5 Tips Memilih Mobil Keluarga untuk Kenyamanan Ekstra

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Saat kepala Anda penuh dengan pertimbangan untuk memilih mobil yang cocok buat keluarga, kira-kira seperti apa yang pas untuk terpilih? Jika kebingungan dalam memilih, maka

Saat kepala Anda penuh dengan pertimbangan untuk memilih mobil yang cocok buat keluarga, kira-kira seperti apa yang pas untuk terpilih? Jika kebingungan dalam memilih, maka tips memilih mobil keluarga ini bisa jadi pilihan. 

Memilih mobil keluarga memang sebaiknya memenuhi kriteria tertentu. Salah satu contohnya harus mobil dengan kapasitas kabin yang muat lebih banyak penumpang. 

Pasalnya, mobil kecil seringkali dinilai kurang tepat karena tak bisa muat banyak orang. Itu hanya salah satu kriteria saja, tapi masih ada beberapa kriteria lain yang perlu jadi pertimbangan. 

Baca Juga: 4 Cara Memilih Mobil Bekas agar Pembelian Anda Berkualitas

Tips Memilih Mobil Keluarga

Nah, dalam artikel ini, Anda akan memperoleh beberapa tips memilih mobil pertama yang tepat buat keluarga. Cek lengkapnya: 

1. Pertimbangkan Jumlah Penumpang

Hal pertama yang wajib jadi pertimbangan adalah jumlah penumpang. Tentu ini penting karena mempengaruhi tipe atau jenis mobil yang akan Anda pilih. 

Jika Anda punya 3 – 4 anggota keluarga misalnya, maka LCGC atau mobil LSUV sudah cukup buat penuhi kebutuhan dan jadi pilihan. 

Tapi, jika anggota keluarga yang paling sering Anda bawa dengan mobil hingga 7 orang, maka SUV atau di atasnya adalah pilihan terbaik. 

Apalagi kalau anggota keluarga Anda lebih dari itu. Jelas, pilihan minibus harusnya masuk dalam pertimbangan. 

Selama jumlah keluarga yang akan Anda sering bawa jalan dengan mobil sudah sesuai, maka seharusnya tak ada masalah untuk kriteria lainnya. 

2. Fitur Keselamatan

Yap, penting juga jadi cara memilih mobil yang punya fitur keselamatan terlengkap. Memang, kami sarankan untuk yang terlengkap demi menjaga perjalanan tetap aman. 

Misalnya, Anda bisa memilih mobil yang menawarkan fitur ABS, ESC, lebih banyak air bag, atau bahkan tersedianya sistem pengereman darurat. 

Baca Juga: 5 Cara Tukar Tambah Mobil Bekas dengan Mobil Baru, Mudah!

3. Kenyamanan Jok dan Legroom 

Ada satu hal yang jarang dibahas dalam tips memilih mobil keluarga, yakni urusan kenyamanan jok dan jarak legroom. 

Harusnya yang Anda pilih adalah mobil yang punya jok mobil berukuran cukup lebar serta dari busa dan material yang nyaman. Pastikan juga agar jok bagian depan adjustable buat menyesuaikan kenyamanan penumpang di belakang. 

Selain itu, yang tak kalah penting yakni banyaknya kursi yang tersedia hingga legroom yang cukup buat semua anggota keluarga. 

Legroom ini penting dalam menjaga kenyamanan kalau menempuh perjalanan panjang. Terakhir, pastikan akses ke bagian jok belakang sangat mudah. Sudah ada tipe mobil dengan kemudahan akses jok belakang seperti ini. 

4. Fitur Hiburan yang Harus Ada

Perjalanan bersama keluarga bisa semakin optimal jika Anda mempertimbangkan pula fitur-fitur hiburan yang harus tersedia dalam mobil. 

Setidaknya, terdapat empat fitur yang harus ada dan akan membantu keluarga bisa jauh dari kata bosan saat dalam perjalanan. Misalnya: 

  • Sistem audio: sebaiknya cari mobil dengan sistem audio dengan suara jernih juga berkualitas. 
  • Sistem navigasi: memudahkan Anda ketika ingin menemukan arah selama perjalanan. 
  • Layar monitor: biasanya sangat berguna agar anak-anak tetap terhibur dengan cara menonton video atau film. Kemudian, jangan lupa memastikan monitornya lebih mudah terakses. 
  • Konektivitas: mobil yang Anda pilih pun harus punya konektivitas yang cukup lengkap untuk hiburan. Minimal, ada koneksi Bluetooth dan USB agar bisa terhubung ke ponsel. 

Baca Juga: Cara Mengetahui Dokumen BPKB Asli atau Palsu dalam Membeli Mobil Bekas

5. Biaya Perawatan dan Perbaikan

Sebagai keluarga, memanage keuangan dengan baik sudah jadi hal wajib. Maka dari itu, cara memilih mobil yang tepat pastinya harus mempertimbangkan ini pula. 

Bagaimana caranya? Dengan memilih mobil yang bisa mudah dan murah untuk urusan perawatan serta perbaikan. 

Punya mobil dengan perawatan yang mudah dan murah, tentu tidak akan membebani Anda dari segi finansial. Jangan cari yang bengkelnya susah di domisili Anda sekaligus perawatan yang makan biaya. 

Tips memilih mobil keluarga yang perlu Anda cek dulu agar memilih mobil dengan perawatan serta perbaikan mudah dan murah adalah: 

  • Memilih merek mobil yang bengkelnya tersebar di seluruh Indonesia. 
  • Ketersediaan sparepart yang mudah ditemukan. 
  • Atau pilih yang perbaikan dan perawatannya bisa di bengkel biasa. 

Tips paling krusial lainnya adalah sebaiknya pilih mobil bekas yang berkualitas saja. Dengan harga terjangkau, Anda harusnya bisa menghemat lebih banyak budget daripada harus beli mobil baru. 

Pertimbangkan untuk beli mobil bekas berkualitas lewat CarsGallery!

Other Post

Related Post