Tipe Brio Terendah Sampai Tertinggi dan Harga Terbarunya

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Sempat menduduki posisi penguasa segmen city car di Indonesia, peminat Honda Brio masih banyak hingga saat ini. Bagi Anda yang tertarik membeli, ada baiknya mengenal

Sempat menduduki posisi penguasa segmen city car di Indonesia, peminat Honda Brio masih banyak hingga saat ini. Bagi Anda yang tertarik membeli, ada baiknya mengenal dulu tipe Brio terendah sampai tertinggi.

Mobil yang keluaran Honda yang hadir sejak 2011 ini menawarkan beberapa varian dengan spesifikasi yang berbeda. Masing-masing tipe punya sejumlah perbedaan baik dari penampilan maupun fitur.

Supaya tidak salah pilih, mari kenali spesifikasi masing-masing tipe Brio.

Tipe Brio Terendah Sampai Tertinggi

Honda Brio hadir dalam 5 tipe, yaitu Brio S, E, E CVT, RS, dan RS CVT. Setiap tipe memiliki perbedaan spesifikasi maupun harga. Berikut ulasan dari tipe Brio terendah sampai tertinggi:

1.  Honda Brio S

Pertama tipe Brio terendah, yaitu tipe S yang dibanderol dengan harga Rp167,9 juta. 

Meskipun merupakan model entry level dalam keluarga Brio, tipe S sudah memiliki berbagai fitur modern. Mulai dari Drive by Wire, Heat Rejecting Tinted Glass, ECO Indicator, dan Electric Power Steering. 

Ada pula sederet fitur keselamatan canggih, seperti Electronic Brake Distribution (EBD) dan Anti-lock Braking System (ABS).

Tersedia juga fitur hiburan seperti sistem audio 2DIN yang dapat membuat perjalanan lebih nyaman dan menyenangkan.

Dari segi dapur pacu, Brio S mengandalkan mesin 1.2 L yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 90 Ps per 6.000 rpm dan torsi puncak 110 Nm per 4.800 rpm.

Honda mengkombinasikan mesin tersebut dengan teknologi SOHC dan i-VTEC sehingga memungkinkan city car ini bisa tetap irit selama bermanuver di jalanan. 

Tingkat konsumsi bahan bakar Brio tipe S untuk perjalanan perkotaan hanya sekitar 20 km/liter. Sementara untuk perjalanan keluar kota mencapai 30 km/liter. Irit, bukan?

Kendati merupakan Brio tipe terendah, city car ini tampil modern dan sporty. Kesan tersebut ditonjolkan oleh desain grill dengan sentuhan aksen chrome dan headlamp berbentuk pipih.

Baca Juga: Honda CR V Gen 4, Simak Kelebihan sebelum Beli Bekasnya!

2. Honda Brio E

Varian kedua dari Honda Brio yaitu tipe E. Varian ini akrab dengan sebutan sebagai Brio Satya.

Brio Satya punya banyak kemiripan dengan tipe S. Bahkan secara tampilan eksterior dan interior masih sama persis dengan Brio S. Selain itu, kebanyakan fiturnya juga sama.

Walau begitu, tipe E sudah mendapatkan beberapa upgrade yang kentara. Contohnya yaitu headlamp DRL LED dan velg alloy 14 inch dengan motif two tone.

Honda membenamkan mesin berkapasitas 1.2 L 4 silinder segaris 4 valve yang bersanding dengan teknologi SOHC. Tipe E menggunakan transmisi manual lima percepatan yang tangguh melibas jalan perkotaan.

Mobil ini juga memiliki sejumlah fitur keamanan seperti Dual SRS Airbag, EBS dan EBD.

Tipe E tampil dengan desain yang sporty. Mobil ini termasuk yang paling laku keras di antara tipe Brio terendah sampai tertinggi. Popularitasnya karena fitur yang lebih lengkap dengan harga yang masih terjangkau.

Harga jual Honda Brio E MT saat ini adalah sekitar Rp182,8 juta.

3. Honda Brio E CVT

Urutan tipe mobil Brio yang ketiga yaitu E CVT. Mobil ini punya semua fitur yang sama dengan tipe sebelumnya. Bedanya, varian ini menggunakan transmisi otomatis CVT yang lebih canggih.

Perbedaan jenis transmisi tersebut menawarkan kemudahan dan kenyamanan lebih dalam berkendara.

Tipe E CVT juga memiliki peredam suara pada kap mesin, sehingga lebih senyap. Berpadu dengan mesin Honda yang responsif dan keunggulan khas Brio yang irit BBM, mobil ini menjadi incaran pembeli.

Untuk mendapatkan mobil ini, Anda perlu menyiapkan uang sebesar Rp198,3 juta.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Mobil City Car Murah, Harga Mulai 50 Jutaan 

4. Honda Brio RS

tipe brio terendah sampai tertinggi

Brio tipe RS hadir dengan penampilan yang beda dari anggota lain keluarganya. Visualnya terkesan lebih sporty dengan grill warna krom gelap yang bernuansa modern. Kemudian ada emblem RS sebagai penanda khas tipe ini.

Upgrade bagian eksterior yang terlihat mencolok berikutnya yaitu pada bagian velg. Tipe RS menggunakan velg ukuran 15 inch dengan kelir dual tone.

Honda menambahkan side spoiler dan spion elektrik dengan lampu sein LED pada tipe RS. Secara dimensi, tipe RS juga lebih panjang daripada tipe sebelumnya.

Lanjut ke bagian interior. City car ini menggunakan tone dominan gelap pada interior, tapi tampil lebih elegan daripada tipe sebelumnya. Namun, ubahan tahun 2023 menghadirkan interior yang lebih modern dan terang dengan beberapa aksen orange.

Tipe RS juga memanjakan pengguna dengan adanya headrest terpisah pada bagian jok. Selain itu, terdapat berbagai fitur hiburan seperti layar sentuh 7 inch, koneksi dengan iPhone dan iPod, dan banyak lagi.

Sementara itu, Honda membenamkan mesin yang sama dengan tipe sebelumnya, yaitu 1.2 L 4 silinter SOHC. 

Honda memasang harga Rp243,1 juta untuk unit baru Brio RS M/T. Apabila menginginkan harga lebih miring, maka Anda bisa mempertimbangkan mencari Honda Brio bekas.

5. Honda Brio RS CVT

Sebagai tipe Brio tertinggi, RS CVT memiliki harga yang paling mahal, mencapai Rp253,1 juta.

Tentu saja, tipe ini mendapatkan upgrade daripada tipe sebelumnya. Salah satu yang paling menonjol yaitu tambahan aero kit pada sekeliling body dan tampilan yang sangat sporty. 

Kemudian kelengkapan fiturnya juga lebih beragam. Selain memiliki semua fitur dari tipe sebelumnya, tipe RS menghadirkan fitur hiburan yang lebih menonjol.

Mulai dari layar touchscreen 6,1 inch pada bagian head unit yang lebih responsif dan anti lemot. Head unit ini juga mendukung koneksi bluetooth, USB, dan AUX-in.

Walaupun menggunakan mesin yang sama dengan tipe Brio lain, tipe RS menampilkan akselerasi yang lebih responsif. Hal ini karena penggunaan transmisi CVT berpenggerak roda depan.

Mobil ini juga masih irit bahan bakar seperti halnya tipe lain dalam keluarga Brio.

Baca Juga: 6 Mobil SUV Bekas Dibawah 100 Juta, Performa Masih Andal!\

Itulah spesifikasi dari tipe Brio terendah sampai tertinggi. Mengingat selisih harganya yang signifikan, penting bagi Anda untuk menimbang kelengkapan fitur setiap tipe sebelum memilih kendaraan yang paling sesuai.

Mobil Bekas Murah Berkualitas

Mobil bekas sering menjadi pilihan ideal untuk mendapatkan kendaraan dengan harga lebih miring tapi tetap berkualitas.

CarsGallery punya banyak unit ready bergaransi untuk menjamin kualitasnya. Setiap mobil dari CarsGallery sudah melalui inspeksi dan mendapatkan sertifikasi. 

Anda juga bisa mengecek stok dari berbagai dealer dari berbagai wilayah Indonesia dari platform ini. Yuk, beli Honda Brio bekas di Gallery.

FAQ

Apa saja kelebihan Honda Brio?

Kelebihan Honda Brio meliputi desain body yang unik, handling yang stabil, dan irit bahan bakar.

Ada tidak mobil Brio matic di bawah Rp100 juta?

Ada. Anda bisa mencoba mengecek ketersediaan unit mobil bekas.

Apakah dealer mobil bekas menyediakan semua tipe Brio?

Ya. Anda bisa menemukan tipe Brio terendah sampai tertinggi dari dealer seluruh Indonesia di CarsGallery.

Other Post

Related Post