6 Tips Agar Berani Mengemudi di Jalan Raya

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Memiliki SIM belum berarti Anda bisa berkendara sesuka hati. Belum lagi, cukup banyak yang belum berani membawa mobil ke jalan raya. Jangan khawatir, ada beberapa

Memiliki SIM belum berarti Anda bisa berkendara sesuka hati. Belum lagi, cukup banyak yang belum berani membawa mobil ke jalan raya. Jangan khawatir, ada beberapa tips agar berani mengemudi di jalan raya.

Benar, meski sudah mendapat SIM dan menguasai keahlian menyetir, banyak yang ragu untuk mengemudi di jalan raya. Terdapat berbagai faktor tertentu yang membuat mereka sudah takut duluan untuk menyetir di jalan raya.

Sangat disayangkan bahwa Anda sudah punya SIM tetapi masih belum berani mengemudi di jalan raya. Padahal, membawa mobil sendiri memiliki keuntungan tersendiri saat Anda harus pergi.

Lantas, apa saja tips yang dapat membantu Anda berani mengemudi di jalan raya? Mari simak artikel berikut ini.

Tips Agar Berani Mengemudi di Jalan Raya

Untuk mengatasi kegugupan dan keraguan, terdapat tips yang dapat Anda terapkan sebagai berikut. Lebih baik lagi Anda menerapkannya bahkan sebelum akhirnya memiliki SIM.

1. Kenali Ketakutan Anda

Tips paling pertama adalah mengenali ketakutan Anda. Kenali terlebih dahulu apa yang memicu rasa ketakutan dan keraguan. Apakah Anda takut mengalami kecelakaan? Apakah takut kehilangan kendali dan terbebani oleh lalu lintas?

Belum lagi terdapat keraguan untuk mempelajari lebih lanjut mengenai detail menyetir, misalnya cara mengemudi mobil matic di tanjakan dan turunan. Semua hal yang tidak Anda dapatkan saat belajar mengemudi mungkin membuat Anda ragu dan takut.

Tidak perlu khawatir, Anda pasti bisa mengatasinya. Bicaralah dengan anggota keluarga, teman, atau instruktur profesional. Beritahu ketakutan Anda pada seseorang yang akan memberi dukungan berharga.

2. Tentukan Rute Terbaik saat Perjalanan

Tips berani nyetir mobil kedua adalah menentukan rute terbaik. Untuk meningkatkan percaya diri, rute yang sudah sering Anda lalui bisa menjadi awal yang baik bagi Anda untuk berkendara. Tentunya, Anda sudah mengenal medan jalannya.

Bisa juga Anda memulai rute dengan lingkungan yang lebih aman. Misalnya, melewati komplek perumahan atau jalan yang relatif sepi. Dengan begitu, Anda dapat membiasakan dengan kontrol kendaraan serta manuver dasarnya.

Anda juga bisa menerapkan cara melatih feeling mengemudi mobil sambil beradaptasi mempelajari rute yang akan dilalui. Maka dari itu, Anda bisa menerapkan keahlian mengemudi tanpa terburu-buru dan stres.

3. Patuhi Segala Rambu Lalu Lintas

tips agar berani mengemudi di jalan raya

Tidak mengherankan bahwa rambu lalu lintas menjadi beban bagi pengemudi pemula. Namun, mematuhinya menjadi tips berani nyetir mobil terpenting. Terlebih, rambu lalu lintas bertujuan agar pengalaman berkendara aman dan nyaman.

Benar, Anda wajib membaca dan mematuhi seluruh rambu lalu lintas, mulai dari lampu lalu lintas sampai plang tentang kontur jalan. Pahami juga setiap tanda rambu apakah Anda tidak boleh melewati jalan tertentu, tidak boleh putar balik, dan sebagainya.

Dengan begitu, Anda juga harus tetap fokus mengemudi. Pada akhirnya, keselamatan menjadi hal paling utama, bukan kecepatan.

4. Atur Posisi Duduk Senyaman Mungkin

Tips agar berani mengemudi di jalan raya selanjutnya adalah mengatur posisi duduk senyaman mungkin. Terlihat sepele, nyatanya ini berdampak saat Anda berkendara. Pastikan sandaran jok mobil sudah teratur agar Anda nyaman saat mengemudi.

Pertama, pastikan ketinggian kursi agar pandangan ke jalan tidak terhalang oleh dashboard. Lalu, sesuaikan jarak antara tempat duduk dengan pedal gas, rem, dan kopling agar tidak terlalu jauh atau terlalu dekat.

Jika perlu, atur juga sandaran pada jok Anda untuk memastikan apakah sudah terasa nyaman. Pengaturan jok ini bisa membantu Anda mengatasi kegugupan agar berani menyetir mobil.

5. Pahami Seluruh Bagian dan Fitur dari Mobil

Selanjutnya, Anda tentu wajib mengenali bagian atau komponen mobil agar tidak salah saat ingin memakainya. Misalnya, kenali tiga pedal di bawah kabin, pedal gas di kanan, pedal rem di tengah, dan pedal kopling di kiri.

Kenali juga komponen tuas transmisi dan rem tangan sebagai bagian penting. Tuas transmisi berfungsi untuk mengatur tenaga dan kecepatan mobil, sementara Anda bisa menggunakan rem tangan saat mobil sudah terhenti atau untuk parkir.

Jangan lupa untuk mengenali setiap fitur dalam mobil yang bisa membantu Anda mengemudi. Misalnya, cruise control dan Electronic Stability Control. Anda juga bisa melakukan uji coba untuk memahami cara penggunaan setiap fitur tersebut.

6. Terapkan Teknik Relaksasi

Jika masih ketakutan, Anda bisa mencoba melakukan teknik relaksasi. Teknik ini akan membantu Anda meredakan ketakutan atau kecemasan sambil menambah rasa tenang saat pengemudi. Tentu ini sangat berguna sebagai tips mengemudi jarak jauh.

Apalagi ini penting sebagai salah satu tips mengemudi di jalan tol. Pada akhirnya, Anda harus melewati jalan tol untuk perjalanan jauh, bukan? Pastinya, fokus dan tenang adalah dua hal penting saat mengemudi, baik di jalan tol dan jalan raya.

Coba untuk melakukan beberapa teknik relaksasi seperti latihan pernapasan dalam dan relaksasi otot progresif. Kedua teknik itu turut berguna untuk mengatasi kepanikan saat mengemudi nantinya.

Demikianlah enam tips agar berani mengemudi di jalan raya. Semoga berbagai tips tersebut dapat membantu Anda untuk mengatasi rasa takut saat mengendarai mobil.

Sudah punya SIM tetapi masih belum punya mobil? Memiliki budget lebih terbatas untuk membelinya. Jangan khawatir, ada CarsGallery yang bisa membantu Anda dalam urusan jual beli mobil bekas bersertifikasi oleh inspektur profesional.

Kami jamin seluruh mobil bekas yang tersedia masih berkualitas tanpa zonk. Maka, Anda bisa menikmati pengalaman berkendara mobil bekas secara layak. Kunjungi CarsGallery sekarang untuk mulai mencari mobil bekas impian Anda!



Other Post

Related Post