Toyota 2000GT, Mobil Sport Kolaborasi Toyota dan Yamaha

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Seri mobil satu ini telah membuktikan bahwa Jepang tidak kalah dalam kompetisi mobil sport dengan Eropa. Terbukti dengan rilisnya Toyota 2000GT yang muncul tahun 1965

Seri mobil satu ini telah membuktikan bahwa Jepang tidak kalah dalam kompetisi mobil sport dengan Eropa. Terbukti dengan rilisnya Toyota 2000GT yang muncul tahun 1965 di Tokyo Motor Show. 

Mobil ini, terus berproduksi sejak 1967 dan harus berakhir tahun 1970. Meskipun jangka waktu produksinya sebentar, tapi mobil sport keluaran Toyota ini dulunya terjual dengan rekor harga tertinggi di pasar mobil sport. 

Bahkan Toyota 2000GT harganya fantastis yakni USD 1,2 miliar atau sekitar 17 triliun di kala itu. 

Hingga kini, terhitung masih 351 unit saja yang terjual. Hal ini masuk akal mengingat harganya yang begitu mahal. Saking mahalnya, Porsche dan Jaguar masih tidak sebanding dengan mobil sport Toyota satu ini. 

Baca Juga: 5 Pilihan Mobil Avanza Bekas Harga 80 Jutaan

Toyota 2000GT, Mobil Hasil Kerja Sama 

Produksi dari mobil ini sebenarnya lebih dari sekadar keinginan Toyota untuk menunjukkan diri bahwa mereka bisa bersaing di pasar sports car. 

Melainkan juga menunjukkan bahwa produsen Jepang secara keseluruhan juga mampu melakukannya. 

Pasalnya, bukan Toyota sendirian yang memproduksi mobil ini. Tapi, ada Yamaha yang juga ikut andil bekerja sama untuk memproduksi mobil sport yang mahalnya melebihi Porsche kala itu. 

Yamaha berperan penting dalam menggarap desain utama dari 2000GT. Awalnya, desain ini ditawarkan pada produsen mobil di Jepang lainnya, yakni Nissan. 

Namun, pihak Nissan menolak desain dari Yamaha. Lantaran merasa karyanya belum mendapatkan respon baik, maka Yamaha mencoba menawarkannya ke Toyota. 

Hingga akhirnya, Toyota menerimanya dengan sejumlah revisi dari desainer perusahaannya, Satoru Nozaki. 

Hal ini sekaligus menunjukkan jika ide utama dari pembuatan 2000GT adalah dari Yamaha dan berhasil terwujud berkat Toyota. 

Baca Juga: Daftar Harga Mobil BYD Di Indonesia, Termurah Rp400 Jutaan!

Desain Toyota 2000GT

Lebih condong ke arah klasik 1960-an, pasti penggemar mobil lawas menyukai desainnya. 

Satoru Nozaki, berkata jika mobil ini terinspirasi dari Jaguar E-Type dengan ciri khas di bagian kabin dan kap mesin. 

Dari segi bodi, bahan pembuatnya adalah aluminium, lengkap dengan tambahan lampu pop up pada bagian depan. 

Melihatnya ke bagian interior, kesan mewah akan menguar dari sana karena menggunakan panel kayu. Bahkan ada majalah otomotif yang mengatakan jika di kabin Toyota memang begitu mengesankan. 

Baca Juga: Harga BYD Seal Terbaru Dan Lengkap Di Indonesia

Mesin Pacu Toyota 2000GT

Dengan kode 3M, mesin ini sudah dimodifikasi Yamaha dan mengubahnya jadi memakai 3 karburator 2 barel dengan tipe Mikuni-Solex 40 PHH. 

Kemudian, Yamaha juga mengawinkannya dengan transmisi manual yang punya 5 percepatan. 

Meskipun kapasitasnya 1.988 cc, dulu mobil ini sudah masuk dalam kategori sports scar. 

Kemudian, menggunakan 6 silinder segaris serta DOHC dari basis Toyota Crown. 

Pengubahan yang dilakukan oleh Yamaha dengan memberi DOHC baru, akhirnya membuat Toyota 2000GT ini mampu memiliki performa terbaiknya. 

Secara hasil, Toyota 2000GT engine bisa mengeluarkan 148 hp di 6.600 rpm. Torsinya 175 nm di 5.000 rpm yang menjadi bukti bahwa mesin satu ini begitu gahar. 

Dari segi top speed, dulu mesin yang mungkin kapasitasnya 50% lebih rendah daripada sports scar sekarang ini bisa mencapai 217 km/jam. 

Maka dari itu, dulu mobil ini begitu populer sebagai mobil terkencang di dunia di masanya. 

Menariknya, dari mobil tercepat ini akhirnya Toyota menambahkan rem darurat pada bagian dashboard. Fungsi utamanya bisa mencengkram bagian cakram belakang agar lebih cepat.

Pernah menjadi salah satu mobil di ajang balap hingga digunakan James Bond, Toyota 2000GT telah mencetak sejarahnya sendiri sebagai mobil Jepang yang mampu bersaing dengan mobil sport lainnya di dunia. 

Butuh mobil bekas? Sebaiknya hati-hati pilih tempat belinya. Jika tidak ingin salah pilih, mending ke CarsGallery. Mobilnya dipastikan telah melalui inspeksi plus ada garansi.

Other Post

Related Post