Ini Pilihan Tipe Mobil Avanza dari Terendah Sampai Tertinggi

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Avanza merupakan salah satu brand mobil terkenal produksi Toyota yang memiliki banyak peminatnya. Bahkan, pilihan tipe mobil Avanza di pasar Indonesia pun cukup beragam dengan

Avanza merupakan salah satu brand mobil terkenal produksi Toyota yang memiliki banyak peminatnya. Bahkan, pilihan tipe mobil Avanza di pasar Indonesia pun cukup beragam dengan harga yang variatif.

Meskipun sudah ada keluaran terbaru, tetapi minat memiliki mobil Avanza bekas atau keluaran lama pun masih tinggi. Hal ini karena mobil berjuluk sejuta umat ini memiliki tempat tersendiri di masyarakat.

Nah, bagi Anda yang berencana membeli mobil Toyota Avanza bekas maupun baru, penting mengetahui tipe mobil Avanza dari terendah sampai tertinggi. Informasi detailnya, simak pembahasan di bawah ini!

Sekilas Tentang Mobil Avanza

Mobil Avanza adalah salah satu jenis mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) yang dapat mengangkut penumpang sekaligus membawa barang. Oleh karena itu, mobil ini memiliki dimensi atau kabin yang luas.

Sejak pertama kali meluncur di pasaran tahun 2003, tipe mobil Avanza mengalami banyak perubahan. Salah satu perubahan terbaru tersedia tipe dengan penggerak roda depan atau Front Wheel Drive (FWD).

Selain itu, tipe terbaru pun sudah dilengkapi berbagai fitur modern sehingga menjadi mobil keluarga yang nyaman dan aman dalam perjalanan.

Tidak hanya itu, Toyota Avanza juga terkenal sebagai mobil yang bandel dan awet. Bahkan, kendaraan 7 penumpang ini memiliki kemampuan yang handal di segala medan. Jangan heran, jika banyak peminatnya.

Mengenal Tipe Mesin Mobil Avanza

Avanza adalah mobil keluarga yang memiliki reputasi baik di Indonesia, terutama soal efisiensi bahan bakar. Hal ini tidak lepas dari penggunaan mesin berteknologi canggih dan berbagai fitur pendukungnya.

Sejak generasi terdahulunya, tipe mesin mobil Avanza terbagi atas dua model, yaitu tipe mesin 1.300cc dan 1.500cc. Dua tipe mesin ini tersedia pilihan transmisi manual dan otomatis. Berikut informasi selengkapnya.

1. Mesin Avanza 1.300cc

Tipe mesin Avanza 1.300cc atau 1.3L memiliki kode 1NR-VE dengan empat silinder. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 96  dk dengan torsi sebesar 121 Nm. 

Tenaga mesin kemudian disalurkan ke roda penggerak melalui pilihan transmisi manual dan otomatis. Hal menarik dari mesin 1.300 cc ini memiliki performa yang handal dan efisiensi bahan bakar yang baik.

Dengan demikian, mobil mesin 1.3L dapat menjadi pertimbangan Anda ketika ingin membeli mobil bekas bertenaga dan harga yang terjangkau.

2. Mesin Avanza 1.500cc

Tipe mesin  Avanza 1.500cc atau 1.5L memiliki kode 2NR-VE dengan empat silinder. Mesin ini memiliki tenaga mencapai 104 dk dengan torsi 137 Nm. Artinya, mesin ini lebih bertenaga dari mesin Avanza tipe 1.3L

Menariknya, tipe mobil Avanza mesin 1.5L juga konsumsi bahan bakarnya diklaim lebih irit dari tipe mesin 1.3L. Namun, mesin bertenaga tidak selalu lebih irit karena ada berbagai faktor yang perlu dipertimbangkan.

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi efisiensi bahan bakar mobil, yaitu teknologi transmisi, bobot mobil, dan jenis ban yang digunakan.

Spesifikasi Umum Mobil Avanza

Sebenarnya Avanza termasuk tipe mobil apa? Toyota luncurkan Avanza untuk menyasar kelas MPV. Saat awal kemunculannya, tipe mobil MPV ini telah mendapat perhatian masyarakat karena spesifikasinya.

Secara umum, spesifikasi mobil MPV ini memiliki performa yang handal dan efisiensi bahan bakar yang irit. Tak heran, Avanza menjadi mobil terlaris.

Tipe mobil Avanza tahun 2010 hadir dengan dua pilihan mesin, yaitu 1.3L dan 1.5L. Awalnya, pilihan transmisinya hanya manual. Setahun kemudian ditambah transmisi otomatis 4 percepatan dan dilengkapi rem ABS.

Selang tiga tahun, Avanza keluaran 2014-2015 sudah dilengkapi teknologi VVTi (Variable Valve Timing Intelligence). Teknologi ini untuk mengatur campuran bensin dan udara lebih baik karena adanya klep pintar.

Jika Anda mencari mobil Avanza bekas harga 80 jutaan, maka Avanza keluaran tahun 2014 pilihannya. Anda dapat membeli mobil ini di dealer mobil bekas terdekat atau dapat menghubungi CarsGallery.

Daftar Tipe Mobil Avanza di Indonesia

tipe mobil avanza

Avanza memiliki banyak pilihan tipe dengan fitur dan spesifikasi yang berbeda-beda. Nah, bagi Anda yang berencana membeli mobil MPV ini, ketahui tipe mobil Avanza dari yang terendah sampai tipe tertinggi.

Berikut adalah ulasan singkat mengenai tipe Avanza yang dapat menjadi referensi dan bahan pertimbangan sebelum membeli mobil ini. Yuk, simak!

1. Avanza Tipe E

Toyota Avanza tipe E adalah tipe mobil terendah dan yang paling murah di antara tipe lainnya. Bukan tanpa alasan, ini karena tak banyak fitur tersemat di mobil ini.

Meski begitu, bukan berarti tipe ini tidak layak Anda beli, tetapi dapat menjadi opsi ketika budget terbatas. Mobil Avanza tipe E ini dibanderol harga yang paling murah dibandingkan dengan tipe Avanza lainnya.

Avanza tipe E memiliki kelebihan bahan bakarnya irit dengan mengusung mesin 1.300cc menggunakan 4 silinder 16 valve DOHC teknologi VVTi. Kapasitas tangki bahan bakarnya adalah sebanyak 45 liter.

Pada bagian eksterior, Avanza tipe E ini belum ada fog lamp pada bagian depan dan spion tanpa ada lampu sein. Meskipun fiturnya tidak komplit, tetapi sudah ada fitur keamanan seperti fitur dual SRS Airbag.

Pada bagian interior, Avanza tipe E terdapat AC double power,  power window, dan kursi pengemudi dapat diatur untuk mencari posisi mengemudi yang nyaman.

2. Avanza Tipe G

Pada dasarnya, Avanza tipe G memiliki spesifikasi yang tidak jauh berbeda dengan tipe E. Namun, ada beberapa fitur dan beberapa peningkatan dari tipe sebelumnya seperti fog lamp, sensor parking, dan lainnya.

Perbedaan tipe mobil Avanza G ini dengan sebelumnya adalah tersedia dua jenis mesin, yaitu 1.300cc dan 1.500cc. Kedua tipe mesin ini menggunakan 4 silinder 16 valve dengan teknologi VVTi DOHC.

Selain itu, pada tipe ini juga telah tersedia dua pilihan transmisi yakni manual dan otomatis pada tipe mesin 1.300cc. Sedangkan tipe 1.500cc hanya memiliki varian transmisi manual saja, tidak ada versi otomatis.

Pada bagian eksterior, mobil Avanza tipe G terlihat semakin sporty karena terdapat tambahan seperti bodykit dan spoiler belakang. Interior mobil ini pun terlihat mewah dengan kelengkapan fitur berteknologi canggih.

Tak heran, apabila Avanza tipe G merupakan tipe yang paling laris karena memiliki teknologi yang canggih, fitur lengkap, dan juga harga yang terjangkau.

3. Avanza Tipe S

Avanza tipe S merupakan tipe mobil yang secara spesifikasi di atas tipe E dan tipe G. Tipe mobil ini pertama kali rilis tahun 2004 dan berhenti produksi pada tahun 2011 sebelum akhirnya ganti menjadi tipe Veloz.

Mobil Avanza tipe S menggunakan mesin 1.500cc dengan 4 silinder 16 valve teknologi VVTi DOHC dan transmisi otomatis. Selain itu, Avanza tipe S ini juga dapat menampung bahan bakar sebanyak 45 liter.

Secara tampilan, tipe S Avanza ini terlihat lebih sporty dan lebih stylish daripada tipe G seperti adanya tambahan body kit, roof rail, velg model two tone, bagian head unit touchscreen dan ada fitur kamera mundur.

Hanya saja, harga Avanza tipe S ini lebih tinggi daripada tipe E dan tipe G. Namun, harganya sebanding dengan spesifikasi dan fitur canggih di mobil Toyota ini.

4. Avanza Veloz

Avanza Veloz merupakan tipe paling tinggi dan paling mahal di antara semua tipe. Tipe mobil ini memiliki desain yang elegan dan modern, serta tampilan yang terlihat lebih sporty dengan gril depan hitam glossy.

Tipe mobil Avanza Veloz menggunakan mesin 1.500cc dengan 4 silinder 16 valve teknologi VVTi DOHC. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga 106 PS dan torsi 137 Nm, serta pilihan  transmisi manual dan otomatis.

Pada bagian interior, Avanza Veloz sudah menggunakan head unit touchscreen dan kamera mundur, serta airbag terpasang untuk keselamatan penumpang.

Saat ini, produksi tipe Veloz sudah terpisah dari Toyota Avanza sehingga menjadi brand sendiri. Hal ini karena permintaan pasar yang tinggi, sehingga produksinya over kapasitas dan harus terpisah dari Avanza.

Perlu Anda ketahui, setiap tipe memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kelebihan dan kekurangan Avanza ini dapat menjadi bahan pertimbangan sebelum memutuskan membeli tipe yang mana.

Tipe Avanza Terbaik untuk dibeli

tipe mobil avanza

Ingin membeli mobil Avanza tetapi bekas atau baru tetapi masih bingung tipe yang mana? Jika pertimbangan utama adalah budget yang minim, maka Avanza tipe G pilihan terbaik karena harganya terjangkau.

Tipe mobil Avanza ini memiliki fitur yang terbilang cukup lengkap dan spesifikasi yang mumpuni daripada tipe E. Tampilan tipe G juga termasuk sporty dan stylish daripada tipe E yang merupakan tipe terendah.

Namun, jika Anda memiliki budget lebih, maka dapat membeli Toyota Avanza Veloz yang produksi tahun 2021 ke bawah. Hal ini karena harganya yang cukup terjangkau dan masih satu basis produksi Toyota Avanza.

Itulah alasan Toyota Avanza tipe G menjadi pilihan terbaik bagi Anda dengan budget terbatas. Terpenting, ketahui tips membeli mobil Avanza bekas agar tidak salah pilih dan bisa mendapatkan unit berkualitas.

Butuh Mobil Bekas Terbaik? Hubungi Kami!

Bagi Anda yang mencari mobil bekas dengan kondisi bagus dan harga terjangkau, Anda bisa dapatkan unitnya lewat CarsGallery. Kami menyediakan berbagai pilihan merk mobil dan tipe mobil bergaransi.

Jika Anda ingin membeli mobil Avanza bekas, kami juga tersedia tipe mobil Avanza dari yang terendah hingga tipe tertinggi. Anda cukup sesuaikan dengan budget saja dan pilih tipe yang Anda inginkan.

Yuk, hubungi CarsGallery sekarang! Anda dapat berkonsultasi seputar mobil bekas dengan kami secara gratis. Kami siap membantu dengan sepenuh hati memilihkan mobil bekas terbaik dan berkualitas.

FAQ

Apa saja tipe mobil Avanza?

Mobil Avanza memiliki beberapa tipe mulai dari terendah sampai tertinggi, yaitu Avanza tipe E, Avanza tipe G, Avanza tipe S, dan Avanza Veloz.

Apa tipe terendah mobil Avanza?

Tipe terendah mobil Toyota Avanza adalah Avanza tipe E. Tipe mobil yang memiliki fitur dan spesifikasi standar mobil terendah, belum banyak fitur canggih.

Apa tipe Avanza yang paling bagus?

Avanza Veloz merupakan tipe paling bagus. Namun, kini Veloz sudah menjadi brand sendiri. Sebagai alternatif, Avanza tipe G menjadi pilihan terbaik.



Other Post

Related Post