Tipe Toyota Rush Terbaru: Spesifikasi, Fitur, dan Harganya

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Toyota Rush memang masih menjadi salah satu pilihan mobil keluarga modern yang laris di Indonesia. Tidak heran jika bahkan sampai saat ini, banyak yang mencari

Toyota Rush memang masih menjadi salah satu pilihan mobil keluarga modern yang laris di Indonesia. Tidak heran jika bahkan sampai saat ini, banyak yang mencari informasi mengenai tipe Toyota Rush terbaru. 

Pada dasarnya, tipe mobil Rush terbaru hadir dalam 2 (dua) pilihan, yaitu New Toyota Rush G dan New Toyota Rush GR Sport. Keduanya menawarkan berbagai spesifikasi, fitur, dan teknologi yang modern dan inovatif. 

Lantas, bagaimana ulasan dari tipe Toyota Rush terbaru tersebut? 

Sekilas Tentang Toyota Rush 

Perjalanan Toyota Rush di Indonesia bisa Anda lihat kembali pada tahun 2006 silam. Sejak hari pertama perilisan mobil ini, Toyota berhasil mendapatkan sambutan yang baik dan hangat, terutama dari konsumen LSUV (Low Sport Utility Vehicle). 

Banyak penikmat otomotif yang jatuh cinta dengan tipe Toyota Rush karena desainnya yang sporty, modern, berkelas, dan terkesan sangat gagah. Pada generasi paling awal, mobil ini hadir dengan konfigurasi 5 kursi. 

Akan tetapi, setelah 2017, Toyota kemudian secara masif mengupgrade seluruh varian mobilnya. Toyota Rush hadir dengan tampilan yang jauh lebih modern dan memiliki konfigurasi 7 kursi. 

Baca Juga: Review Toyota Rush: SUV Murah tapi Fitur Melimpah

Tipe Toyota Rush Terbaru 

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, Toyota Rush memang cukup laris di pasar Indonesia. Hal ini tentu membuat Toyota terus bersemangat untuk meningkatkan spesifikasi dan tampilan mobil SUV ini. 

Hingga akhirnya Toyota meluncurkan New Toyota Rush generasi terbaru di tahun 2024 ini dengan tampilan, spesifikasi, dan fitur yang jauh lebih matang dan baik. Berikut adalah beberapa tipe dan harga Toyota Rush 2024 tersebut:

1. New Toyota Rush G 

Sejak awal perilisannya, Toyota memperkenalkan tipe G sebagai varian paling basic atau paling rendah dari generasi Rush terbaru. Meski begitu, tapi mobil ini sudah memiliki banyak upgrade fitur dan teknologi yang modern. 

Toyota Rush G hadir dalam 2 (dua) varian, yaitu 1.5 G M/T dan 1.5 G A/T. Berikut adalah perbandingan spesifikasi dari kedua mobil ini:

a. Dimensi 

Kedua tipe mobil ini, sama-sama memiliki lebar 1.695 mm, tinggi 1.705 mm, dan panjang 4.435 mm. Dari segi wheelbase dan front tread, keduanya juga sama yaitu 2.685 mm dan 1.450 mm. 

b. Mesin 

Dari segi mesin, kedua tipe Toyota Rush G ini juga menggunakan tipe mesin yang sama yaitu 2NR-VE, 4 Silinder in line, 16 valves, yang lengkap dengan dual VVT-i dan teknologi DOHC. 

Mesin tersebut bisa menghasilkan daya maksimal 104 ps pada 6.000 rpm. Sementara untuk torsi maksimalnya berada di angka 13.9 kgm di 4.200 rpm. Keduanya juga menggunakan sistem injeksi bahan bakar elektronik. 

c. Suspensi 

Kedua tipe ini menggunakan suspensi depan MacPherson Strut yang lengkap dengan dukungan Stabilizer dan Coil Spring. Sementara itu, untuk suspensi belakang akan menggunakan 5 link pegas koil dengan dukungan stabilizer.

d. Transmisi 

Perbedaan Toyota Rush G baru akan bisa Anda lihat pada pilihan transmisi. Untuk varian M/T akan menggunakan 5 tingkat kecepatan manual. Sementara tipe A/T akan menggunakan 4 tingkat kecepatan otomatis. 

e. Harga 

Toyota Rush G MT bisa Anda dapatkan pada harga mulai dari Rp284.400.000. Sementara Toyota Rush G AT bisa Anda peroleh di harga mulai dari Rp295.200.000. 

Baca Juga: Perbedaan Toyota Rush dan Daihatsu Terios, Bagus Mana?

2. New Toyota Rush GR Sport 

tipe toyota rush

GR Sport merupakan tipe Toyota Rush tertinggi yang bisa Anda dapatkan di pasaran saat ini. Sebagai tipe tertinggi, tentu mobil ini menawarkan banyak upgrade spesifikasi, fitur, dan teknologi yang membuatnya menonjol dari tipe sebelumnya. 

Sama seperti tipe G, GR Sport hadir dalam 2 (dua) pilihan varian, yaitu 1.5 S M/T GR Sport dan 1.5 S A/T GR Sport. Berikut adalah spesifikasi Toyota Rush GR Sport A/T dan M/T:

a. Dimensi 

Kedua tipe mobil ini memiliki dimensi yang sama. Lebar 1.695 mm, tinggi 1.705 mm, dan panjang 4.435 mm. Untuk wheelbase dan front tread nya pun sama, yaitu 2.685 mm dan 1.450 mm. 

b. Mesin 

Kedua tipe Toyota Rush GR Sport ini juga menggunakan tipe mesin yang sama yaitu 2NR-VE, 4 Silinder in line, 16 valves, yang lengkap dengan dual VVT-i dan teknologi DOHC. 

Mesin tersebut bisa menghasilkan daya maksimal 104 ps pada 6.000 rpm. Sementara untuk torsi maksimalnya berada di angka 13.9 kgm di 4.200 rpm. Keduanya juga menggunakan sistem injeksi bahan bakar elektronik. 

c. Suspensi 

Toyota Rush GR Sport AT dan MT sama-sama menggunakan suspensi depan MacPherson Strut yang lengkap dengan dukungan Stabilizer dan Coil Spring. 

Sementara itu, untuk suspensi belakang keduanya juga akan menggunakan 5 link pegas koil dengan dukungan Stabilizer dan Link Coil Spring. 

d. Transmisi 

Baru perbedaan dari kedua tipe GR Sport bisa Anda lihat pada pilihan transmisi yang tersedia. Toyota Rush GR Sport M/T akan menggunakan 5 tingkat kecepatan transmisi manual. 

Sedangkan untuk Toyota Rush GR Sport A/T akan menggunakan 4 tingkat kecepatan transmisi otomatis. Di mana Anda bisa memilih sendiri mana transmisi yang paling sesuai dengan preferensi. 

e. Harga 

Toyota Rush 1.5 S M/T GR Sport bisa Anda dapatkan pada harga mulai dari Rp299.750.000. Sementara untuk Toyota Rush 1.5 S A/T GR Sport bisa Anda peroleh di harga mulai dari Rp310.450.000. 

Selain dari mesin, transmisi, suspensi, dan harga, kedua tipe Toyota Rush ini menawarkan sistem keselamatan yang sama. Keduanya memiliki 6 buah airbags yang terbagi menjadi 4 buah di bagian samping dan 2 lainnya di depan. 

Selain itu, terdapat fitur Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Emergency Brake Signal (EBS), dan Electronic Brake Distribution (EBD). 

Berbagai fitur tersebut membuat pengalaman berkendara menjadi lebih nyaman dengan Toyota Rush terbaru. Selain itu, kelebihan Toyota Rush lainnya adalah adanya sensor parkir dan kamera parkir mundur. 

Ini tentunya akan sangat memudahkan Anda dalam hal memarkir mobil. Tidak lupa ada fitur Integrated Key with Alarm dengan dukungan Key Free System. 

Baca Juga: 6 Kelemahan Toyota Rush yang Sering Dikeluhkan

Perbedaan Toyota Rush G dan Toyota Rush GR Sport 

tipe toyota rush

Secara keseluruhan, kedua tipe Toyota Rush terbaru menawarkan spesifikasi yang hampir sama. Akan tetapi, ada perbedaan dari keduanya yang bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Anda sebelum memilih salah satu tipe mobil ini. 

Perbedaan tersebut adalah dari segi eksterior dan interior: 

1. Eksterior 

Sebagai varian tertinggi, Toyota Rush GR Sport mendapatkan upgrade penampilan yang terbilang cukup masif dan membuatnya tampil berbeda dengan tipe G. 

Perbedaan tersebut terutama bisa Anda lihat dari adanya grill dengan sentuhan desain baru. Adanya grill pada bumper ini membuat eksterior Toyota Rush GR Sport tampak lebih sporty, modern, dan juga lebih gagah. 

Nuansa prestisius dan mewah pun bisa Anda dapatkan melalui warna grill pada ornamen yang menggunakan warna Black Glossy. Warna hitam mengkilap juga tersematkan pada handle pintu mobil sehingga lebih macho. 

Sementara itu, Toyota Rush G masih menggunakan desain eksterior lama tanpa adanya grill dengan lekukan yang membuatnya lebih gagah. Selain itu, handle pintu menggunakan warna yang senada dengan body mobil. 

Ukuran velg tipe G pun akan lebih kecil yaitu 16 inchi dengan bentuk yang lebih sederhana. Sementara itu, Toyota Rush GR Sport menggunakan velg 17 inch dengan desain yang lebih modern dan kipas two-tone. 

2. Interior 

Selain dari eksterior, kedua tipe Rush ini menawarkan perbedaan dari interior. Pada Toyota Rush G, panel instrumen hadir dengan desain yang lebih sederhana dan flat. 

Sementara itu, pada Rush GR Sport, panel instrumen menggunakan desain dua dimensi sehingga terlihat lebih modern. Hanya saja, dari segi fungsi, keduanya masih sama-sama fungsional. 

Untuk Rush G memiliki head unit layar sentuh dengan ukuran 7 inchi. Panel ini memiliki akses pada web link dan navigasi Waze. Sementara pada GR Rush ukurannya lebih besar yaitu 9 inch dan lebih lengkap. 

Head unit nya sudah mendukung konektivitas smartphone seperti Apple CarPlay dan Android Auto. Ini membuat pengalaman berkendara jadi jauh lebih menyenangkan dan mudah dengan dukungan fitur tersebut. 

Secara penampilan, interior Toyota Rush GR Sport memiliki dominasi warna interior gelap dan memiliki logo GR Sport. Sementara untuk tipe Rush G, hanya menggunakan kombinasi warna hitam dan krem saja. 

Dapatkan Toyota Rush Bekas di Platform Terpercaya 

Dengan berbagai kelebihan yang mobil ini tawarkan, tidak heran jika Rush masih memiliki peminat yang terbilang tinggi. Tidak hanya untuk unit mobil baru, tetapi juga unit bekas atau second. 

Akan tetapi, karena masih termasuk pada generasi terbaru, tentu harga bekas dari kedua tipe Rush terbaru masih tergolong tinggi. Harga Toyota Rush bekas tipe G bisa Anda dapatkan pada harga mulai dari Rp180.000.000. 

Sementara itu, untuk Toyota Rush GR Sport bekas, bisa Anda peroleh dari harga mulai dari Rp200.000.000. Nantinya, harga ini bisa berbeda-beda tergantung dari banyak faktor. 

Mulai dari kondisi mobil, kelengkapan surat, kondisi mesin, eksterior, transmisi, daerah jual beli, hingga tempat membeli mobil. Hal terpenting, pastikan Anda membeli Toyota Rush bekas di platform terpercaya seperti CarsGallery. 

Beli Toyota bekas di Carsgallery memungkinkan Anda untuk mendapatkan unit kendaraan terbaik. Mulai dari kondisi mesin, transmisi, hingga kelengkapan surat-surat semuanya dipastikan aman dan terjamin bagus. 

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan sertifikat dan garansi sebagai bukti jaminan kualitas unit mobil bekas yang Anda beli. Garansi ini berlaku hingga 1 tahun dan meliputi perlindungan untuk transmisi dan mesin. 

Jadi, tunggu apalagi? Dapatkan spesifikasi dan harga Toyota Rush bekas terbaik hanya di CarsGallery sekarang juga! 

FAQ 

Berapa harga mobil Toyota Rush GR Sport?

GR Sport adalah varian tertinggi dari New Toyota Rush. Toyota Rush 1.5 S M/T GR Sport bisa Anda dapatkan pada harga mulai dari Rp299.750.000. 

Sementara untuk Toyota Rush 1.5 S A/T GR Sport bisa Anda peroleh di harga mulai dari Rp310.450.000. 

Apa saja tipe Toyota Rush?

All New Toyota Rush hadir dalam 2 (dua) variasi pilihan, yaitu tipe New Toyota Rush G dan New Toyota Rush GR Sport. 

Toyota Rush termasuk SUV apa? 

All New Toyota Rush masuk ke dalam kelas Low SUV (Sport Utility Vehicle) atau mini SUV.

Other Post

Related Post