Butuh Service Speedometer Mobil? Kenali Biaya & Gejalanya

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Bagi sebagian besar pengemudi, speedometer mobil masuk ke dalam daftar komponen yang penting dan mesti mendapatkan perhatian khusus. Sehingga, harus segera dibawa ke service speedometer

Bagi sebagian besar pengemudi, speedometer mobil masuk ke dalam daftar komponen yang penting dan mesti mendapatkan perhatian khusus. Sehingga, harus segera dibawa ke service speedometer mobil ketika bermasalah. 

Sayangnya, bagi sebagian pengemudi yang lain, speedometer justru termasuk komponen yang tidak begitu penting dan tidak segera memperbaiki komponen tersebut ketika terjadi permasalahan.

Padahal, komponen satu ini mampu menunjukkan kecepatan mobil yang sedang Anda kendarai. Apalagi, dengan mengetahui kecepatan kendaraan akan membantu Anda membatasi kecepatan, demi menghindari kecelakaan. 

Atau beberapa hal tidak menyenangkan di jalan. Sebelum membawa mobil ke tempat service speedometer, simak dulu ulasan lengkap berikut seputar bagian speedometer, penyebab rusaknya speedometer, biaya, hingga gejalanya!

Baca Juga: Cara Menghilangkan Baret Halus di Bodi Mobil

Bagian Speedometer Mobil

Sebelum membahas tentang service speedometer mobil, kita bahas beberapa bagian speedometer terlebih dahulu, ya. Speedometer mempunyai beberapa bagian penting, seperti:

1.  Sistem Kabel

Sistem kabel adalah komponen penting bagi speedometer. Fungsinya adalah sebagai penghantar listrik ke saluran listrik yang ada di speedometer. Sehingga, membuat speedometer dapat berfungsi dengan baik.

2. Roda Penggerak

Bagian berikutnya adalah roda penggerak. Sesuai namanya, roda penggerak berfungsi untuk menggerakkan angka pada speedometer mobil. 

Jika rodanya tidak bergerak, ada baiknya jika membawanya ke bengkel, supaya mendapatkan penanganan yang tepat.

3. Dudukan Speedometer

Dudukan speedometer berfungsi sebagai tempat menempelnya speedometer, baru kemudian dipasang kacanya. Bagian satu ini juga tergolong penting, karena tanpa dudukan, speedometer tidak bisa berdiri dengan sempurna.

4. Jarum dan Angka

Sementara komponen speedometer yang lainnya ialah jarum dan angka. Salah satu bagian yang tidak kalah pentingnya dengan bagian yang lain. Jarum dengan angka adalah bagian yang menginformasikan seberapa cepat mobil melaju. 

Baca Juga: Service Rutin Mobil: Manfaat dan Ketentuan Jadwalnya!

5. Cover

Bagian yang terakhir adalah cover. Bagian ini berfungsi untuk melindungi speedometer dari berbagai hal yang bisa merusaknya, seperti air, debu, dan yang lainnya.

Gejala Speedometer Rusak

Sebelum membawa mobil ke service speedometer, biasanya speedometer akan menunjukkan beberapa gejala. Berikut ini adalah beberapa gejala yang umum ditemukan:

  • Lampu cek engine yang ada di speedometer mobil menyala.
  • Speedometer berbunyi cukup berisik.
  • Speedometer berbunyi ketika mobil berada di kecepatan yang cukup tinggi.
  • Jarum speedometer bergerak ketika kecepatan tinggi.
  • Jarum speedometer jatuh secara terus menerus ketika mobil berada di kecepatan yang rendah.

Apabila menemukan gejala kedua sampai kelima, ada baiknya jika Anda waspada dan langsung membawa mobil ke bengkel atau tempat service speedometer terdekat

Hal ini agar mobil mendapatkan penanganan yang tepat. Namun, jika speedometer hanya berbunyi saja, Anda bisa mengatasinya dengan membersihkan speedometer dari kotoran atau debu. 

Termasuk komponen kabel speedometernya, ya. Bersihkan memakai alat yang aman, supaya tidak menimbulkan kerusakan atau permasalahan lain. Itulah ulasan lengkap seputar service speedometer mobil.

Dalam hal ini, Anda bisa mencari bengkel speedometer terdekat, berpengalaman, dan kredibel, supaya speedometer mobil Anda teratasi dengan baik. 

Penyebab Speedometer Rusak

Ada beberapa penyebab speedometer rusak, yang akhirnya mengharuskan Anda untuk membawanya ke service speedometer mobil terdekat. Anda perlu mengenali beberapa penyebabnya berikut ini!

1.  Terjadi Masalah pada Sistem Kelistrikan 

Penyebab speedometer rusak yang pertama adalah karena terjadi permasalahan pada sistem kelistrikan. Jika kita perhatikan, speedometer memang mempunyai kaitan yang sangat erat dengan sistem kelistrikan. 

Keduanya adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan. Menariknya lagi, sistem kelistrikan sendiri mempunyai pengaruh pada komponen-komponen mobil yang lainnya. 

Seperti lampu mobil dan speedometer itu sendiri. Sehingga, ketika terjadi permasalahan pada sistem kelistrikan, akan menyebabkan speedometer mati atau bermasalah, atau menyebabkan masalah yang lainnya.

Supaya mengetahui apakah penyebab speedometer mati karena adanya masalah pada sistem kelistrikan atau tidak, ada baiknya jika Anda langsung membawa mobil ke bengkel service speedometer mobil, dan mendapatkan jawabannya.

2. Sensor Speedometer Rusak

Penyebab yang selanjutnya adalah sensor mengalami kerusakan. Bagi mobil yang menggunakan sensor elektronik, Anda dapat menemukan sensornya di bagian transmisi. 

Ketika sensor kecepatan mengalami kerusakan, gigi transducer aus, soket lepas dan kendor, akan mengakibatkan kecepatan tidak bisa diprediksi. Bahkan, ini juga dapat memicu lampu check engine menyala. 

Sementara pada mobil yang menggunakan rem ABS, sensor kecepatan bisa Anda dapatkan di bagian roda-roda. Maka, rusaknya speedometer bisa saja karena sistem rem yang sudah rusak.

Bagi mobil yang masih memakai tali speedo, speedometer mati atau tidak bergerak sama sekali bisa terjadi karena tali speedometer putus. Maka, untuk mengetahui penyebabnya, perlu memahami tipe mobil yang Anda gunakan terlebih dahulu. 

Apakah karena sensor yang rusak, sistem rem rusak/bermasalah, atau karena tali speedometer putus.

Baca Juga: Service Berkala Mobil: Manfaat, Jadwal Ideal, dan Bagiannya

3. Panel error

Jika sistem kelistrikan dan sensor kecepatan aman, bisa jadi karena bagian panel yang error. Supaya bisa mendeteksi panel yang error, Anda bisa menggunakan scan tool. 

Apabila ditemukan kerusakan panel, bisa langsung diperbaiki. Dalam hal ini, Anda bisa memperbaikinya sendiri, atau membawanya ke bengkel service speedometer mobil. Hal ini supaya speedometer bisa berfungsi normal kembali.

Dari ketiga penyebab di atas, jelas bahwa penyebab speedometer mengalami kerusakan mayoritas disebabkan oleh permasalahan pada kelistrikan dan komponen di dalam mesin. 

Sehingga, perlu membawanya ke bengkel mobil speedometer mobil saja. Dalam proses pengecekan dan perbaikan, dibutuhkan peralatan yang memadai. Selain itu, mobil juga perlu mendapatkan penanganan yang tepat dari tenaga ahli di bidangnya. 

Biaya Service Speedometer Mobil

Beragamnya kerusakan speedometer akan berpengaruh pada biaya servisnya, ya. Sehingga, biaya service speedometer mobil tergolong berbeda-beda. Apabila kerusakan pada bagian jarum speedometer, maka biayanya sekitar Rp600.000

Permasalahan pada jarum speedometer ini meliputi jarum speedometer tidak bergerak, bias pada jarum indikator temperatur, bensin, hingga rpm.

Sementara kerusakan pada IC (Integrated Circuit) dan membuat speedometer tidak hidup sama sekali, biaya servicenya lumayan mahal. 

Bisa mencapai Rp1,5 jutaan. Kondisi speedometer yang bisa dibawa ke bengkel bukan hanya ketika speedometer sudah mati total. 

Namun, Anda juga bisa membawanya ke tempat service speedometer mobil terdekat ketika jarumnya melemah, dan menunjukkan arah yang tidak tepat. 

Adapun biaya untuk memperbaiki jarum speedometer yang melemah ialah sekitar Rp150.000 hingga Rp300.000

Jika permasalahannya adalah jarum temperatur mesin yang mati, biaya perbaikannya adalah sekitar Rp100.000 saja. 

Menariknya lagi, apabila speedometer mobil Anda adalah yang digital, biaya perbaikannya adalah sekitar Rp350.000

Itu artinya, harga service speedometer mobil akan dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk dari jenis speedometer pada mobil yang Anda gunakan.

FAQ

Berapa biaya reset odometer mobil?

Umumnya, reset odometer mobil dibanderol sekitar Rp500.000 sampai Rp1.000.000 an. Sementara untuk tarif reset odometer motor tentu lebih murah, yaitu sekitar Rp200.000 sampai Rp500.000.

Apa itu odo pada speedometer mobil?

Odo pada speedometer mobil biasa disebut dengan odometer. Ia merupakan alat untuk mengukur jarak tempuh pada mobil. Adapun satuan yang ditampilkan adalah kilometer atau mil. Odometer biasa terletak di bagian dasbor mobil.

Apa perbedaan speedometer dan odometer? 

Speedometer merupakan alat untuk mengukur kecepatan sebuah kendaraan. Sementara odometer merupakan alat penunjuk jarak tempuh.

Kenapa speedometer mobil redup? 

Terdapat beberapa penyebab speedometer redup. Salah satunya adalah aki mobil. yang kotor. Hal ini karena aki yang kotor dapat menghambat aliran listrik ke komponen-komponen yang ada pada mobil.

Apakah odometer akurat?

Umumnya, odometer dianggap akurat, dan mampu memberikan perkiraan yang sangat baik. Apalagi jika Anda melakukan perawatan rutin.

Ingin Beli Mobil Bekas Berkualitas? Hubungi Kami Sekarang!

Tingginya harga mobil baru menjadi salah satu faktor kenapa banyak yang tertarik membeli mobil bekas. Sayangnya, banyak yang was-was soal kualitasnya, kan? 

Tenang, CarsGallery hadir sebagai solusi terbaik untuk Anda yang ingin membeli mobil bekas.

Kami merupakan layanan jual beli mobil bekas terpercaya. Mobil-mobil bekas yang kami jual sudah dicek oleh inspektor profesional, handal, dan berpengalaman. Selain itu, kami juga menawarkan mobil bekas bersertifikasi.

Sehingga, Anda tetap bisa mendapatkan mobil bekas dengan kualitas yang terbaik. Tunggu apalagi? Dapatkan mobil bekas impianmu dengan menghubungi kami sekarang!



Other Post

Related Post