Cara Cek Ukuran Ban Terios Lama, Sangat Mudah!

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Tahukah Anda berapa ukuran ban Terios lama? Untuk Anda ketahui, Terios merupakan salah satu produk mobil dari Daihatsu. Mobil ini telah hadir dalam berbagai varian

Tahukah Anda berapa ukuran ban Terios lama? Untuk Anda ketahui, Terios merupakan salah satu produk mobil dari Daihatsu. Mobil ini telah hadir dalam berbagai varian seperti Terios X, Terios R, Terios R Custom, dan lain sebagainya.

Untuk membeli mobil Terios lama maupun yang baru, sebenarnya cukup penting untuk mengetahui ukuran bannya. Anda harus tahu apakah ban itu tergolong kecil, sedang, atau besar.

Jika Anda mengetahui ukurannya, maka Anda bisa menyesuaikan dengan ukuran velg. Hal ini membuat ban mobil Terios Anda bisa terpasang dengan baik.

Informasi Ukuran Ban Terios Lama

Salah memilih ban Terios dapat membuat kontrol kendaraan tidak terkendali, boros konsumsi BBM Terios lama dan bisa menyebabkan kerusakan suspensi. Memilih tipe dan ukuran yang benar harus Anda lakukan.

Berikut ini informasi mengenai ukuran ban Terios berdasarkan tipenya yang harus Anda ketahui.

1. Tipe X

Untuk tipe X, ban Terios memiliki ukuran ban 215/65 R16. Angka tersebut jika diartikan yaitu lebar 215 mm, rasio 65% dari 215, menggunakan ban radial, dan memiliki diameter 16 mm.

Ban mobil Terios ini menggunakan velg Silver Alloy Wheel 16 inchi yang berwarna silver sehingga memberikan kesan elegan. Harganya mulai dari Rp700 ribuan sampai Rp1,3 jutaan.

2. Tipe R

Terios Tipe R memakai ukuran ban yang ringnya sedikit lebih besar. Ukuran bannya 215/60/R17 (215 mm lebar, 60 rasio aspek dan 17 inci diameter pelek).

Sedangkan untuk tipe velgnya adalah Gun Metal Alloy Wheel 17”. Kelebihan ban terios dengan velg ini tahan terhadap cuaca ekstrim sehingga aman di setiap berkendara. 

Kisaran harga ban satu ini yaitu Rp700.000 sampai Rp1.000.000. Masih cukup terjangkau untuk Anda beli. 

3. Tipe R Custom

Tipe tertinggi Terios ini ukuran bannya sama dengan tipe sebelumnya. Hanya saja, ban  tipe R custom ini menggunakan velg yang berbeda. 

Ukuran ban tipe ini yaitu 215/60/R17 (215 mm lebar, 60 rasio aspek dan 17 inci diameter pelek). Sementara itu, untuk velgnya menggunakan Black Polished Alloy Wheel 17 inchi. 

Tampilannya mengkilap dan elegan sehingga membuat mobil  terkesan lebih mahal sekitar Rp700.000 sampai Rp1.000.000. Namun, penting untuk memperhatikan perawatannya, yaitu dengan menjaga kebersihan dan melindungi dari goresan.

Cara Membaca Ukuran Ban Terios yang Benar

Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai cara membaca ukuran ban Terios yang benar. Hal ini juga berlaku pada mobil Terios lama. Jika ingin membacanya, cek sini: 

1. Membaca Tipe Ban

Pertama, Anda harus membaca tipe ban terlebih dahulu. Tipe ban untuk mobil Terios sendiri ada banyak macamnya yang tertulis dalam bentuk huruf yaitu P, LT, ST, T. Selain itu, ada juga yang tertulis tanpa kode huruf.

Kode P atau Passenger artinya tipe ban untuk mengangkut penumpang. LT atau Light Truck artinya truck ringan.

Sedangkan ST atau Spesial Trailer adalah tipe ban khusus mobil trailer. T atau Temporary adalah khusus ban serep atau cadangan. Sementara itu, jika tidak ada kode hurufnya termasuk tipe Euro-Metric.

2. Membaca Kode Ban

Selain membaca tipe ban, Anda harus membaca kode bannya juga. Sebagai contoh, jika pada mobil tersebut tertulis 215/60/R17 maka kode bannya adalah 215.

Angka 215 ini bermakna jika ban tersebut memiliki lebar 215 mm. Anda tinggal melihat saja pada tiga angka pertama.

3. Membaca Rasio Mobil

Hal lain yang harus Anda ketahui mengenai ukuran ban mobil Terios adalah membaca rasio mobil. Anda dapat membacanya pada bagian setelah kode ban.

Misalnya pada ban tertulis kode 215/60/R17, angka 60 inilah yang merupakan rasio mobil. Arti dari 60 adalah 60% dari lebar ban 215 mm.

4. Baca Jenis Konstruksi Ban Mobil

Anda juga harus mengetahui jenis konstruksi ban mobil tersebut. Biasanya, jenis konstruksi ban tertulis setelah kode rasio ban.

Untuk ban yang memiliki tulisan 215/60/R17, maka kode R itu artinya adalah radial. Adapun radial adalah ban yang lebih aus daripada ban diagonal.

5. Membaca Diameter Ban Mobil

Kelima, Anda harus membaca diameter ban mobil tersebut. Kode diameter Ban tertulis setelah kode konstruksi Ban mobil.

Sebagai contoh pada 215/60/R17, angka 17 tersebut adalah diameter yang berarti 14 inchi atau 14 milimeter.

Itulah dia informasi mengenai ukuran ban Terios lama dan cara membacanya. Selain itu, jika Anda pemilik mobil Terios sebaiknya mengetahui juga rekomendasi oli Daihatsu Terios.

Anda bisa membeli atau menjual mobil Daihatsu Terios di CarsGallery yang merupakan marketplace jual beli mobil bekas dengan kualitas yang sangat baik. Hal ini dikarenakan mobil-mobil memiliki sertifikasi dan bergaransi penuh.

Tidak hanya itu saja, harganya juga sangat terjangkau. Cek informasi selengkapnya pada website CarsGallery.

Other Post

Related Post