Service Tune Up Mobil Meliputi Pemeriksaan Apa Saja?

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Service tune up mobil merupakan bagian dari perawatan yang harus Anda lakukan untuk menjaga performa kendaraan tetap prima. Lalu, apa saja komponen yang akan diperiksa?

Service tune up mobil merupakan bagian dari perawatan yang harus Anda lakukan untuk menjaga performa kendaraan tetap prima. Lalu, apa saja komponen yang akan diperiksa? Kapan waktunya yang tepat?

Pada dasarnya, setiap mobil memerlukan perawatan rutin agar mobil bisa digunakan dalam waktu lama. Tanpa melakukannya, komponen mobil rentan mengalami kerusakan yang biaya gantinya tidak sedikit.

Oleh karena itu, jika ingin memaksimalkan performa dan masa pakai mobil, maka wajib melakukan maintenance dan perawatan semacam ini. Berikut informasi selengkapnya.

Apa itu Service Tune Up Mobil?

Perawatan  merupakan dua hal yang berbeda, tetapi keduanya memiliki tujuan yang sama yakni membuat mobil dalam kondisi prima. Namun, dalam lingkup pekerjaan memiliki perbedaan yang mendasar.

Selain itu, perbedaan service dan tune up mobil lainnya adalah waktu. Perawatan mobil biasanya dilakukan secara rutin dan lebih cepat daripada tune up. Biaya service pun lebih murah daripada biaya tune up mobil.

Secara umum, service dan tune up kendaraan mobil adalah istilah untuk memeriksa komponen mobil setelah digunakan dalam jangka waktu tertentu. Dengan tujuan untuk memastikan komponen bekerja dengan baik.

Oleh karena itu, jangan Anda abaikan pemeriksaan komponen mobil secara rutin dan berkala. Sebaiknya lakukan service dan tune up mobil ketika sudah waktunya tiba agar kinerja dan performa mobil tetap terjaga.

Baca juga: Service Berkala Mobil: Manfaat, Jadwal Ideal, dan Bagiannya

Komponen yang Akan Diperiksa

Mungkin masih banyak yang belum memahami, sebenarnya service tune up mobil meliputi apa saja? Setidaknya ada enam komponen mobil yang harus diperiksa. Adapun komponen mobil tersebut sebagai berikut: 

1. Pemeriksaan Aki Mobil

Aki mobil merupakan salah satu komponen penting yang memerlukan pemeriksaan secara rutin. Sebab, aki mobil ini berhubungan langsung dengan sistem kelistrikan. Tanpa aki tentunya mesin mobil tidak akan hidup.

Pada saat service dan tune up mobil, mekanik akan memeriksa kondisi aki apakah masih bagus atau tidak. Jika aki terdeteksi tegangannya lemah, maka harus segera ada pergantian dengan aki baru atau di-charge.

2. Pemeriksaan Elektrikal Mobil

Pemeriksaan komponen elektrikal mobil merupakan bagian dari service tune up mobil yang harus Anda lakukan secara rutin dan berkala. Komponen elektrikal ini memiliki peranan yang sangat penting dalam mobil.

Jika komponen elektrik bermasalah, maka komponen lain akan terganggu sehingga mobil tidak akan berjalan normal. Oleh karena itu, pemeriksaan sistem elektrikal tidak boleh terabaikan.

3. Pemeriksaan Filter Udara

Filter udara adalah komponen yang berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke dalam ruangan mesin. Selain itu, filter udara juga berfungsi sebagai penghalang kotoran masuk ke dalam ruang mesin mobil.

Pada saat service dan tune up, filter udara akan mekanik periksa apakah kotor atau tidak. Jika filter udara kotor, maka mekanik akan membersihkannya. Namun, jika kondisi sangat kotor, maka sebaiknya ganti baru.

4. Pemeriksaan Throttle Body

service tune up mobil

Throttle body adalah komponen yang mengatur saluran udara ke ruang bakar mesin hingga terjadi proses pembakaran bahan bakar mobil. Komponen ini tidak luput dari pemeriksaan pada saat service dan tune up.

Jika throttle body terdapat banyak kerak, maka mekanik akan membersihkannya secara telaten. Sebab, apabila kerak di throttle body terlalu banyak yang menempel, ini bisa membuat rpm mesin menjadi tidak stabil.

5. Pemeriksaan Ruang Bakar Mesin

Ruang bakar merupakan bagian terpenting dalam mesin mobil. Pada ruang bakar ini terdapat banyak komponen, salah satunya adalah busi. Agar sistem pembakaran maksimal, maka busi harus dalam kondisi baik.

Selain itu, pada ruang bakar juga biasanya terdapat kerak dari oli, sehingga harus dibersihkan secara rutin. Jika ruang bakar mesin bersih, maka proses pembakaran bahan bakar pun jadi lebih efisien dan lebih hemat.

6. Pemeriksaan Idle Speed Control

Meskipun tidak semua mobil memiliki komponen Idle Speed Control (ISC), tetapi komponen ini tidak luput dari pemeriksaan saat servis tune up. Sebab, ISC memiliki peran penting untuk mengatur RPM mesin.

Pada saat prosesnya idle speed control akan mekanik bersihkan hingga tidak tersisa kotoran. Jika komponen ISC ini dalam kondisi bagus, maka performa mobil pun tetap optimal meskipun sering digunakan.

Baca juga: Service Rutin Mobil: Manfaat dan Ketentuan Jadwalnya

Dampak Tidak Melakukannya Secara Berkala

Mengapa service tune up mobil perlu dilakukan? Alasannya tidak lepas dari manfaat yang diperoleh oleh pemilik mobil. Jika tidak melakukan perawatan dan penyetelan ulang, maka dapat berdampak pada kinerja dan performa mobil.

Mobil yang kurang mendapatkan perawatan seperti service ataupun tune up secara teratur, maka mobil akan mengalami penurunan kinerja. Selain itu, pembakaran bahan bakar di ruang mesin pun menjadi boros.

Tidak hanya itu, dampak tidak melakukan perawatan rutin dan penyetelan ulang juga dapat menimbulkan beberapa masalah pada mobil seperti rpm tidak stabil, kecepatan menurun, dan bahkan mobil mengalami mogok secara tiba-tiba.

Oleh karena itu, service dan tune up mobil perlu Anda lakukan untuk membuat mobil lebih efisien bahan bakar dan mencegah terjadinya kerusakan komponen. Bahkan, harga jual kembali mobil pun mengalami penurunan.

Baca juga: Jangka Waktu Service Mobil Ideal, Berapa Bulan Sekali?

Waktu yang Tepat Melakukannya

Pemeriksaan kesehatan mobil seperti keduanya bisa Anda lakukan ketika ada gejala atau masalah tertentu. Misalnya mobil sulit hidup, performa menurun, bahan bakar boros, dan masalah mobil lainnya.

Selain itu, service tune up mobil juga bisa Anda lakukan ketika sudah menempuh jarak 10.000 km -12.000 km atau setiap dua tahun. Jika mobil merupakan keluaran baru, maka tune up setelah 120.000 km.

Sementara itu, bagi mobil yang sering digunakan setiap hari atau menempuh jarak jauh, sebaiknya tune up lebih sering agar komponen mobil lebih terawat.

Lantas, berapa biaya service tune up mobil? Biayanya bervariasi tergantung ada tidaknya komponen yang harus Anda ganti. Namun, biaya service biasanya lebih murah daripada biaya tune up.

Butuh Mobil Bekas? Hubungi CarsGallery!

Setelah mengetahui pentingnya service tune up mobil kemudian ingin membeli mobil untuk menunjang kegiatan keluarga atau aktivitas sehari-hari. Sebagai rekomendasi, Anda bisa beli mobil bekas di CarsGallery.

CarsGallery menyediakan berbagai merek mobil bekas dengan harga variatif. Setiap mobil yang kami jual sudah melewati tahap inspeksi oleh inspektur profesional dan berpengalaman sehingga terjamin kualitasnya.

Yuk, segera hubungi kami! Tempat jual beli mobil bekas terbaik dan bergaransi. Jika masih ragu, silahkan konsultasikan dengan kami melalui nomor yang tersedia.

FAQ

Pemeriksaan rutinnya meliputi apa saja?

Service dan tune up meliputi pemeriksaan aki, ruang mesin, filter udara, pemeriksaan elektrikal mobil, throttle body, idle speed control, dan lainnya.

Apa perbedaan tune up dan service mobil?

Tune up mobil adalah perawatan mobil secara berkala dan lebih detail. Sementara service mobil adalah perawatan rutin jika mobil mengalami kendala.

Berapa biayanya?

Biaya tune up biasanya lebih mahal daripada service mobil karena pemeriksaan pada saat tune up lebih banyak. Harga belum termasuk ganti sparepart.



Other Post

Related Post