9 Tips Mengemudi di Jalan Tol agar Aman Selama Perjalanan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Sebagai pengendara roda empat, Anda harus mengetahui bagaimana tips mengemudi di jalan tol. Perlu untuk Anda ketahui, mengendarai mobil di jalan tol itu tidak sama

Sebagai pengendara roda empat, Anda harus mengetahui bagaimana tips mengemudi di jalan tol. Perlu untuk Anda ketahui, mengendarai mobil di jalan tol itu tidak sama seperti mengendarai mobil di jalan biasa.

Saat menyetir mobil di jalan tol, Anda harus menyetir mobil dalam kecepatan tinggi. Selain itu, Anda juga tidak bisa asal berhenti jika sudah berada di jalan tol.

Jangan salah, ada banyak terjadi kasus kecelakaan terjadi di jalan tol. Berdasarkan data dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), tercatat ada 4.487 kasus kecelakaan di jalan tol pada 2022. Jumlah tersebut meningkat 12,51% dari tahun sebelumnya.

Tips Mengemudi di Jalan Tol

Supaya lebih aman saat berkendara mobil di jalan tol, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan yaitu.

1. Mempersiapkan Kartu Tol

Sebelum berangkat, jalan lupa untuk menyiapkan kartu tol terlebih dahulu. Kartu tol ini jangan sampai tertinggal karena akan digunakan pada saat di jalan tol.

Mayoritas gerbang tol saat ini hanya menerima pembayaran melalui kartu. Pastikan kartu tol tersebut memiliki saldo yang mencukupi supaya Anda bisa menggunakannya saat perjalanan jauh.

2. Nyalakan Lampu Sein Sebelum Berpindah Jalur

Tips mengemudi di jalan tol berikutnya adalah selalu menghidupkan lampu sel ketika hendak berpindah jalur. Jadi, kalau mau menyalip mobil lain, nyalakan lampu sein kanan sebagai petunjuk bagi pengemudi mobil di depan.

Hal ini membuat pengendara mobil tersebut mengerti jika Anda akan menyalip. Apabila kondisi aman, biasanya mobil akan mengambil jalur kiri sehingga Anda bisa langsung menyalipnya.

Jangan tiba-tiba langsung menyalip begitu saja tanpa memberi tanda atau aba-aba. Karena hal tersebut sangat membahayakan dan bukan tidak mungkin akan terjadi tabrakan.

3. Perlambat Laju Mobil Anda Saat Ada Mobil Lain Menyalakan Sein

Selanjutnya, kurangi kecepatan mobil Anda jika melihat ada pengendara mobil lain yang menyalakan sein. Karena hal tersebut menjadi pertanda jika ia ingin menyalip mobil Anda.

Tidak cuma mengurangi kecepatan, Anda juga harus mengambil jalur kiri untuk memberikan jalan mobil di belakang untuk menyalip Anda.

4. Selalu Awasi Spion

tips mengemudi di jalan tol

Tips mengendarai mobil di jalan tol berikutnya adalah selalu rutin mengawasi spion. Jangan hanya fokus melihat ke depan saja, karena bisa jadi ada bahaya yang mengintai di belakang dan Anda tidak menyadarinya.

Termasuk apabila ada mobil lain yang hendak menyalip. Jika Anda melihat kaca spion, maka Anda jadi tahu ada mobil yang berniat menyalip mobil Anda.

Tidak sekedar itu saja, dengan melihat spion Anda juga akan tahu jika ada mobil yang berniat ugal-ugalan. Anda akan selamat dari bahaya karena bisa mengambil jalur yang aman.

5. Jangan Pernah Mengerem Mendadak

Jangan pernah sekalipun mengerem mendadak saat berkendara, apalagi di jalan tol yang banyak mobil berjalan dengan kecepatan tinggi. Kalau mobil di belakang sangat kencang dan Anda tiba-tiba mengerem, maka pasti terjadi tabrakan.

Kalau sudah begini, Anda juga yang rugi. Mobil Anda rusak dan bukan tidak mungkin akan terkena masalah hukum karena berkendara dengan cara yang tidak baik.

Maka dari itu, jangan sekali-kali mengerem mendadak. Khusus di jalan tol, memang mobil tidak boleh mengerem kecuali dalam kondisi darurat atau sedang berada di gerbang tol karena memang harus berhenti.

6. Patuhi Aturan Batas Kecepatan

Biasanya berkendara di jalan tol itu ada aturan batas kecepatannya. Mobil tidak boleh berjalan terlalu lambat karena jalan tol itu tergolong sebagai jalan bebas hambatan.

Rata-rata jalan tol itu memiliki aturan kecepatan minimal 60 km/jam hingga 100 km/jam. Anda harus mematuhi aturan tersebut saat berkendara di jalan tol.

Selain itu, Anda wajib mengetahui bagaimana cara mengemudi mobil manual di tanjakan jalan tol termasuk tahu berapa batas kecepatannya.

Sebenarnya ada manfaatnya juga berkendara dengan kecepatan tinggi di jalan tol. Salah satunya adalah supaya bisa mengaplikasikan tips agar berani mengemudi di jalan raya.

7. Selalu Jaga Jarak Aman

Tips berkendara di jalan tol yang tidak kalah penting adalah dengan selalu menjaga jarak dengan mobil yang ada di depan. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadi kecelakaan karena jarak mobil yang terlalu dekat.

Beri jarak sekitar 30-50 cm sebagai batas aman. Silakan atur kecepatan yang sesuai supaya mobil Anda bisa berjarak aman dengan mobil yang ada di depannya.

8. Jangan Berkendara Sambil Menggunakan Ponsel

Jangan pernah sekalipun menggunakan HP sambil menyetir mobil karena hal tersebut sangat berbahaya. Kalau Anda terlalu fokus ke HP, Anda tidak akan sadar ada bahaya yang mungkin mengintai di depan.

Bukan tidak mungkin mobil Anda akan menabrak mobil di depan karena tidak fokus saat menyetir. Lebih baik fokus saja menyetir dan gunakan HP kembali saat sudah sampai di tempat tujuan.

Walaupun panggilan itu darurat, silakan berhenti dulu di rest area terdekat untuk menerima panggilan supaya lebih aman. Selain itu, Anda bisa memberi pesan kepada penelepon katakan jika saat ini Anda sedang mengendarai mobil.

9. Selalu Mematuhi Rambu-Rambu Lalu Lintas

Dan yang tidak kalah penting adalah setiap berkendara baik di jalan tol maupun jalan biasa, Anda harus mematuhi semua rambu lalu lintas. Jangan sampai sekalipun melanggarnya.

Karena rambu-rambu tersebut sengaja dipasang untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan. Sebagai contoh, saat ada lampu merah berarti tandanya mobil Anda harus berhenti.

Itulah dia tips mengemudi di jalan tol yang harus Anda lakukan. Bagi Anda yang belum lancar menyetir, sebaiknya belajar terlebih dahulu cara melatih feeling mengemudi mobil.

Selain itu, sebelum berkendara di jalan tol pastikan kondisi mobil benar-benar dalam keadaan bagus. Jika memang sudah tidak layak jalan, maka jangan dipaksa untuk Anda pakai.

Anda bisa membeli mobil bekas dengan harga terjangkau di CarsGallery. Tidak perlu khawatir, karena semua mobil yang dijual sudah bersertifikasi sehingga aman untuk Anda gunakan.

Jangan ragu menghubungi kami untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai platform jual beli mobil bekas dari CarsGallery.

Other Post

Related Post