toyota Rush dan Daihatsu Terios

Membahas mengenai perbedaan, Toyota Rush dan Daihatsu Terios sebenarnya memiliki target market yang berbeda.

Sehingga, sisi unggul yang ditawarkan pun tentu tidak sama. Oleh karena itu, Anda bisa mempelajarinya pada perbanding di bawah ini:

1. Mesin

Apa mesin Toyota Rush dan Terios sama? Bagi pecinta otomotif pasti pertanyaan ini sering keluar. Meskipun keduanya sama-sama menawarkan mesin 4 silinder  dengan kapasitas 1.500 cc dan menghasilkan 103 tenaga kuda dan torsi 136 Nm.

Namun, secara detail mesin yang digunakan masih cukup berbeda. Utamanya bagian sisi penguatnya. Meski begitu, Rush dan Terios pun keduanya sudah ditenagai oleh Dual VVT-I dengan banyak keunggulan.

Mulai dari lebih ringan, ringkas, efisiensi kinerja bahan bakar yang bagus, dan terakhir minim kebisingan dan getaran.

2. Eksterior

Berikutnya, perbedaan Toyota Rush dan Daihatsu Terios paling menonjol bisa Anda temukan di bagian eksteriornya. Untuk Terios seri terbaru  memperbanyak aksen chrome di bagian depan dan belakang.

Sedangkan, Rush terbaru meminimalisir keberadaan chrome. Dari segi desain velg pun, Rush lebih dinamis dengan two tone dan gaya miring.

Jika dilihat dari segi cat, masing-masing mobil ini menawarkan 6 pilihan warna cantik. Rush dengan warna silver, merah, perunggu, hitam, maroon, dan putih. Terios pun sama menghadirkan enam warna berbeda tersebut.

Baca juga: Ini Pilihan Tipe Mobil Avanza dari Terendah Sampai Tertinggi

3. Interior

Perbedaan Toyota Rush dan Daihatsu Terios
Interior Daihatsu Terios

Ketika Anda lihat sekilas, kedua jenis mobil ini memang memiliki jok tiga baris dengan daya tampung 7 orang. Hanya saja, pada mobil Toyota Rush memiliki headrest untuk baris penumpang kedua.

Meskipun perbedaan ini sederhana, nyatanya banyak penilaian positif justru muncul untuk Rush. Mengingat headrest ini bukan hanya meningkatkan kenyamanan bagi penumpang saja, tetapi juga sebagai perlindungan terhadap cedera leher.

Apalagi jika tanpa sadar terjadi benturan dari bagian depan. Keberadaan headrest ini sangat membantu penumpang di baris kedua. Sehingga lebih aman dan minim risiko cedera akibat kecelakaan yang mungkin saja terjadi.

4. Fitur Keselamatan

Kemudian fitur keselamatan merupakan perbedaan Toyota Rush dan Daihatsu Terios lainnya. Namun, Anda bisa menjumpai kesamaan dari pemilihan varian keselamatan tertinggi.

Toyota Rush dan Daihatsu Terios melengkapi mobilnya dengan perlindungan Vehicle Stability Control (VSC), Electronic Brake Distribution (EBD), Hill Start Assist (HSA), Emergency Brake Signal (EBS), dan Anti-lock Braking System (ABS).

Namun, jika Anda intip spesifikasinya secara mendalam Toyota Rush keluaran terbaru menawarkan lebih banyak perlindungan dibandingkan Daihatsu Terios.

Salah satu perlindungan tambahannya adalah airbag di sisi kabin sebanyak enam buah. Selain itu, Toyota Rush juga memberikan indikator tambahan berupa safety belt untuk pengemudi dan seluruh penumpang di mobil.

Baca juga: 6 Masalah Mobil Avanza Bekas yang Sering Muncul

5. Varian

Selanjutnya perbedaan lain bisa Anda temukan di bagian variasi mobil. Toyota menawarkan empat variasi berbeda meliputi G M/T, G A/T, S M/T TRD hingga S A/T TRD. Variasi pembeda utamanya terletak di bagian transmisi, aksesoris, dan fitur.

Sedangkan pada Daihatsu Terios terdapat sembilan berbeda. Lebih banyak lima variasi dibandingkan Toyota Rush.

Sembilan varian dari Daihatsu Terios ini meliputi X MT E4, X MT Deluxe E4, R MT E4, R AT E4, R AT Deluxe E4, X AT Deluxe E4, hingga R MT E4.

Variasi yang cukup banyak ini memudahkan pelanggan untuk menemukan series terbaru dan paling sesuai dengan keinginan pelanggan. Mengingat setiap varian memiliki sisi unggulnya masing-masing.

6. Target Pasar

Lalu, perbedaan lainnya bisa Anda jumpai dari target pasar. Meskipun keduanya berasal dari grup bisnis yang sama, tetapi membandingkan potensi dari jenis mobil ini merupakan poin paling penting.

Jika menilik dari perkembangan dunia otomotif di Indonesia, tentu Toyota menjadi juara di mata masyarakat. Pasalnya, sejak awal dipasarkan di Indonesia (Avanza dan Xenia) langsung memikat hati masyarakat.

Tidak heran jika versi Toyota lebih unggul jika Anda bandingkan dengan Daihatsu. Hal ini membuat Daihatsu berusaha untuk terus berinovasi dengan memberikan sejumlah keunggulan eksekutif untuk menyaingi pasar Toyota.

7. Harga

Terakhir, perbedaan ini masih berkaitan dengan pasar Indonesia. Mengingat masyarakat yang lebih menyukai Toyota karena target market dan standarisasi kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan, tentu harganya pun mengikuti.

Hal ini membangun persaingan ketat dengan Daihatsu Terios. Terios menawarkan harga murah dibandingkan Toyota, tetapi dalam produk terbarunya Toyota tetap jauh lebih unggul.

Anda bisa melihat perbedaan nyata ini dari perbandingan harga Toyota Rush (G M/T) Rp255 juta dan variasi tertingginya yaitu (S A/T TRD) dengan harga mencapai Rp276,5 juta.

Berbeda dengan Daihatsu Terios yang berusaha memakan pasar Indonesia dengan harga lebih murah yaitu untuk variasi (X MT E4) Rp211,8 juta dan variasi tertinggi (R AT Deluxe E4) Rp264,5 juta.

Nah, demikianlah perbedaan Toyota Rush dan Daihatsu Terios yang bisa Anda jadikan pembanding sebelum membelinya. Namun, jika Anda ingin mendapatkan kedua kendaraan ini dengan harga lebih rendah, mobil bekas adalah jawabannya.

Cars Gallery merupakan tempat jual beli mobil bekas berkualitas yang layak Anda pertimbangkan. Telah mengantongi sertifikat resmi dengan inspektor profesional pastinya seluruh mobil yang dijual sudah melewati pengecekan mendetail.

Sehingga, Anda bisa mendapatkan mobil bekas dengan kualitas prima hanya dengan harga minimum. Tertarik mencobanya? Yuk, segera intip mobil bekas yang tersedia di Cars Gallery sekarang juga.

Other Post

Related Post