Berapa Standar Kilometer Mobil Bekas? Ini Ambang Idealnya!

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Membeli mobil second memang menjadi pilihan efektif untuk tim hemat budget. Namun, dalam proses pembelian ada banyak sekali faktor yang harus diperhatikan pembeli. Salah satunya

Membeli mobil second memang menjadi pilihan efektif untuk tim hemat budget. Namun, dalam proses pembelian ada banyak sekali faktor yang harus diperhatikan pembeli. Salah satunya paham berapa standar kilometer mobil bekas.

Mengecek odometer pada mobil bekas menjadi tugas penting yang tidak boleh pembeli abaikan begitu saja. 

Pasalnya, ambang ini menjadi kunci penilaian pembeli terhadap performa mobil bekas.

Jadi, berapa km terbaik untuk membeli mobil bekas

Anda bisa mencari tahu jawabannya pada artikel di bawah ini untuk memutuskan kapan waktu terbaik membeli mobil bekas yang Anda inginkan.

Berapa Standar Kilometer Mobil Bekas?

Menentukan nilai kilometer pada mobil bekas tidak semudah yang Anda bayangkan. Ada faktor pertimbangan tersendiri, mulai dari segi fungsi pemakaian, apakah digunakan pribadi atau untuk umum, hingga usia kendaraan yang ingin Anda beli.

Untuk jenis kendaraan pribadi dengan pemakaian 1 tahun, standar kilometer normalnya berada di rentang 15.000 – 20.000 km. 

Sedangkan, km normal mobil 5 tahun adalah 75.000 – 100.000 km.

Rentang tersebut merupakan gambaran umum batas normal mobil bekas. Apabila Anda ingin membeli sebaiknya pertimbangkan poin ini. 

Jika usia kendaraan sudah 6 – 10 tahun, dan km berada di antara 100 – 110 km, berarti mobil dalam kondisi baik.

Namun, tidak hanya berpatokan pada kilometer saja. Perawatan dan pemeliharaan mobil secara rutin juga bisa menjadi faktor yang mempengaruhi performa mobil bekas yang Anda inginkan.

Oleh karena itu, Anda harus melakukan pengecekan secara menyeluruh sebab memilih mobil bekas tabrakan akan memberikan risiko cukup besar apabila pemilik tidak melakukan pemeliharaan dengan baik.

Risiko Kilometer Tinggi Pada Mobil Bekas

Apa yang terjadi jika mobil km tinggi? Ada banyak risiko yang bisa pembeli mobil bekas rasakan, antara lain:

1. Penurunan Kualitas Interior

Pertama, ketika Anda memutuskan membeli mobil bekas dengan ambang ideal kilometer melebihi rentang normalnya risiko mendapatkan interior mobil kurang layak cukup besar.

Meskipun tidak semuanya, tetapi pemilik kendaraan sebelumnya yang kurang peduli dengan kondisi mobil bisa membuat interior mobil kurang maksimal. 

Seperti kulit stir yang sudah mengelupas, jok mobil tidak empuk, hingga door trim yang aus.

2. Penggantian Komponen Mobil

Mengapa mobil bekas dengan kilometer tinggi bisa membuat pengeluaran membengkak? 

Karena tidak jarang kondisi mobil memaksa pemilik untuk melakukan perbaikan dan penggantian beberapa komponen untuk memulihkan performanya.

Khususnya bagi kendaraan dengan riwayat kecelakaan. Cara mengetahui mobil bekas tabrakan bisa Anda cek pada celah-celah komponen kendaraan seperti bagian lampu dengan bodi mobil.

Meskipun eksteriornya tampak baik-baik saja, biasanya bagian celah kurang diperhatikan. 

Hal ini tentu membuat pembengkakan biaya diluar kendali pembeli mobil bekas.

Oleh karena itu, lakukan pertimbangan secara detail sebelum melakukan transaksi pembelian kendaraan bekas.

3. Turun Mesin

Selanjutnya adalah overhaul atau turun mesin. Menjadi salah satu risiko besar dari pembelian mobil bekas tanpa pengecekan mendetail, overhaul akan membuat pembeli mengalami kerugian cukup besar.

Mengingat overhaul ini merupakan jenis servis yang dilakukan pada mesin karena terdapat indikasi kerusakan saat pemakaian jangka panjang. Untuk rentang biaya perbaikan ini berkisar antara Rp5 Juta – Rp7 Juta.

Demikianlah beberapa informasi singkat mengenai standar kilometer mobil bekas yang bisa Anda pertimbangkan sebelum membeli.

Perhatikan juga detail komponen dan riwayat pemakaian untuk memastikan kondisi mobil. 

Jika Anda takut menentukan pilihan karena masih awam di bidang otomotif, sebaiknya pilih dealer dengan jaminan garansi mobil bekas seperti CarsGallery.

Selain itu, CarsGallery sendiri merupakan dealer kredibel dan amanah dengan tim inspeksi mobil bekas professional bersertifikat. 

Cek sekarang yuk! Temukan mobil idaman Anda di sini dengan performa tinggi dan layanan memuaskan.



Other Post

Related Post