Xiaomi Bikin Mobil Listrik, Disebut Saingan Berat Tesla

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Terkenal sebagai produsen smartphone, kabar Xiaomi bikin mobil listrik sontak menarik perhatian berbagai kalangan. Raksasa teknologi asal China ini resmi meluncurkan mobil EV (Electric Vehicle)

Terkenal sebagai produsen smartphone, kabar Xiaomi bikin mobil listrik sontak menarik perhatian berbagai kalangan. 

Raksasa teknologi asal China ini resmi meluncurkan mobil EV (Electric Vehicle) pada 28 Desember 2023 silam. Mobil listrik bernama SU7 hadir dengan spesifikasi yang terbilang tinggi.

Bahkan banyak yang menyebut SU7 sebagai saingan terberat dari Tesla. Menariknya lagi, meskipun menawarkan spesifikasi berkelas, SU7 menawarkan harga yang lebih murah daripada pesaing terdekatnya, Tesla Model 3.

Mobil tipe sedan ini dibanderol dengan harga sekitar Rp474 juta untuk varian termurah. Sementara varian paling mahal harganya sekitar Rp658 juta.

Komitmen Xiaomi Bikin Mobil Listrik

Sukses dalam industri gadget, Xiaomi melebarkan sayap dengan mulai merambah industri otomotif. Perusahaan teknologi asal negeri bambu ini resmi mendirikan Xiaomi EV Inc sebagai langkah awal untuk memproduksi mobil listrik.

Menurut laporan, Xiaomi mengalokasikan investasi sebesar 10 miliar yuan (sekitar Rp22 triliun) untuk membuka bisnis baru tersebut. 

Bukan itu saja. Xiaomi juga mendedikasikan lima bulan untuk melakukan riset pengguna dan inspeksi rantai produksi, termasuk survei wawancara dan kunjungan ke berbagai rekan serta mitra industri.

Bahkan CEO Xiaomi Lei Jun menyatakan bahwa Xiaomi siap menargetkan total investasi hingga 10 miliar dollar AS (sekitar Rp142,4 triliun) dalam jangka waktu 10 tahun ke depan untuk bisnis kendaraan listrik.

Komitmen Xiaomi buat mobil juga terlihat dari perekrutan karyawan dan akuisisi perusahaan teknologi mengemudi otonom.

Baca Juga: 6 Kelebihan Mobil Listrik, Lebih Ramah Lingkungan!

Spesifikasi Mobil Listrik Xiaomi

Melansir dari laman Kompas, Xiaomi resmi mengajukan lisensi penjualan mobil listrik pertamanya pada 16 November 2023 di China.  

Dalam dokumen pengajuan tersebut tercantum beberapa spesifikasi mobil listrik buatan Xiaomi. 

Xiaomi menghadirkan tiga varian mobil yaitu SU7, SU7 Pro, dan SU7 Max. Dari segi tampilan, SU7 sekilas menyerupai Porsche dan Tesla.

Xiaomi SU7 merupakan sedan listrik dengan sistem penggerak RWD (Rear Wheel Drive). Mobil ini menggunakan mesin V6 yang mampu menghasilkan tenaga hingga 220 kW pada torsi 400 Nm.

Menurut klaimnya, SU7 mampu mencapai kecepatan 0-100 km/jam hanya dalam waktu 5,28 detik.

Xiaomi membenamkan baterai berkapasitas 73,6 kWh ke dalam SU7. Baterai ini mampu membawa mobil melaju hingga jarak 668 km.

Sementara itu, untuk varian SU7 Pro dan Max menggunakan sistem penggerak AWD (All Wheel Drive). Kemudian, dapur pacu mobil mengandalkan mesin 495 kW dengan torsi 838 Nm.

Sedan listrik ini mampu menghasilkan akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 2,78 detik saja. Xiaomi membekali mobil dengan baterai LFP (Lithium Iron Phosphate) hasil rekayasa BYD.

Baterai tersebut diklaim mampu menyediakan tenaga untuk menempuh jarak hingga 800 km dalam satu kali pengisian.

Baca Juga: Mobil Listrik Volvo EX30, Raja Baru Mobil Listrik Indonesia?

Kelengkapan Fitur Mewah di Mobil SU7

Xiaomi mobil listrik pertama kali diperkenalkan pada ajang dengan MWC 2024 yang berlangsung di Barcelona. Hal pertama yang mencuri perhatian yaitu dari tampilan eksterior yang sporty dan berkelas.

Sebagai raksasa teknologi, Xiaomi menyematkan deretan fitur canggih ke mobil buatan mereka.

Salah satu fitur andalannya yaitu Smart Cockpit yang mana menyediakan 5 buah layar dalam kabin, yaitu head unit, head-up display, instrumen kluster, dan 2 layar untuk penumpang belakang.

Terdapat juga fitur canggih seperti Light Detection and Ranging (Lidar) dan Advanced Driver Assistance Systems (ADAS).

Xiaomi bikin mobil sudah masuk ke produksi secara massal pada akhir tahun 2023. Saat ini, SU7 dari Xiaomi sudah bisa Anda dapatkan dari dealer terpercaya.

Baca Juga: Spesifikasi Mobil Civic Turbo: Mesin, Dimensi, dan Harganya

Anda mencari mobil yang ramah buat low budget? Kalau begitu, Anda bisa kunjungi CarsGallery untuk menemukan mobil bekas berkualitas yang sudah melalui inspeksi.

Other Post

Related Post