Prosedur Membeli Mobil Baru, Wajib Tahu Sebelum Beli

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Banyak orang mendambakan beli mobil baru. Sayangnya, banyak yang tidak paham bagaimana prosedur membeli mobil baru yang benar. Padahal penting untuk mengetahui alur dan lama

Banyak orang mendambakan beli mobil baru. Sayangnya, banyak yang tidak paham bagaimana prosedur membeli mobil baru yang benar.

Padahal penting untuk mengetahui alur dan lama waktu yang diperlukan sampai mobil datang. Terlebih lagi, terdapat sejumlah persyaratan yang perlu Anda siapkan sebelum membeli mobil.

Mari simak bagaimana prosedur lengkapnya.

Prosedur Membeli Mobil Baru

Memiliki kendaraan sendiri memberikan banyak keuntungan untuk menunjang mobilitas. Selain itu, punya mobil baru juga memberikan kebanggaan tersendiri.

Namun, tidak sedikit pula yang urung membeli mobil baru gara-gara prosedur yang membingungkan.

Supaya proses lancar, Anda bisa ikuti langkah-langkah dalam prosedur beli mobil baru berikut:

1. Pilih Mobil dan Riset Harga

Pertama, ikuti tips membeli mobil baru dengan menentukan pilihan dan melakukan riset harga. Tentukan dengan jelas jenis mobil apa yang Anda inginkan. Pilih juga tipe dan merk mobil yang sesuai.

Cara memilih mobil bisa Anda berdasarkan pada minat, selera, dan kebutuhan. Anda juga bisa mempertimbangkan ketersediaan jaringan bengkel terdekat dari lokasi.

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan servis dengan mudah jika sewaktu-waktu membutuhkan.

Kegiatan memilih mobil dan riset harga bisa Anda lakukan melalui platform online. Bisa juga dengan berkunjung langsung ke berbagai dealer atau showroom untuk melihat perbandingan harga.

Langkah ini perlu Anda lakukan dengan teliti supaya bisa mendapatkan mobil harga terbaik.

2. Uji Coba Kendaraan (Test Drive)

Setelah memutuskan jenis mobil dan tempat membelinya, maka Anda bisa langsung datang ke lokasi dealer atau showroom. Biasanya, staf sorum akan memberikan info mengenai spesifikasi mobil yang Anda inginkan.

Umumnya, dealer atau showroom juga akan mempersilahkan Anda untuk melakukan test drive. Dengan melakukan uji coba tersebut, Anda bisa merasakan secara langsung bagaimana kinerja mobil yang diinginkan.

Apabila kualitas sesuai dan harganya sudah setuju, Anda bisa langsung lanjut ke proses pembelian.

3. Membayar Booking Fee

Langkah selanjutnya dalam prosedur membeli mobil baru yaitu melakukan pembayaran booking fee.

Istilah dalam proses beli mobil baru ini merujuk pada pembayaran sejumlah nominal sebagai tanda jadi transaksi. Namun, booking fee tidak sama dengan down payment, ya.

Adapun besar booking fee bisa bervariasi, tergantung dari jenis dan tipe mobil yang kamu pilih.

4. Mengisi Identitas Diri

prosedur membeli mobil baru

Cara membeli mobil baru berikutnya adalah mengisi data diri untuk pembuatan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK).

Surat tersebut nantinya berperan penting dalam pembuatan berbagai dokumen kelengkapan kendaraan, seperti BPKB dan STNK. Anda juga sebaiknya memperhatikan syarat dan ketentuan yang tercantum dalam dokumen ini.

5. Melakukan Pembayaran

Selanjutnya, Anda harus melakukan pembayaran mobil yang Anda beli. Cara pembayarannya bisa menggunakan DP apabila Anda berniat mencicil pembayaran mobil. Biasanya, besar DP adalah sekitar 20 – 30% dari harga total mobil.

Pihak dealer atau showroom juga akan menawarkan beberapa pilihan kredit. Anda bisa memilih jenis kredit mobil sesuai preferensi.

Selain itu, saat menggunakan pembayaran secara kredit, Anda juga harus menyiapkan sejumlah dokumen persyaratan, meliputi KTP, Kartu Keluarga, SIM, rekening koran, dan sebagainya.

Untuk memastikan, sebaiknya Anda cek dulu apa saja dokumen wajib untuk beli mobil baru secara kredit.

Sementara, prosedur beli mobil baru cash tidak perlu dokumen persyaratan yang banyak. Anda bisa langsung melakukan pembayaran melalui bagian kasir.

6. Tunggu Hingga Mobil Diantar ke Alamat

Setelah melakukan pembayaran, maka Anda tinggal menunggu hingga pihak dealer atau showroom mengantarkan mobil tersebut ke alamat Anda.

Pengantaran mobil bisa membutuhkan waktu selama beberapa hari, tergantung dari pihak dealer.

7. Cek Dokumen

Terakhir, pihak dealer juga akan mengantarkan dokumen kelengkapan kendaraan dan plat nomor.

Pembuatan dokumen kelengkapan dan plat nomor biasanya memerlukan waktu lama, sekitar 1 sampai 2 bulan atau lebih. Supaya tidak was-was, maka sebaiknya Anda menanyakan dulu estimasi lama dokumen kelengkapan kendaraan dikirimkan.

Tempat Beli Mobil Bekas Terbaik

Belakangan ini makin banyak yang lebih memilih untuk membeli mobil bekas. Pasalnya, mobil bekas lebih terjangkau dengan kualitas yang cukup bagus. Dengan catatan, Anda cermat saat memilih mobil.

CarsGallery merupakan tempat jual beli mobil bekas terpercaya. Kami menyediakan mobil bekas berkualitas dari berbagai jenis dan merk.

Mobil dari CarsGallery juga dijamin memiliki dokumen yang lengkap, termasuk sertifikat resmi dan garansi.

Kurang yakin mau mengikuti prosedur membeli mobil baru? Kalau begitu, Anda bisa pertimbangkan beli mobil bekas berkualitas. Kunjungi CarsGallery dan dapatkan penawaran terbaiknya.

FAQ

Berapa lama proses beli mobil baru?

Lama proses pembelian bisa bervariasi tergantung kebijakan dealer dan waktu yang diperlukan untuk pembuatan dokumen kelengkapan kendaraan.

Apakah mobil baru sudah ada asuransinya?

Biasanya, mobil baru tidak termasuk perlindungan asuransi. Jadi, Anda sebaiknya membeli asuransi mobil secara terpisah.

Apakah prosedur untuk beli mobil baru sama dengan beli mobil bekas?

Prosedurnya tidak sama. Pembelian mobil baru melibatkan pembayaran booking fee dan SPK. Sementara itu, prosedur beli mobil bekas tidak memerlukannya, tapi wajib melalui inspeksi terlebih dahulu.

Other Post

Related Post