Service Rutin Mobil: Manfaat dan Ketentuan Jadwalnya!

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Melakukan service rutin mobil adalah kewajiban untuk Anda yang punya unit kendaraan roda empat ini. Memang, Anda harus keluar biaya beberapa ratus ribu hingga jutaan

Melakukan service rutin mobil adalah kewajiban untuk Anda yang punya unit kendaraan roda empat ini. 

Memang, Anda harus keluar biaya beberapa ratus ribu hingga jutaan rupiah ketika servis. Namun, itu biaya yang sesuai untuk beragam manfaat dan keuntungan dari service mobil secara berkala. 

Dalam jangka waktu service mobil tertentu, maka Anda wajib datang ke bengkel pilihan. Baik itu bengkel resmi, atau bengkel pada umumnya. Ingin tahu lebih dalam soal servis berkala? Mari, kita bahas di sini. 

Service Rutin Mobil Itu Wajib, Ini Alasannya!

Benar, Anda wajib melakukan service rutin mobil setiap kelipatan tertentu atau sesuai dengan yang ada pada buku panduan. Tapi, mengapa harus repot-repot melakukannya? Ini alasannya: 

1. Mobil Boleh Lama, Performa Tetap Prima

Saat punya mobil, siapa yang tak ingin performanya tetap prima meskipun sudah keluaran mobil lama? 

Ya, Anda yang rutin melakukan urutan service mobil di bengkel resmi maupun bengkel umum bisa menjaga performa mobil karena kualitas dan kinerja dari seluruh komponennya terjaga. 

Dalam service rutin, mobil kesayangan Anda akan mendapatkan pengecekan serta pemeriksaan rutin atas semua sistem hingga komponennya. 

Jika ada yang butuh penggantian, maka akan langsung diganti. Menjaga sistem juga komponen mobil tetap baik bisa Anda lakukan dengan cara service berkala. 

2. Pencegahan Kerusakan yang Lebih Parah

Service berkala mobil 10.000 km atau kelipatan berapa saja sesuai dengan ketentuan akan sangat membantu Anda mencegah terjadinya kerusakan lebih parah pada mobil kesayangan. 

Jika memang ketika service berkala ada masalah kecil pada mobil, maka mekanik akan langsung mengatasinya demi mencegah kerusakan yang jauh lebih serius. 

Deteksi lebih dini atas masalah mobil sekaligus perbaikan lebih awal, bertujuan agar masalah tak berkembang hingga mengganggu mobil secara keseluruhan. 

3. Umur Mobil Lebih Panjang

Pernah dengan ada yang pakai mobil sama selama bertahun-tahun tapi tetap maksimal performanya? Itu gara-gara mereka melakukan setiap rincian service mobil dengan benar. 

Jika Anda juga menginginkannya, maka servis berkala sangat kami anjurkan. Dengan service rutin, maka mobil Anda akan terus dalam kondisi yang baik. 

Mesinnya tetap berfungsi optimal, komponennya terjaga, dan masalah kecil yang langsung teratasi, adalah alasan mengapa umur mobil bisa lebih panjang dan Anda tetap merasakan kenyamanan berkendara meski telah bertahun-tahun memakainya. 

4. Harga Jual Lebih Tinggi

Suatu saat, Anda pasti mengalami kebosanan dalam menggunakan mobil yang sama selama bertahun-tahun. 

Dalam dunia jual beli mobil bekas, kendaraan yang punya riwayat service rutin akan memperoleh harga yang tinggi. 

Ini menjadi bukti bahwa perawatan itu adalah nilai plus ketika ingin menjual mobil bekas kesayangan. 

Siapa yang mau mobil tak terawat dan tak rutin diservis? Mengapa? Tentu karena kalau jarang servis, maka komponennya akan sering bermasalah dan ada saja kendala yang membuat pengalaman mengendarai mobil jadi kurang maksimal. 

Maka dari itu, penting untuk memastikan service rutin mobil dan melakukan pencatatan rutin atas setiap service yang Anda lakukan. 

5. Biaya Perbaikan Lebih Murah

Apa yang harus dicek saat service mobil? Bisa kami katakan, hampir seluruh bagian pada mobil wajib mendapatkan pengecekan. 

Mesin, transmisi, kaki-kaki, dan semuanya harus dicek secara berkala. Mengapa? Guna memastikan tidak ada kerusakan yang lama Anda biarkan dan malah meningkatkan potensi kerusakan serius. 

Jika ada masalah kerusakan yang terdeteksi lebih awal dan langsung memperbaikinya, dampaknya adalah biaya perbaikan yang harus Anda keluarkan tidak terlalu besar. 

6. Irit Bahan Bakar

Service mobil secara rutin ke beberapa komponen seperti filter bahan bakar dan udara, penting untuk memastikan apakah komponen tersebut perlu Anda ganti atau tidak. 

Jika kedua filter tersebut berfungsi secara optimal, maka hasilnya adalah mobil Anda jauh lebih irit bahan bakar. 

Service Mobil Rutin Apa Saja yang Dicek? 

service rutin mobil

Demi mendapatkan seluruh manfaat  servis mobil secara rutin yang telah kami sebutkan, ada beberapa bagian yang memang harus mendapatkan pengecekan seperti: 

1. Volume Oli di Setiap Bagian Mesin Mobil 

Pertama dan paling penting adalah oli. Tujuannya tentu demi memahami apakah oli sudah waktunya Anda ganti atau tidak. 

Tidak hanya oli mesin, tapi juga oli untuk semua bagian yang ada dalam mesin seperti oli gardan, oli transmisi, dan juga oli power steering. 

2. Aki

Adapun komponen selanjutnya adalah bagian aki. Pengecekannya pun harus menyeluruh mulai dari elektrolit antara sel, kondisi air aki, penyangga, sampai dengan tingkat kelonggaran bagian aki. 

Paling penting lainnya adalah urusan voltase. Saat voltasenya melemah, maka sebaiknya ada proses penggantian aki dengan unit aki baru. 

3. Busi

Service rutin mobil juga harus memeriksa bagian busi. Memang, ini hanya komponen kecil dalam mobil. 

Meskipun kecil, tanpa busi yang bagus maka mobil Anda tak dapat menyala sama sekali. 

Biasanya, mobil tidak menyala ketika Anda starter karena busi yang kotor. Maka dari itu, penting untuk memeriksanya untuk membersihkan atau ganti saja dengan busi baru agar mobil bisa lebih mudah untuk Anda nyalakan. 

4. Filter Udara dan Bahan Bakar

Ketika melakukan service rutin, maka bagian yang akan mekanik Anda cek adalah filter udara. 

Jika memang kotor, artinya sudah waktunya membersihkan bagian tersebut. Tapi, saat kotornya sudah terlalu parah maka sebaiknya langsung ganti saja. 

Lagipula, harga filter udara juga tidak seberapa. Selain filter udara, filter bensin biasanya juga mendapatkan perlakuan yang sama. 

5. Minyak Rem dan Kampas

Kemudian, service rutin juga akan menyasar pada bagian minyak rem dan kampas rem. 

Sama halnya dengan komponen lain, kampas juga minyak rem harus mendapatkan penggantian secara berkala. 

Semakin sering Anda menggunakan mobil, maka bagian kampas rem juga semakin terkikis. 

Saat tidak menggantinya, performa pengereman akan sangat berkurang. Maka dari itu, penting untuk mengeceknya secara rutin. 

Tak lupa pula, service rutin mobil juga perlu cek minyak rem. Siapa tahu menipis karena akan berbahaya jika Anda sampai kehabisan minyak rem. 

6. Kampas Kopling

Khusus mobil manual, bagian lain yang harus melalui tahap pengecekan adalah kampas kopling. 

Biasanya proses penggantian akan dilakukan setiap 30.000 – 40.000 km telah Anda capai dalam odometer. 

Bisa kurang dari itu dan ciri bahwa Anda harus segera ganti service kopling adalah akselerasi kopling lamban, pedal koplingnya tinggi, dan kalau ganti gigi cukup berat. 

7. Fan Belt

Bagian fan belt ini juga perlu mendapatkan pengecekan mengenai keausan, kelenturan, keretakan, dan ketegangannya. 

Jika ada satu masalah di antara keempat kondisi tersebut, maka fan belt sudah wajib ganti yang baru. 

8. Throttle Body

Punya mobil injeksi? Maka, sangat penting juga untuk cek throttle body untuk memahami apakah di dalamnya ada kotoran atau tidak. 

Saat kotor, biasanya pihak bengkel akan melakukan pembersihan bagian ini memakai carbon cleaner. 

Tujuannya agar pasokan udara ke bagian ruang bakar pada mesin bisa tetap optimal. 

9. Bagian Kaki-Kaki Mobil 

Mobil sering belok-belok sendiri? Tidak bisa menyetir lurus? Mungkin masalahnya terletak pada bagian kaki-kaki. 

Komponen ini sering tidak dipedulikan oleh pengguna mobil yang awam. Padahal, di sana ada banyak komponen penting yang mempengaruhi kenyamanan berkendara. 

Misalnya saja ada tie rod, ball joint, stabilizer, bushing, dan banyak lagi. Setiap 100.000 km sekali, Anda harus mengecek dan memastikan kondisinya. 

Waktu ideal untuk service rutin mobil bagian kaki-kaki adalah 5 tahun sekali. 

10. Ban

Bagian yang paling sering mengalami kontak dengan permukaan jalan ini, juga akan aus dan termakan dalam waktu tertentu. 

Apalagi jika kebiasaan mengemudi Anda sering akselerasi mendadak, rem mendadak, dan sejenisnya. 

Hal itu akan berpengaruh pada kualitas dari ban. Jika ingin aman dan tidak selip, maka bisa ganti ban. 

Belum saatnya ganti tapi ban sudah terasa tak nyaman? Mungkin Anda perlu melakukan spooring dan balancing agar kedudukan setiap roda bisa sesuai dengan konfigurasi pabrikannya. 

Jenis-Jenis Service Mobil 

service rutin mobil

Di samping ada berbagai macam komponen yang harus Anda service secara berkala, masih ada berbagai jenis service mobil lain yang perlu Anda pahami: 

1. Tune Up

Menjadi jenis service yang tujuan utamanya demi menjaga kinerja mesin bisa tetap optimal. 

Jenis ini akan mengecek bagian filter, busi, hingga pengapian. Tune up juga berguna agar konsumsi bahan bakar bisa tetap optimal dan performanya tak menurun. 

2. Service Rutin/Berkala

Kemudian, ada jenis service rutin mobil atau berkala agar performa mobil bisa Anda jaga secara menyeluruh. Tujuan utamanya yakni menjaga kondisi dari mobil kesayangan. 

3. Service Bodi dan Cat

Terakhir, ada servis bodi dan cat jika memang sewaktu-waktu Anda mengalami kendala pada bagian eksterior mobil. 

Jenis service mobil dan biayanya bisa berbeda tergantung tipe dan bengkel tempat Anda melakukan servis. 

Kapan Harus Servis Mobil? 

Pengetahuan atas hal ini jadi begitu penting karena untuk menjaga mobil pribadi dan kesayangan. Kapan Anda harus service? 

1. Berdasarkan Jarak Tempuh

Cara paling umum adalah berdasarkan jarak tempuh. Secara umum, mobil memang butuh service setiap kelipatan beberapa ribu kilometer sekali. 

Biasanya juga bergantung pada merk mobil serta cara Anda mengemudi. Setiap mobil, bisa mengecek panduan di buku manual untuk tahu kapan harus service berdasarkan jarak tempuhnya. 

2. Berdasarkan Waktu

Waktu juga penting karena meskipun Anda jarang pakai mobil, tetap ada bagian yang mengalami degradasi dan harus mendapatkan penanganan. 

3. Kondisi Mobil 

Jika memang mobil sering Anda pakai, sering bekerja berat, mungkin servis perlu Anda lakukan jauh lebih sering daripada mobil dengan penggunaan wajar. 

Dapatkan Kondisi Mobil Bekas Terbaik di CarsGallery

Butuh mobil bekas untuk suasana baru? Sebaiknya, dapatkan unit mobil bekas terbaik di CarsGallery. 

Seluruh mobil yang ada, telah melalui tahapan inspeksi menyeluruh yang dilakukan oleh inspektor berpengalaman. 

Bahkan setiap unitnya juga memiliki garansi mesin dan juga transmisi. Ingin dapat unit mobil bekas terbaik? Tidak ada jawaban paling tepat selain dari CarsGallery. 

FAQ

Berapa bulan sekali service mobil? 

Tergantung jenis servicenya. Umumnya harus ganti oli mesin setiap 3 – 6 bulan sekali. 

Berapa biaya service rutin mobil

Bervariasi sesuai dengan apa yang diservis dan butuh penggantian. 

Harus tune up berapa bulan sekali? 

Paling tidak, setiap 30.000 – 100.000 km sekali atau 1 hingga 4 kali tune up dalam setahun. 



Other Post

Related Post