Tipe Mobil Avanza yang Paling Bagus? Kenali Sebelum Membeli

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Siapa yang tidak mengenal brand Toyota Avanza? Ini adalah salah satu mobil keluarga terbaik di Indonesia dengan tingkat penjualan tertinggi. Namun, dari sisi kepopulerannya tahukah

Siapa yang tidak mengenal brand Toyota Avanza? Ini adalah salah satu mobil keluarga terbaik di Indonesia dengan tingkat penjualan tertinggi. Namun, dari sisi kepopulerannya tahukah Anda mana tipe mobil Avanza yang paling bagus?

Pasalnya, mobil keluaran Toyota ini ternyata memiliki banyak tipe serta variasi warna cukup banyak. Belum lagi fitur canggih yang ditambahkan pada tiap tipenya. Tentu hal ini menjadi pertimbangan tersendiri sebelum membeli.

Oleh karena itu, bagi Anda yang bingung mencari tipe tertinggi Avanza bisa cek informasi selengkapnya pada artikel di bawah ini.

Baca juga: 11 Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Keluarga

Tipe-Tipe Mobil Avanza

Sebelum mengetahui tipe mobil Avanza yang paling bagus itu mana saja, sebaiknya Anda kenali terlebih dahulu Avanza itu memiliki berapa tipe. Untuk lebih jelasnya Anda bisa lihat pembahasan berikut ini:

1. Tipe E

Pertama, Anda akan menjumpai Avanza tipe E. Perlu Anda ketahui setiap brand mobil memiliki tipe yang berbeda-beda mulai dari tipe terendah sampai tertinggi.

Dalam kasus mobil Avanza, tipe E ini merupakan mobil termurah daripada tipe lainnya. Meski begitu, mobil Avanza tipe E sudah memiliki dukungan sistem kemudi matic dan manual. Jadi, calon pemilik bisa menyesuaikannya sendiri.

Selain itu, meski harganya murah mobil tipe E juga memiliki fitur yang membuatnya irit bahan bakar dengan kapasitas tangki 45 Liter. Menggunakan 4 silinder 16 valve DOHC, mobil Avanza ini juga sudah lengkap dengan VVT-I kapasitas 1.300 cc.

2. Tipe G

Berikutnya ada tipe G. Pertama kali launching di tahun 2003 lalu, tipe G hadir bersamaan dengan tipe E. Namun, daripada tipe E, fitur yang dimiliki oleh tipe G jauh lebih lengkap.

Sampai detik ini, Avanza tipe G sangat laris di pasaran. Selain karena fiturnya yang lengkap, perbedaan harga dari tipe E pun tidak terpaut terlalu jauh. Jadi, bisa menjadi pertimbangan tersendiri.

Dari segi desain, tipe G terkesan lebih sporty karena memiliki body kit yang mewah serta spoiler di bagian belakangnya. Untuk fitur penunjangnya seperti lampu sein di bawah spion, fitur parking sensor, hingga list chrome pada lampu kabut.

3. Tipe S

Selanjutnya, ada Avanza tipe S yang rilis satu tahun kemudian yaitu di tahun 2004. Namun, produksi mobil tipe ini berhenti di tahun 2011 dan berubah nama menjadi tipe Veloz.

Di tahun 2004, Avanza mengeluarkan tipe S 1.3 dengan transmisi otomatis 4 percepatan. Sedangkan untuk teknologi mesinnya memanfaatkan kode K3-VE yang mengadopsi VVT-I serta memiliki tenaga maksimal 89 dk.

Baca juga: 7 Rekomendasi Mobil Keluarga Toyota dengan Spek Berkelas

4. Avanza Veloz

Terakhir adalah Avanza tipe Veloz. Mulai terpublikasi di masyarakat pada tahun 2011, Veloz terkenal sebagai mobil Avanza tipe paling canggih daripada tipe sebelumnya.

Menggunakan mesin 1.500 cc dengan tenaga maksimal 102 dk, berkode 2NR-FE, serta memiliki putaran mesin 6.000 rpm serta torsi maksimal 144 NM di 4.000 rpm membuat mobil ini layak menjadi pertimbangan terbaik.

Jika sebelumnya Avanza mengeluarkan transmisi manual dengan 4 percepatan, maka di tipe Veloz Anda bisa mendapatkan 5 percepatan manual dan 4 percepatan otomatis. Namun, pastinya tetap mengandalkan penggerak roda belakang.

Meski terkenal di kalangan masyarakat, lagi-lagi Avanza menghentikan produksinya di tahun 2021 lalu. Faktor utamanya bukan karena tidak laku di pasar otomotif melainkan produksinya sudah over kapasitas.

Sehingga, saat ini Avanza menyiasati produksi secara terpisah dan tidak menjadi bagian dari Toyota Avanza lagi. Jika Anda berkenan memilikinya, maka dapatkan tahun produksi sebelum 2021.

Apa Tipe Mobil Avanza yang Paling Bagus?

tipe mobil avanza yang paling bagus

Setelah mempelajari keempat tipe yang dimiliki oleh Avanza, Anda pastinya bingung menentukan manakah mobil yang paling bagus untuk dibeli. Untuk itu, ada pengelompokan tersendiri yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Jika Anda memiliki budget terbatas, tetapi senang dengan fitur yang Avanza tawarkan. Maka, memilih Avanza tipe G tidak akan menjadi masalah. Meskipun paling rendah tetapi fiturnya tetap menarik dan layak digunakan.

Namun, jika Anda menghendaki mobil dengan fitur canggih, lengkap, dan memiliki kualitas terbaik daripada tipe lainnya, maka tipe Veloz sudah pasti jadi juaranya.

Sedangkan, untuk Anda yang menginginkan mobil dengan body sporty yang cantik serta fitur lengkap daripada tipe E. Maka, Avanza tipe G bisa jadi rekomendasi terbaiknya. Apalagi dari segi harga tidak terpaut terlalu jauh dari tipe E.

Perbedaan harga bisa Anda cek dari tipe E sekarang ini dijual di harga Rp100 jutaan, sedangkan tipe G berada di kisaran harga Rp120 Jutaan.

Untuk tipe Veloz pastinya Anda tahu kalau ini menjadi mobil Avanza paling bagus dari sisi fiturnya yang lengkap, utamanya di bagian keselamatan.

Selain itu, masih ada fitur lain seperti sistem rem dengan tambahan ABS, three point seatbelt, Dual SRS airbags, dan juga kursi ISOFix yang sudah lengkap dengan side impact beam untuk meredam benturan dari samping.

Untuk Anda yang ingin melakukan maintenance pada oli mobil dan mesin pun tidak akan memakan biaya besar. Hal inilah yang membuat mobil tipe G dan Veloz menjadi tipe mobil Avanza yang paling bagus dan layak untuk Anda pertimbangkan.

Baca juga: 10 Rekomendasi Mobil Keluarga Paling Irit, Nyaman dan Aman

Tipe Avanza Tertinggi Tipe Apa?

Jika sebelumnya Anda sudah menemukan rekomendasi tipe paling bagus untuk mobil Avanza. Kini, Anda bisa mencari tahu sebenarnya tipe tertingginya ada di tipe apa?

Toyota All New Avanza 1.5 G CVT TSS merupakan salah satu tipe tertinggi yang berada di Indonesia saat ini. Pasalnya, mobil satu ini dinilai memiliki fitur unggulan yang menarik dengan performa terbaik.

Saat ini, Toyota Avanza memiliki dua tipe pada series ini yaitu tipe E dan tipe G. Untuk varian dasarnya adalah tipe E dengan penawaran kenyamanan yang praktis dan enjoy untuk penggunaan sehari-hari.

Beberapa fitur menarik tipe ini adalah memiliki pendingin udara yang optimal, sistem audio standar, power window, power steering dan menggunakan mesin 1.3 atau berkapasitas 1.329 cc.

Selain itu, tipe G juga menjadi salah satu varian tertinggi karena memiliki fitur yang lebih banyak daripada tipe E.

Jadi, pada tipe G ini fitur tambahannya lebih lengkap dan berkualitas, seperti sistem audio dengan layar sentuh untuk koneksi Bluetooth ataupun USB Port.

Apa Saja Keunggulan Mobil Avanza?

Kenapa tipe mobil Avanza yang paling bagus banyak dicari di masyarakat? Karena Avanza merupakan mobil keluarga yang memiliki banyak kelebihan dibandingkan kendaraan pada umumnya.

Berikut beberapa daftar keunggulan dari Avanza yang layak Anda pertimbangkan, antara lain:

1. Konsumsi Bahan Bakar Efisien

Pertama, Avanza sangat unggul di bahan bakar yang irit. Pasalnya, sistem injeksi yang dimilikinya memanfaatkan teknologi canggih sehingga bisa menekan bahan bakar.

Hal ini membuat Avanza cocok dijadikan mobil yang efektif untuk perjalanan panjang.

2. Memiliki Performa yang Responsif

Berikutnya Avanza memiliki performa yang responsive. Meskipun Avanza punya beberapa tipe dengan spesifikasi yang berbeda, tetapi performa setiap tipenya tidak jauh berbeda.

Untuk Toyota All New Avanza Tipe G 1.5 M/T sudah memanfaatkan 4 silinder dengan mesin 2NR-VE 1.496 cc. Kemampuan tenaganya mencapai 16 PS dan juga torsi 14 Kgm.

Pada tipe mobil Avanza yang paling bagus (tertinggi) yaitu Toyota All New Avanza Tipe 1.5 CVT TSS pun mesin yang digunakan sudah memanfaatkan 2NR-VE 1.496 cc 4 silinder dengan hasil torsi 14 Kgm dan tenaga 106 PS.

Mesin yang sama juga bisa Anda temukan pada Toyota All New 1.3 E CVT yang sudah dibekali dengan 4 silinder dan mesin 1NR-VE 1.329 cc. Tenaganya 98 PS dan torsi 12,4 Kgm. Jadi, performa dari tiap tipe tidak jauh berbeda.

3. Lengkap dengan Fitur Keselamatan

tipe mobil avanza yang paling bagus

Selanjutnya, Avanza sangat mengutamakan keselamatan pengemudinya. Sehingga, fitur keselamatan selalu bisa Anda jumpai pada tiap tipe mobil Avanza. Contoh fiturnya seperti ISOFIX dan SRS Airbag.

Selain itu, Avanza juga melengkapi fitur Toyota Safety Sense yang canggih guna memastikan keselamatan pengemudi.

4. Kabin Luas dan Nyaman

Kemudian, kabin yang luas dan nyaman selalu menjadi pertimbangan tersendiri ketika bepergian jauh bersama keluarga. Avanza memperhitungkan kebutuhan tersebut untuk kendaraan buatannya.

Tidak hanya nyaman, kursi penumpang Avanza juga dilapisi bahan Fabric dengan headrest yang menenangkan.

Untuk bangkunya pun bisa Anda lipat menjadi bentuk long sofa mode. Tujuannya agar Anda memiliki pengalaman berkendara yang berbeda.

5. Mampu Menampung Banyak Muatan

Tipe mobil Avanza yang paling bagus sampai terendah pun selalu menawarkan daya tampung yang luas. Bahkan, untuk generasi terbarunya memiliki dimensi yang lapang daan lebih besar.

Interior mobil sengaja dibuat lebih lapang untuk membuat pengendara merasa lega dan nyaman. Sehingga tidak hanya bisa menampung keluarga besar, tetapi juga barang-barang dalam jumlah banyak.

6. Menawarkan Eksterior Tangguh dan Mewah

Terakhir, kelebihan dari Avanza adalah menawarkan desain eksterior yang mewah dan juga tangguh. Anda bisa lihat dari sisi bumper depannya yang dibuat kokoh dan tebal. Bahkan, sudah lengkap dengan headlamp yang tajam.

Desain cantik ini bisa Anda temukan pada All New Avanza untuk mendapatkan kesan elegan dan mewah. Sedangkan di bagian samping belakangnya terdapat tampilan yang tidak kalah elegannya.

Di sini, Anda bisa menemukan sisi belakang yang memikat karena terdapat New Fascinating LED Rear Combination with Backdoor Lamp.

Bagaimana? Avanza punya banyak kelebihan yang layak dipertimbangkan, bukan? Yuk, temukan tipe mobil Avanza yang paling bagus sesuai kebutuhan Anda. Entah menginginkan kendaraan high class atau minim budget.

CarsGallery: Solusi Temukan Mobil Avanza Bekas Berkualitas

Mau dapatkan mobil Avanza series paling bagus tapi terkendala biaya karena harga barunya yang mahal? Kenapa tidak lihat di CarsGallery saja?

CarsGallery merupakan tempat jual beli mobil bekas berkualitas dan amanah. Seluruh mobil telah melewati pengecekan menyeluruh oleh tim inspektor professional sebelum ditawarkan kepada klien.

Selain itu, CarsGallery juga menawarkan berbagai mobil dengan varian tipe cukup banyak. Bahkan, setiap pembeliannya, Anda akan mendapatkan garansi satu tahun penuh. Kapan lagi beli mobil bekas bergaransi?

Ayo dapatkan mobil Avanza bekas tipe tertinggi pilihan Anda hanya di CarsGallery. Tanyakan stoknya sekarang juga!

FAQ

Avanza yang bandel tahun berapa?

Dari peluncuran berbagai tipe Avanza, mesin paling bandel berada di Avanza keluaran 2003 dengan kode K3DE.

Rp80 juta dapat mobil Avanza tahun berapa?

Anda bisa mendapatkan mobil bekas Avanza tahun 2008 ke atas.

Avanza G 2004 apakah sudah VVT-i?

Betul. Avanza tipe G tahun 2004 sudah mendapatkan upgrade teknologi VVT-I dengan mesin 1.300 cc.

 

Other Post

Related Post